Senin, 04 September 2017

TUGAS – TUGAS PERKEMBANGAN



BAB I
      PENDAHULUAN

A . PENGERTIAN  TUGAS – TUGAS PERKEMBANGAN
            Setiap individu tumbuh dan berkembang selama perjalanan kehidupannya melalui beberapa periode atau fase fase perkembangan. Sebab,kegagalan menyelesaikan tugas – tugas perkembangan pada fase tertentu berakibatkan tidak baik pada kehidupan fase berikutnya.seorang ahli psikhologi yang dikenal luas dengan teori – teori tugas – tugas perkembangan adalah – Robert   J .Havighust (Hurlock, 1990).Dia mengatakan bahwa tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar satu periode tertentu dari kehidupan individu dan jika berhasil akan menimbulkan fase bahagia dan membawa keberhasilan dalam melaksanakan tugas – tugas berikutnya.Akan tetapi,kalau gagal akan menimbulkan rasa tidak bahagia dan kesulitan dalam menghadapi tugas tugas berikutnya.tugas – tugas perkembangan tersebut beberapa diantaranya muncul sebagai akibat kematangan fisik.
1 . Sebagai petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat dari mereka  
     Pada usia – usia tertentu.
2 . Memberikan motivasi kepada setiap individu,untuk melakukan apa yang  diharapkan oleh kelo
     Mpok social pada usia tertentu sepanjang kehidupannya.
3 . Menunjukkan kepada setiap individu tentang apa yang mereka hadapi dan tindakan apa yangDiharapkan dari mereka jika nantinya akan memasuki tingkat perkembangan berikutnya.
Tugas – tugas perkembangan ada yang dapat diselesaikan dengaan baik,ada juga yang mengalami hambatan,tidak dapat diselesaikannya  dengan baik suatu tugas perkembangan dapat menjadi suatu bahaya pontensial.
1 . Harapan – harapan yang kurang tepat,baik individu maupun lingkungan
     Social mengharapkan perilaku diluar kemampuan fisik maupun psikhologis.
2 . Melangkahi tahap – tahap tertentu dalam perkembangan sebagai akibat
    Kegagalan menguasai tugas – tugas tertentu.
3 . Adanya krisis yang dialami individu karena melewati satu tingkat ketingkatan yang lain.
B . JENIS  TUGAS – TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
 1 . MENCAPAI HUBUNGAN BARU YANG LEBIH MATANG DENGAN TEMAN SEBAYA BAIK PRIA
       MAUPUN WANITA
 A . Hakikat tugas
  Mempelajari peran anak perempuan sebagai wanita dan anak laki laki Sebagai pria,menjadi dewasa di antara orang dewasa dan belajar memimpin tanpa menekan
Orang lain.
B . Dasar biologis
     Secara biologis,usia terbagi menjadi dua jenis,yaitu laki – laki dan perempuan.
     Kematangan seksual dicapai semasa remaja,daya tarik seksual menjadi suatu kebutuhan
     Yang dominan dalam kehidupan remaja.Hubungan social dipengaruhi oleh kematangan
    Fisik yang telah dicapai.
C . Dasar psikhologis
   Dalam kelompok sejenis,remaja belajar untuk bertingkah laku sebagaimanah orang dewasa.
   Adapun dengan kelompok lain jenis,remaja belajar menguasai keterampilan sosial.remaja putri umumnya lebih cepat matang dari pada remaja putra dan cenderung lebih tertarik  kepada remaja putra yang usianya beberapa tahun lebih tua.kecenderungan seperti itu akan berlangsung sampai mereka kuliah di perguruan tinggi,keberhasilan melaksanakan tugas perkembangan akan membawa penyesuaian social yang lebih baik sepanjang kehidupannya.
2 . MENCAPAI PERAN SOSIAL PRIA DAN WANITA
  A . Hakikat tugas
     Mempelajari peran sosial dengan jenis kelaminnya sebagai pria atau
     Wanita.
  B . Dasar biologis
     Ditinjau dari kekuatan fisik,remaja putri menjadi orang yang lebih lemah dibandingkan
    Oleh remaja putra.namun remaja putri memiliki kekuatan lain meskipun memiliki kelemahan fisik.
  D . Dasar psikhologis
      Peranan sosial pria dan wanita memang berbeda.Remaja putra perlu menerima peranan sebagai seorang wanita. Meskipun demikian,sering terjadi kesulitan pada remaja putri, kadang kadang cenderung mengagumi ayahnya dan kakaknya,serta ingin bebas dari peranan sosialnya sebagai istri atau ibu yang memerlukan dukungan dari suami.

3 . MENERIMA KEADAAN FISIKNYA DAN  MENGGUNAKANNYA SECARA EFEKTIF.
   A . Hakikat tugas
      Menjadi bangga atau sekurang – kurangny menjadi toleran dengan kondisi fisiknya sendiri,
Menjaga dan melindungi serta menggunakannya secara efektif.
   B . Dasar biologis
      Perkembangan remaja disertai dengan pertumbuhan fisik dan seksua.Laju pertumbuhan tubuh gadis lebih cepat apabila dibandingkan dengan pemuda.Waktunya kini tiba bagi siremaja  untuk mempelajari bagaimana jadinya fisiknya kelak,menjadi tinggi,pendek,besar atau kurus,umumnya gadis yang berusia 15 sampai 16 tahun, tubuhnya mencapai bentuk akhir.adapun pada pemuda keadaan ini akan mencapai sekitar 18 tahun.
    C . Dasar psikologis
      Terjadi perubahan bentuk tubuh yang disertai dengan perubahan sikap dan minat remaja.Remaja suka memperhatikan perubahan tubuh yang sedang dialaminya saendiri,remaja putri lebih suka berdandan dan berhias untuk menarik lawan jenisnya manakalah dia sudah mulai menstruasi.

4 . MENCARI KEMANDIRIAN EMOSIONAL DARI ORANG TUA DAN ORANG – ORANG DEWASA  
     LAINNYA.
 A . Hakikat tugas
      Membebaskan sifat kekanak – kanakan yang selalu menggantungkan diri pada orang tua,mengembangkan perasaan tertentu pada orang tua tanpa menggantungkan diri padanya,dan mengenbangkan sikap hormat pada orang dewasa tanpa menggantungkan diri padanya.



  B . Dasar biologis
      Kematangan seksual individu,individu yang tidak memperoleh kepuasan di dalam keluarganya akan keluar untuk membangun ikatan emosional dengan teman sebaya,ini bisa berlangsung tanpa mengubah ikatan emosional yang meningkat terhadap orang tua.
    C . Dasar psikologis
        Pada masa ini remaja mengalami sikap ambivalen terhadap orang tuanya remaja ingin bebas,namun dirasa bahwa dunia dewasa itu cukup rumit dan asing baginya dalam keadaa semacm ini,remaja masih mengarapkan perlindungan orang tua,sebaliknya orang tua menginginkan anaknya berkembang menjadi lebih dewasa .keadaan inilah yang menjadikan remaja sering memberontak pada otoritas orang tua guru adalah salah satu tempat bertumpu disinilah peranan guru cukup besar dalam rangka proses penyiapan psikologi remaja,kegagalan dalam melaksanakan  tugas cenderung dapat diasosiasikan dengan kegagalan dalam membina hubungan yang bersifat dewasa dengan teman sebayanya.

  5 . MENCAPAI JAMINAN KEBEBASAN EKONOMIS
     A . Hakikat tugas
            Merasakan kemampuan membangun kehidupan sendiri
       B . Dasar biologis
 Tiada dasar biologis yang berarti untuk pelaksanaan tugas ini meskipun kekuatan dan   keterampilan fisik sangat bermanfaat untuk mencapai tugas.
        C . Dasar fisiologis
                 Berkaitan erat dengan hasrat untuk berdiri sendiri
   6 . MEMILIH DAN MENYIAPKAN LAPANGAN PEKERJAAN
        A . Hakikat tugas
            Memilih pekerjaan yang memerlukan kemampuan serta mempersiapkan pekerjaan
    B . Dasar biologis
   Ukuran dan kekuatan badan pada usia sekitar 18 tahun sudah cukup kuat dan tangkas untuk memiliki dan menyiapkan diri memperoleh lapangan pekerjaan.
 

  C . Dasar psikologi
        Dari hasil penelitian mengenai minat dikalangan remaja,ternyata pada kaum remaja pada usia 16 – 19 tahun,minat utamanya tertuju kepada pemilihan dan mempersiapkan lapangan pekerjaan.sebenarnya prestasi siswa disekolah,tentang apa yang dicita citakannya,kemanah akan dilanjutkan pendidikannya secara sama sama menjadi gambaran tentang lapangan pekerjaan yang diminatinya.
  7 . PERSIAPAN MEMASUKI KEHIDUPAN BERKELUARGA
     A . Hakikat tugas
        Mengembangkan sikap yang positif terhadap kehidupan berkeluarga, khusus untuk remaja putri termasuk didalamnya kesiapan untuk mempunyai anak.
     B . Dasar biologis
        Kematangan seksual yang normal yang menumbuhkan ketertarikan antara jenis kelamin.
      C . Dasar psikologis
           Sikap remaja terhadap perkawinan sangat bervariasi,adan yang menunjukkan rasa takut,tetapi ada juga yang menunjukkan sikap bahwa perkawinan justru merupakan suatu kebahagiaan hidup
 8 . MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL DAN KONSEP YANG PENTING UNTUK
          KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN
     A . Hakikat tugas
              Mengembangkan konsep hukum, ekonomi, politik  dan kemasyarakatan
      B . Dasar biologis
    Pada usia 14 tahun,system syaraf dan otak telah mencapai tahap ukuran kedewasaan
     C . Dasar fisikologis
   Berkembangnya kemampuan kejiwaan yang cukup besar dan perbedaan individu  dalam
  Perkembangan kejiwaan yang sangat erat hubungannya dengan perbedaannya dalam
    Penguasaan bahasa,pemaknaan,perolehan konsep – konsep minat dan motivasi.


 9 . MENCAPAI DAN MENGHARAPKAN TINGKAHLAKU SOCIAL YANG BERTANGGUNG JAWAB
     A . Hakikat tugas
   Berpartisipasi sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab dalam kehidupan masyarakat  Dan mampu menjunjung nilai- nilai masyarakat dalam bertingkah laku.
    B . Dasar bi ologis
     Tugas ini tidak terlalu menuntut dasar biologis,tugas ini berkaitan erat dengan pengaruh   Masyarakat terhadap individu,kecuali jika menerima adanya insting sosial pada manusia atau Memandang bagus tingkahlaku remaja merupakan sublimasi dari dorongan seksual.
   C . Dasar psikologis
   Proses untuk mengikatkan diri individu kepada kelompok sosialnya telah berlangsung sejak   Individu dilahirkan.sejak kecil anak diminta untuk belajar menjaga hubungan baik dengan
   Kelompok,berpartisipasi sebagai anggota kelompok sebaya,dan belajar bagaimana caranya
  Berbuat sesuatu untuk kelompoknya.

   10 . MEMPEROLEH SUATU HIMPUNAN NILAI – NILAI DAN SYSTEM ETIKA SEBAGAI
           PEDOMAN TINGKAH LAKU
         A . Hakikat tugas
 Membentuk suatu himpunan nilai – nilai sehingga memungkinkan remaja mangembangkan
    Dan merealisasikan nilai – nilai mendifinisikan posisi individu dalam hubungannya dengan
    Individu lain,dan memegang suatu gambaran dunia dan suatu nilai untuk kepentingan
    Hubungannya dengan individu lain.
       B . Dasar psikologi
       Banyak remaja yang menaruh perhatian pada problem filosofis dan agama,ini diperoleh
   Remaja melalui identifikasi dan imitasi pribadi ataupun penalaran dan analisis tentang nilai

      

  C . TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA BERKENAAN DENGAN KEHIDUPAN BERKELUARGA
  Berdasarkan pada pembagian masa remaja ke dalam dua fase tersebut pembahasan tugas perkembangan remaja berkenaan dengan kehidupan berkeluarga menitik beratkan pada masa remaja fase kedua yaitu fase adolesens.tugas perkembangan yang berkaitan dengan kehidupan keluarga merupakan tugas yang sangat penting dan harus dapat diselesaikan dengan baik meskipun dirasakan dengan berat.ini cukup beralasan karena selama tahun pertama dan kedua perkawinan,pasangan muda harus melakukan penyesuaian diri satau sama lain terhadap anggota keluarga masing – masing sementara itu ketegangan emosional masih sering timbul pada mereka.
Dari sekian banyak masalah penyesuaian diri dalam kehidupan berkeluarga atau perkawinan,ada empat unsur.
 1 . penyesuaian dengan pasangan
 2 . penyesuaian seksual
 3 . penyesuaian keuangan, dan
 4 . penyesuaian dengan pihak keluarga masing – masing























0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda