CRITICAL BOOK REPORT
Identitas buku
Judul Buku : Dasar-Dasar Manajemen
Penulis : Dr. Candra Wijaya,
M.pd., dan Muhammad Rifa’i
Penerbit : Perdana Publishing
Cetakan : pertama (1)
Tebal Buku : 204
Ringkasan buku
Manajemen berasal dari kata to
manage yang berarti mengatur. Dalam hal mengatur, akan timbul
masalah, problem, proses dan pertanyaan tentang apa yang diatur sipa yang mengatur, mengapa harus diatur dan
apa tujuan pengaturan tersebut. Menajemen juga menganalisa, menetapkan tujuan
serta mendeterminasi dan tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban secara baik.
Efektif dan efisien.
Dalam rangka mencapai tujuan
organisasi secara efektif dan efesien
itulah, manajemen harus difungsikan sepenuhnya pada setiap organisasi, baik
organisasi, industri, perbankan, maupun pendidikan. Fungsi-fungsi manajemen
tersebut terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
penggerakan (actuating), coordinasi (koordinating) dan pengawasan
(controlling).
Organisasi adalah institusi atau
wadah tempat orang berinteraksi dan bekerja sama sebagai suatu unit
terkoordinasi terdiri setidaknya dua orang atau lebihyang berfungsi mencapai
satu sasaran atau serangkaian sasaran, dengan diikat peraturan yang disepakati
bersama dalam satu komandopimpinan melalui pemberdayaan seluruh sumberdaya
organisasi, berupa sumberdaya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), dan sumber
daya modal atau uang.
Menurut Handayaningrat (1984)
asas-asas atau prinsip-prinsip organisasi sebagai berikut: (1) organisasi harus
memiliki tujuan yang jelas, (2) skala hirarki,(3) kesatuan perintah atau
komando, (4) pelimpahan wewenang, (5) pertanggung jawaban, (6) pembagian
pekerjaan, (7) jenjang/rentang kendali, (8) fungsional, (9) pemisahan, (10)
keseimbangan, (11)flexibelitas, (12) dan kepemimpinan. Dan bentuk-bentuk
organisasi itu terdiri dari: 1) organisasi line, 2) organisasi line dan staff,
3) organisasi fungsional, 4) organisasi kepanitiaan.
Dan kepemimpinan dapat diartikan
sebagai upaya-upaya mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk bekerja
samadalam rangka mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.
Beberapa pendekatan dalam teori kepemimpinan diantaranya: pendekatan trait,
pendekatan keprilakuan (behavior approach), pedekatan situasional, pendekatan
transaksional, pendekatan transformasional, pedekatan kepemimpinan karismatik,
pendekatan teori kepemimpinan x dan y, dan pendekatan teori kepemimpinan z.
Dan karakteristik kepemimpinan yang efektif
yaitu: entrepreneur, corporateur, developer, craftsman,integrator, dan
gamesman.
Motifasi adalah keadaan batin yang
menyebabkan seorang individu untuk
berperilaku yang menjamin tercapainya suatu tujuan. Dan motifasi juga dapat
diartikan sebagai kekuatan atau dorongan yang ada pada individu untuk dapat
mencapai tujuan. Asas-asas motifasi yaitu: asas mengikut sertakan, asas
komunikasi asas pengakuan, asas wewenang yang dilegasikan, dan asas perhatian
timbale balik. Serta teori-teori motifasi yaitu: teori motivasi klasik,
teori-teori Abraham Maslow, teori dua faktor dari Frederick Herzberg, teori
human relations, teori mativasi Claude S. George.
Komunikasi organisasi merupakan
sebuah proses pembagian pesan ide-ide atau sikap dalam suatu organisasi, seperti
bisnis, industry, pemerintahan atau pendidikan.komunikasi organisasi dapat
berlangsung secara lisan (verbal) maupun tulisan (non verbal) atau menggunakan
media informasi canggih. Dalam kaitan ini Koehler (1981) mengmukakan empat
fungsi komunikasi organisasi yaitu: fungsi informatif, fungsi regulatif, fungsi persuasif, dan fungsi
integratif. System komunikasi dalam organissi yaitu: komunikasi dari atasan
kepada bawahan (top down communication), komunikasi dari bawahan kepada atasan
(botton up communication), komunikasi mendatar (horizontal communication).
Pengambilan keputusan merupakan
kegiatan sentral dari manajemen atau proses memilih suatu alternative cara
bertindak dengan metode yang efesien sesuai situasi. Pengambilan keputusan
mempunyai arti penting bagi maju mundurnya suatu organisasi, terutama karena
masa depan suatu organisasi banyak ditentukan oleh pengambilan keputusan
sekarang.
Komitmen organisasi dapat dimaknakan
sebagai keinginan seorang karyawan untuk tetap menjadi anggota organisasi,
dapat juga diartikan sebagai suatu perasaan akan pengenalan, loyalitas, dan
keterlibatan yang diperhatikan terhadap organisasi atau unit organisasi. Bentuk
dimensi komitmen organisasi yaitu: affective commitment, continuence commitment, dan normative commitment.
Ciri-ciri komitmen organisasi yaitu:
1.
Memiliki
inisiatif untuk mengatasi masalah yang muncul
2.
Bernuansa
emosi
3.
Bersedia
melakukan pengorbanan yang diperlukan
4.
Memiliki
visi strategi yang tidak mementingkan diri sendiri
5.
Bekerja
secara sungguh-sungguh walaupun tanpa imbalan secara langsung
6.
Merasa
sebagai pemilik atau memandang diri sebagai pemilik sehingga setiap tugas
diselesaikan secepat dan sebaik mungkin
7.
Memiliki
rumusan misi yang jelas untuk menggambarkan tahapan yang akan dicapai
8.
Memiliki
kesadaran diri dengan perasaan yang jernih bahwa pekerjaan bukanlah suatu beban
Faktor-faktor yang mempengaruhi organisasi yaitu:
karakteristik personal, karakteristik pekerjaan, karakteristik stuktual,
pengalaman bekarja. Dan aspek-aspek komitmen organisasi yaitu: identifikasi
dengan organisasi, keterlibatan, danloylitas.
Keefektifan kerja dapt dimaknai sebagai kemampuan untuk
memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan
yang telah ditetapkan seorang manger efektif dapat memilih pekerjaan yang harus
dilakukan atau metode (cara) yng tepat untuk mencpai tujuan. Faktor yang
bersumber pada diri eksekutif yang bersangkutan sendiri, yang meliput:
1. Persepsi yang tepat
2. Disiplin diri pribadi
3. Pengendalian diri sendiri
4. Kemampuan mengatasi stress
Moore dalam Sutarto (1998)
menyatakan bahwa faktor-faktor mempengaruhi efektif kerja yaitu: 1) unit kerja,
2) rentangan control, 3) kontrol, 4) kepemimpinan, 5) pedelegasian wewenang, 6)
ide-ide bawahan, 7) motivasi dan 8) spesialisasi. Pierce dan newstrom (1996)
menyatak ada lima faktor penentu utama efektivitas kerja yaitu: 1) motifasi,
2)kepuasan, 3) penerimaan atas perubahan, 4) pemecahan masalah dan 5)
komunikasi
Kelebihan dan kekurangan buku
Kelebihan: dalam buku ini mengandung kata-kata yang mudah dipahami
sehingga pembaca mudah memahami apa yang tertulis atau yang dijelaskan, dan
dalam buku ini juga banyak mengandung hal-hal yang penting sehingga pembaca
tidak susah atau merasa bosan dalam membaca.
Kelemahan: dalam buku ini masih ada kata yang salah dalam
pengetikannya sehingga dapat membuat pembaca kurang memahami apa yang
dimaksudkan
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda