Minggu, 02 Juli 2017

(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) SMK KTSP

Mata Pelajaran                        : Akuntansi
Kelas/Semester                        : X/1
Alokasi Waktu                        : 1 x 20 menit
Pertemuan Ke                                     : II
Standar Kompetensi               : Mengelola Bukti Transaksi
Kompetensi Dasar                   : 1. Menganalisis Bukti Transaksi Keuangan

A.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mengetahui bukti-bukti transaksi keuangan
2.      Mendeskripsikan karakteristik bukti transaksi keuangan
3.      Mengetahui kegunaan bukti transaksi keuangan
4.      Menganalisa bukti transaksi keuangan

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengetahu jenis transaksi keuangan
2.      Siswa mampu mendeskripsikan karakteristik bukti transaski
3.      Siswa mampu menjelaskan kegunaan bukti transaksi
4.      Siswa mampu menganalisa bukti transaksi keuangan

C.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Latihan

D.    Pendekatan
            Kontekstual

E. Model Pemebalajaran
Picture to picture


F.      Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
a.      Orientasi
Mengucapkan salam dan mengabsen kehadiran siswa.
b.      Apersepsi
Mengulas materi di pertemuan sebelumnya tentang Persamaan Dasar Akuntansi
c.       Motivasi
Memotivasi siswa dengan menyebutkan jenis-jenis bukti transaksi . Siswa didorong untuk berpendapat dan menggali pengetahuan siswa mengenai apa saja yang termasuk bukti-bukti transaksi keuanngan di perusahaan


5 menit
2
Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
Menjelaskan materi mengenai :
- Pengertian Bukti Transaksi
- Jenis-jenis bukti transaksi
- Identifikasi elemen bukti transaksi
- Analisis bukti transaksi
b.      Elaborasi
- Mengarahkan siswa membentuk kelompok dengan anggota 5 siswa, dan siswa membentuk kelompok sesuai dengan arahan guru.
- Siswa berdiskusi dalam kelompoknya masing-masimg membahas jenis-jenis bukti transaksi
- Guru menampilkan gambar dan menugaskan siswa untuk menebak nama bukti transaksi yang ditampilkan
- Memberikan nilai pada kelompok yang berhasil menebak gambar
c.       Konfirmasi
- Melakukan evaluasi hasil diskusi  dengan meminta setiap kelompok menyimpulkan hasil pembelajaran
- Memberikan kesempatan berlatih bertanya juga berpendapat dalam menjelaskan bukti transaksi


10 menit
3
Penutup
1.      Guru memberikan kesimpulan atas materi Buti Transaksi
2.      Guru meminta siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari di pertemuan selanjutnya ( Jurnal Umum)

5 menit

G.    Media Pembelajaran
a.       Power point

H.    Sumber Belajar
            Modul Akuntansi 1b Dwi Harti – Penerbit Erlangga
I.       Penilaian
1.      Penilaian proses belajar
2.      Penilaian hasil



Mengetahui,                                                                                                                Medan, … Mei 2017
Dosen Pengampu Mata Kuliah MT                                                                            Praktikan,


(                       )                                                                                                           (                     )
NIP :                                                                                                                           NIM

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda