Saturday, July 1, 2017

METOPEL






PENGARUH HARGA TIKET ONLINE
&
PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PESAWAT TERBANG LION AIR


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Industri penerbangan Indonesia adalah industri yang berkembang, semakin cerdas, sadar harga, dan memiliki persaingan yang kompetitif. Persaingan yang kompetitif ini dialami tidak hanya dengan maskapai penerbangan domestik tetapi juga dengan maskapai enerbangan internasional. Persaingan dengan maskapai penerbangan domestik yang semakin marak tentu saja berdampak pada pencapaian operasional perusahaan.
Apalagi saat ini semakin banyak maskapai penerbangan Indonesia berbiaya rendah yang menawarkan tiket dengan harga murah dengan tujuan untuk merebut pangsa pasar yang lebih banyak di masyarakat. Namun di sisi lain, dengan tarif yang murah tersebut sering menurunkan kualitas pelayanan bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah menyebabkan berkurangnya kualitas pemeliharaan pesawat sehingga rawan terhadap keselamatan penerbangan dan akan berdampak kurang baik terhadap keamanan, kenyamanan, keselamatan dan perlindungan konsumen Perusahaan jasa harus dapat merancang strategi pemasaran yang tepat dalam mencapai tujuan perusahaan, salah satu faktor yang mempengaruhi tahap-tahap dalam proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen adalah penetapan harga dan pelayanan yang dilakukan perusahaan jasa transportasi.
Penetapan harga jasa berbeda dengan harga barang dalam beberapa aspek seperti jasa tidak menghasilkan transfer kepemilikan fisik, variabilitas input
dan output, heterogenitas jasa membatasi pengetahuan konsumen tentang
harga jasa, dan lain lain Penetapan harga yang tepat sesuai dengan pelayanan dan kinerja yang ditawarkan oleh perusahaan dapat menciptakan kepuasan konsumen, konsumen yang merasa puas dapat tercipta loyalitas konsumen.
Harga berperan penting secara makro (bagi perekonomian secara umum) dan secara mikro (bagi konsumen dan perusahaan). Bagi perekonomian, harga dapat mempengaruhi tingkat upah, sewa, bunga, dan lain lain; bagi konsumen, harga dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam membuat keputusan pembelian sedangkan bagi perusahaan, harga merupakan satu-satunya elemen bauran pemasaran yang mendatangkan pendapatan.
Data Penetapan Harga Tiket OnlineLion Air
No.Hari/TanggalWaktu                       Harga
Kamis14/2/2013
15.00                                                   Rp 301.000
17.00                                                   Rp 494.700
Jumat 15/2/2013
11.00                                                   Rp 300.700
17.00                                                   Rp 455.900
Sabtu16/2/2013
06.00                                                   Rp 300.700
08.00                                                   Rp 378.300
Minggu17/2/2013
05.00                                                   Rp 300.700
11.00                                                   Rp 455.900

1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas mengungkapkan bahwa jumlah penumpang penerbangan domestik, penjualan tiket pesawat secara online dan penetapan harga tiket online pada dasarnya baik walaupun tidak serta merta diikuti dengan kualitas pelayanan yang lebih maksimal dan justru mengalami beberapa kendala dimana menimbulkan pengaruh negatif pada benak konsumen. Kondisi semacam ini tentunya harus mendapatkan perhatian dan segera ditindak lanjuti oleh pihak Lion Air dengan mengidentifikasi beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut:
1. Adakah pengaruh harga tiket online terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air?
2. Adakah pengaruh pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air ?
3. Adakah pengaruh harga tiket online dan pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air?

1.3. Tujuan Penelitian
Suatu penelitian dibentuk karena adanya tujuan-tujuan tertentu untuk dicapai. Sehubungan dengan permasalahan di atas maka adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
a.Untuk mengetahui pengaruh harga tiket online terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air.
b.Untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air
c.Untuk mengetahui pengaruh harga tiket online dan pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air
1.4. Kegunaan Penelitian
1.Manfaat teoritis
a. Bagi Lion Air Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Lion
Air selaku perusahaan dalam jasa penerbangan, mengenai pengaruh harga dan kualitas pelayanan bagi perusahaan, sehingga dapat dijadikan sebagai masukan atau pertimbangan dalam mengembangkan masukan yang lebih baik dimasa yang akan datang.
b. Bagi konsumen
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada konsumen agar lebih memperhatikan tentang harga dan kualitas pelayanan saat menggunakan jasa penerbangan.
1.1.2. Manfaat praktis
a.Bagi peneliti Penelitian ini bermanfaat untuk memperdalam dan mengaplikasikan teori pemasaran yang sudah diperoleh, terutama dalam harga, pelayanan serta keputusan pembelian.
b.Bagi pembaca Bagi pembaca diharapkan dapat memberikan informasi tambahan
mengenai harga dan pelayanan yang berguna untuk menambah pemahaman mengenai keputusan pembelian.

No comments:

Post a Comment

TUGAS MAHASISWA

Makalah Katarak Klasifikasi katarak serta Metode Pengumpulan Data

BAB I PENDAUAN   1.1.   Latar Belakang Mata merupakan suatu organ refraksi yang berfungsi untuk membiaskan cahaya masuk ke retina ag...