MAKALAH Komunikasi Lintas Budaya
BAB
I
PENDAHULUAN
Masyarakat
Indonesia memiliki berbagai macam keberagaman seperti agama, bangsa ras,
bahasa, adat istiadat dan sebagainya. Indonesia terkenal dengan keberagaman
budayanya. Budaya adalah suatu konsep yang membangkitkan minat. Secara formal
budaya didefinisikan sebagai tatanan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan,
nilai, sikap, makna dan diwariskan dari generasi ke generasi, melalui usaha
individu dan kelompok.
Komunikasi
diperlukan untuk mengenal budaya yang satu dengan budaya yang lainnya. Dengan
berkomunikasi seseorang dapat memahami perbedaan antar budaya yang satu dengan
yang lainnya. Komunikasi dan budaya mempunyai hubungan timbal balik. Budaya
menjadi bagian dari perilaku komunikasi, dan komunikasi pun selalu menentukan
budaya. Komunikasi antar budaya terjadi jika bagian yang terlibat dalam
kegiatan komunikasi membawa latar belakang budaya pengalaman yang berbeda dan
mencerminkan nilai yang dianut oleh kelompoknya.
Berkomunikasi
merupakan kebutuhan yang fundamental bagi seseorang yang hidup bermasyarakat,
tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa
masyarakat, maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi. Manusia
adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup manusia selalu
berinteraksi dengan sesama serta dengan lingkungan. Manusia hidup berkelompok
baik dalam kelompok besar maupun kelompok kecil.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Komunikasi Lintas
Budaya
Komunikasi lintas budaya adalah proses
pertukaran pikiran dan makna antara orang-orang yang berbeda budaya. Ketika
komunikasi tersebut terjadi antara orang-orang berbeda bangsa(international),
antaretnik(interethnical), kelompok ras(interracial), atau komunikasi
bahasa(intercommunal), disebut komunikasi lintas budaya.
Menurut
Liliweri (2003:9), dalam bukunya yang berjudul Komunikasi Antarbudaya,
memberikan definisi komunikasi antarbudaya atau komunikasi lintas budaya
sebagai pernyataan diri antarpribadi yang paling efektif antar dua orang yang
saling berbeda latar belakang budayanya.
Komunikasi Lintas Budaya dalam pengertian
yang lebih luas lagi, merupakan pertukaran pesan yang disampaikan secara lisan,
tertulis, bahkan secara imajiner antara dua orang yang berbeda latar belakang
budaya.[1]
B. Fungsi
Komunikasi Lintas Budaya
Komunikasi lintas budaya memiliki fungsi
penting, terutama ketika seseorang mulai menjalin hubungan bilateral,
trilateral, atau multilateral. Secara khusus, komunikasi lintas budaya
berfungsi untuk mengurangi ketidakpastian komunikasi antarorang, antarsuku, dan
antarbangsa yang berbeda budayanya. Ketika memasuki wilayah(daerah) orang lain,
seseorang dihadapkan dengan orang-orang yang sedikit atau banyak berbeda,
ditinjau dari aspek sosial, budaya, ekonomi dan status lainnya.[2]
C. Pentingnya
Komunikasi Lintas Budaya
Komunikasi
lintas budaya sangat penting, terutama untuk mencapai hubungan kerja sama yang
saling menguntungkan. Pentingnya komunikasi lintas budaya untuk membangu
hubungan internasional yang serasi dapat ditemukan contohnya dari hubungan
Amerika Serikat dan Korea Selatan. Hubungan kedua negara tersebut berjalin harmonis sejak 1884, ketika
pemerintah Amerika Serikat mengirim warganya yang menjadi konsumen pertama
produk property buatan korea selatan. Dari fenomena hubungan ekonomi Amerika
Serikat-Korea Selatan, diketahui bahwa produktivitas dan profitabilitas
meningkat ketika organisasi mampu menyerap budaya dan mengomunikasikan harapan
secara jelas.
Bagi banyak Negara, proses komunikasi yang
ditunjukkan kedua Negara tersebut dijadikan sebagai replikasi untuk mencapai
kemajuan dalam menjalin hubungan internasional. Replikasi tersebut tidak
terbatas hanya dalam hubungan perdagangan saja, melainkan juga hubungan
pertukaran pelajar, kegiatan riset dan kebudayaan, hingga masalah pertahanan
keamanan. Kunci keberhasilan ini terletak pada aspek koorientasi yang
diperlihatkan kedua belah pihak.
Budaya-budaya yang berbeda memiliki
sistem-sistem nilai yang berbeda dan karenanya ikut menentukan tujuan hidup
yang berbeda, juga menentukan cara berkomunikasi kita yang sangat dipengaruhi
oleh bahasa, aturan dan norma yang ada pada masing-masing budaya. Sehingga
sebenarnya dalam setiap kegiatan komunikasi kita dengan orang lain selalu
mengandung potensi Komunikasi Lintas Budaya atau antar budaya, karena kita akan
selalu berada pada “budaya” yang berbeda dengan orang lain, seberapa pun
kecilnya perbedaan itu. Perbedaan-perbedaan ekspektasi budaya dapat menimbulkan
resiko yang fatal, setidaknya akan menimbulkan komunikasi yang tidak lancar,
timbul perasaan tidak nyaman atau timbul kesalahpahaman. Akibat dari
kesalahpahaman-kesalahpahaman itu banyak kita temui dalam berbagai kejadian
yang mengandung etnosentrisme dewasa ini dalam wujud konflik-konflik yang berujung
pada kerusuhan atau pertentangan antaretnis. Sebagai salah satu jalan keluar
untuk meminimalisir kesalahpahaman-kesalahpahaman akibat perbedaan budaya
adalah dengan mengerti atau paling tidak mengetahui bahasa dan perilaku budaya
orang lain, mengetahui prinsip-prinsip Komunikasi Lintas Budaya dan
mempraktikkannya dalam berkomunikasi dengan orang lain.[3]
D.
Definisi Budaya
Secara
etimologj, budaya berasal dari bahasa sanskerta. Buddhayah, yang merupakan
bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal). Selanjutnya, budaya diartikan
sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Berbudaya berarti
mempunyai budaya, mempunyai pikiran dan akal budi untuk memajukan diri.
Kebudayaan diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan manusia sebagai
hasil pemikiran dan akal budi.
Budaya
dalam bahasa Inggris disebut culture,
yang berasal dari kata latin, colere, yang berarti mengolah atau mengerjakan,
dan bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga
merupakan kata lain dari occult yang berarti benak dan pikiran. The American
Herritage Dictionary mengartikan culture sebagai suatu keseluruhan dari pola
perilaku yang ditransmisikan melalui kehidupan sosial, seni, agama, dan
kelembagaan.
Budaya
dari bahasa latin, yakni dari akar kata cultura. Dalam bahas Perancis, la
Culture berarti esemble des aspects intellectuals d’une civilization
(serangkaian bidang intelektual dalam sebuah peradaban). Budaya adalah suatu
konsep yang mencakup berbagai kompenen yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan
dan kepentingan hidupnya sehari-hari (Purwasito, 2003:95).[4]
Edward
B. Taylor mendefinisikan budaya sebagai keseluruhan sistem yang kompleks, yang
didalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum,
adat-istiadat, dan kemampuan lain serta kebiasaan yang diperoleh dan dipelihara
manusia sebagai anggota masyarakat.[5]
Williams
mendefinisikan bahwa budaya mencakup organisasi produksi, struktur lembaga,
yang mengekspresikan atau mengatur hubungan sosial, dan bentuk-bentuk
komunikasi khas antaranggota masyarat.
Trenholm dan Jensen (1992:238)
mendefinisikan budaya sebagai seperangkat nilai, kepercayaan, norma, adat
istiadat, aturan, dan kode yang secara sosial mendefinisikan kelompok orang
yang memilikinya, mengikat mereka satu sama lain dan memberi mereka kesadaran
bersama. [6]
Harrison dan Huntington mengemukakan,
“Istilah budaya, tentu saja mempunyai arti banyak dalam disiplin ilmu serta
konteks yang berbeda.” Sifat sulit dipahami ini mungkin dapat di cerminkan dalam
fakta bahwa pada awal tahun 1952 ulasan tentang literatur antropologi
mengungkap 164 definisi berbeda dari kata budaya.
Menurut Triandis, “Kebudayaan merupakan
elemen subjektif dan objektif yang dibuat manusia yang di masa lalu
meningkatkan kemungkinan untuk bertahan hidup dan berakibat dalam kepuasan
pelaku dalam sudut ekologis, dan demikian tersebar di antara mereka yang dapat
berkomunikasi satu sama lainnya, karena mereka mempunyai kesamaan bahasa dan
mereka hidup dalam waktu dan tempat yang sama.” Pengertian ini menyorot dalam
satu kalimat panjang, fitur penting dari budaya. Dengan menunjuk pada “buatan
manusia” yang membuat jelas bahwa budaya berhubungan dengan bagian non-biologis
dari kehidupn manusia. Hal ini memberikan penjelasan tentang sifat bawaan dan
tidak harus dipelajari (sperti makan, tidur, menangis, mekanisme organ bicara,
dan rasa takut). Kedua, definisi ini meliputi apa yang disebut Harrison dan
Huntington sebagai elemen “subjektif” dari bahasa. Elemen sseperti “nilai,
tingkah laku, kepercayaan, orientasi, dan asumsi yang tersirat lazim dalam
suatu masyarakat. [7]
Menurut Koentjaraningrat, budaya adalah keseluruhan
sistem gagasan tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan
masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar. Dengan
demikian, dapat dikatakan secara ringkas bahwa budaya adalah keseluruhan cara
hidup (way of life) manusia.
Secara
panjang lebar Tubbs (1996: 237) mengartikan budaya dengan segala unsurnya bahwa
budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh
sekelompok orang serta diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk
dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat,
bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.[8]
Ketika
seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan
perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa
budaya itu dipelajari. Maka, komunikasi antarbudaya adalah komunikasi yang
terjadi di antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda (bisa beda
ras, etnik, atau sosio ekonomi, atau gabungan dari semua perbedaan ini).
Seperti kita ketahui bahwa budaya mempengaruhi cara seseorang berkomunikasi.
Budaya bertanggung jawab atas seluruh aspek komunikasi yang dilakukan oleh
seorang individu atau kelompok, baik secara verbal maupun nonverbal.
Dari berbagai definisi tersebut, dapat
diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi
tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam
pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat
abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan
oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda
yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup,
organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk
membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. Tidak banyak
orang menyadari bahwa bentuk-bentuk interaksi antarbudaya sesungguhnya secara
langsung atau tidak melibatkan sebuah komunikasi. Pentingnya komunikasi
antarbudaya mengharuskan semua orang untuk mengenal dasar-dasar komunikasi
antarbudaya itu. Komunikasi itu muncul, karena adanya kontak, interaksi dan
hubungan antar individu atau kelompok yang berbeda kebudayaannya. Jadi,
sebenarnya tidak ada kebudayaan tanpa komunikasi, dan tidak ada komunikasi
tanpa pengaruh budaya. Di sinilah
pentingnya kita mengetahui komunikasi antarbudaya itu.[9]
E. Karakteristik
Budaya dan Komunikasi
Ada
tiga karakteristik penting dari kebudayaan, yaitu kebudayaan itu dapat
dipelajari, kebudayaan itu dapat dipertukarkan, dan kebudayaan itu tumbuh serta
berubah (Hebding dan Glick, 1991, hlm. 45).
1. Kebudayaan
itu Dipelajari
Kita sebut
kebudayaan itu dapat dipelajari karena interaksi antarmanusia ditentukan oleh
penggunaan simbol, bahasa verbal maupun nonverbal. Tradisi budaya, nilai-nilai,
kepercayaan, dan standar perilaku semuanya diciptakan oleh kreasi manusia dan
bukan sekadar diwarisi secara instink, melainkan melalui proses pendidikan
dengan cara-cara tertentu menurut kebudayaan. Setiap manusia lahir dalam suatu
keluarga, kelompok sosial tertentu yang telah memiliki nilai, kepercayaan, dan
standar perilaku yang ditransmisikan melalui interaksi di antara meraka
(sosialisasi).
2. Kebudayaan
itu Dipertukarkan
Di
samping dipelajari, kebudayaan itu juga dipertukarkan. Istilah pertukaran
merujuk pada kebiasaan individu atau kelompok untuk menunjukkan kualitas
kelompok budayanya. Dalam interaksi atau pergaulan antarmanusia setiap orang
mewakili kelompoknya lalu menunjukkan kelebihan-kelebihan budayanya dan
membiarkan orang lain untuk mempelajarinya. Proses pertukaran budaya dilakukan
melalui mekanisme belajar budaya yang mengakibatkan para ibu yang berasal dari
Sunda dan Jawa dapat belajar memasak jagung
bose (masakan jagung yang bercampur santan kelapa) dan sebaliknya para ibu
dari Timor dan Flores belajar membuat oncom
dan bajigur dari Sunda.
3. Kebudayaan
Tumbuh dan Berkembang
Setiap
kebudayaan terus ditumbuhkembangkan oleh para pemilik kebudayaannya, oleh karena
itu ada yang mengatakan bahwa kebudayaan ituterus mengalami perubahan. Oleh
karena itu, kita menyebut kebudayaan itu berbuah semakin rinci (kompleks) dan
kemudian dikomunikasikan dari satu generasi ke generasi lain. Tenun ikat dari
Ended an Lio di Flores mula-mula di tenun dengan benang yang di celupkan ke
dalam nila. Akibat perkembangan teknologi industri maka lama kelamaan nila
mulai ditinggalkan dan para penenun memakai benang sutera sehingga dapat
menghasilkan tenun ikat berkualitas ekspor.[10]
F. Dimensi
Dan Unsur Budaya
Budaya memiliki dimensi yang sangat
luas, bahkan dapat dikatakan seluas dan serumit kehidupan manusia itu sendiri.
Tetapi, untuk kepentingan ilmiah, kebudayaan dikelompokkan ke dalam beberapa
unsur penting, yaitu:
1. Sistem
religi (agama) dan upacara keagamaan
Koentjaraningrat menyatakan bahwa
asal mula permasalahan fungsi religi dalam masyarakat adalah adanya pertanyaan
mengapa manusia percaya kepada adanya suatu kekuatan gaib atau supranatural
yang dianggap lebih tinggi daripada manusia dan mengapa manusia itu melakukan
berbagai cara untuk berkomunikasi dan mencari hubungan-hubungan dengan
kekuatan-kekuatan supranatural tersebut. Dalam memahami unsur religi sebagai
kebudayaan manusia tidak dapat dipisahkan dari religious emotion atau emosi
keagamaan. Emosi keagamaan adalah perasaan yang ada di dalam diri manusia yang
mendorongnya melakukan tindakan-tindakan yang bersifat religius. Dalam sistem
religi terdapat tiga unsur yang harus dipahami selain emosi keagamaan, yakni
sistem keyakinan, sistem upacara keagamaan, dan umat yang menganut religi itu.
Misalnya,
kepercayaan menyembah pada suatu kekuatan gaib di luar diri manusia, berupa
gunung, angin, hutan, dan laut. Kepercayaan tersebut berkembang pada tingkatan
yang lebih tinggi, yakni kepercayaan kepada satu dewa saja (monotheism) dan
lahirnya konsepsi agama wahyu, seperti Islam, Hindu, Buddha, dan Kristen.
Sistem religi juga mencakup mengenai dongeng-dongeng atau cerita yang dianggap
suci mengenai sejarah para dewa-dewa (mitologi). Cerita keagamaan tersebut terhimpun
dalam buku-buku yang dianggap sebagai kesusastraan suci. Salah satu unsur
religi adalah aktivitas keagamaan di mana terdapat beberapa aspek seperti
benda-benda dan alat-alat yang digunakan dalam upacara keagamaan, yaitu
patung-patung, alat bunyi-bunyian, maupun sesaji untuk dilakukan dalam
aktivitas tersebut.
2. Sistem
pengetahuan
Pengetahuan adalah segala sesuatu yang
diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan.
Pengetahuan dimiliki oleh semua suku bangsa di dunia. Mereka memperoleh
pengetahuan melalui pengalaman, intuisi, wahyu, dan berpikir menurut logika,
atau percobaan yang bersifat empiris.[11]
3. Bahasa
Bahasa terdiri dari susunan kata-kata.
Kata-kata disusun oleh simbol sehingga bahasa merupakan susunan berlapis-lapis
dari simbol yang ditata menurut ilmu bahasa. Karena simbol-simbol itu berasal
dari bunyi, ucapan yang dibentuk oleh sebuah kebudayaan maka kata-kata maupun
bahasa dibentuk pula oleh sebuah kebudayaan. Jadi, bahasa merupakan komponen
budaya yang sangat penting yang mempengaruhi penerimaan dan perilaku manusia,
perasaan dan kecenderungan manusia untuk bertindak mengatasi dunia sekeliling.
Dengan kata lain, bahasa mempengaruhi kesadaran, aktivitas dan gagasan manusia,
menentukan benar atau salah, moral atau tidak bermoral, dan baik atau buruk.
Contoh studi kasus: Ketika Riski lulus sekolah
menengah atas (SMA), Riski memutuskan untuk melanjutkan studi ke Jawa Timur,
tujuan Riski datang ke daerah Pasuruan. Awalnya ketika Riski datang di Pasuruan,
Riski merasa asing, terutama dalam pengucapan bahasa yang mereka pakai sehari-hari.
Dari budaya yang Riski anut, Riski memiliki latar belakang budaya orang Jawa
Tengah. Walaupun Riski memiliki latar belakang budaya Jawa Tengah, namun Riski
telah lama dan menetap di Sumatera Selatan, sehingga adat kebudayaan Riski
telah banyak mengikuti orang-orang asli Palembang. Riski mampu berdialog dengan
bahasa Jawa, namun bahasa yang dipakai Riski khas Jawa Tengah. Ketika sampai di
daerah Pasuaruan ia merasa tidak nyaman, karena ia merasa bahwa ia mmerasa
dikucilkan oleh rekan satu Kos-nya. sesuatu ketika ada rekan satu kos Riski
yang sakit, dengan dialog khas Jawa Tengah Riski bilang “nak enek konco seng
sakit yo di tilik’i. (kalau ada teman yang sakit ya di jenguk)”. berhubung yang
diajak berdialog orang Jawa Timur mereka semua bingung. Yang mereka ketahui
bahasa “menilik’i”(Jawa Tengah: menjenguk/melihat. Jawa Timur:
mencicipi/mencoba rasa sesuatu).
Dari contoh kasus diatas jelas bahwa
dalam sebuah komunikasi antar budaya terjadi sebuah gangguan (noice),
sebenarnya apa yang hendak disampaikan benar namun pada akhirnya bahasa yang
diucapkan memiliki arti yang berbeda dari makna yang diharapkan. Hal ini tentu
sangat dipengaruhi dengan adanya perbedaan antara kultur budaya pada suatu
daerah tertentu. Bila kita kurang mengenal adat dan kebiasaan masyarakat
sekitar, maka kita tidak dapat berkomunikasi secara efektif. Bahasa menentukan
berhasil atau tidaknya komunikasi. Bahasa memiliki sifat unik dan kompleks yang
hanya dapat dimengerti oleh pengguna bahasa tersebut. Jadi, keunikan dan
kekompleksan bahasa ini harus dipelajari dan dipahami agar komunikasi lebih
baik dan efektif dengan memperoleh nilai empati dan simpati dari orang lain.[12]
4. Kesenian
Kesenian mengacu pada nilai keindahan
(estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia terhadap keindahan yang
dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa
tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana
hingga perwujudan kesenian yang kompleks.
5. Sistem
mata pencarian
Perhatian para antropolog masa awal pada
sistem mata pencaharian ini terfokus pada masalah mata pencaharian tradisional,
diantaranya, berburu dan meramu, beternak, bercocok tanam di ladang, dan
menangkap ikan.
6. Sistem
teknologi dan peralatan
Teknologi merupakan salah satu
komponen kebudayaan. Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi,
memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul
dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat dan mengekspresikan rasa
keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian. Masyarakat kecil yang
berpindah-pindah atau masyarakat perdesaan yang hidup dari pertanian paling
sedikit mengenal delapan macam teknologi tradisional (disebut juga sistem
peralatan dan unsur kebudayaan fisik), yaitu senjata, wadah, alat-alat
menyalakan api, makanan, pakaian, tempat berlindung dan perumahan, alat-alat
transportasi.
Pengaruh
beberapa unsur kebudayaan tersebut pada makna untuk persepsi terutama pada
aspek individual dan subjektifnya. Dalam pandangan budaya, suatu objek atau
peristiwa sosial yang sama dan memberikan makna objektif yang sama, tetapi
makna individualnya mungkin akan berbeda. Misalnya orang Amerika dengan Arab
sepakat menyatakan seseorang wanita berdasarkan wujud fisiknya. Tetapi
kemungkinan besar keduanya akan berbeda pendapat tentang bagaimana wanita itu
dalam makna sosialnya. Orang Amerika memandang nilai kesetaraan antara pria
dengan wanita, sementara orang Arab memendang wanita cenderung menekankan
wanita sebagai ibu rumah tangga.[13]
Contoh
Studi Kasus: Pada suatu ketika di jalan
raya, terjadi perselisihan antara seseorang yang suku jawa dengan seorang sopir
angkot yang berasal dari daerah tapanuli (batak). Permasalahan yang terjadi antara
keduanya yakni senggol-menyenggol kendaraan di tengah kemacetan. Karena tidak
ada polisi dan kedua belah pihak tetap pada pendiriannya, mereka sepakat menuju
kantor polisi terdekat. Ketika si sopir yang bersuku batak berbicara
meledak-ledak, sang sopir di tegur oleh pak polisi agar berbicara lebih santun
dan tenang.
Dengan
sekonyong-konyong ia berbicara: “Saya orang Batak, saya tidak bisa berbicara
halus seperti dia (sambil menunjuk ke arah orang yang bersuku jawa). Kami orang
batak kalau bicara lantang dan terus terang tetapi jujur, tidak seperti orang
Jawa yang bicara tidak jujur, berputar-putar dan berbelit-belit”. Untuk orang
batak yang baik adalah berbicara langsung, terbuka dan terus terang karena
disitu nilai kejujuran dan keterbukaan dijunjung. Namun bagi orang jawa, hal
itu tidak sopan, kalau berbicara sebaiknya harus santun.
Nilai
Kebaikan untukseseorang yang bersuku jawa adalah sopan santun, bicara halus
dengan tutur kata yang baik dianggap keburukan bagi si sopir batak karena
dianggap berputar-putar, berbelit-belit dan tidak jujur. Begitu juga sebaliknya,
bagi orang yang bersuku jawa, sopir bersuku batak tersebut dianggap tidak sopan
karena telah berbicara dengan keras dan dianggap tidak santun. Ini adalah
penggambaran yang sangat jelas bagaimana budaya jawa dan budaya batak
berpengaruh pada proses komunikasi mereka. Dengan 2 budaya yang berbeda
disertai juga dengan karakteristik yang berbeda, hal ini akan jelas berpengaruh
pada cara mereka berkomunikasi.[14]
Budaya tidak berhenti pada satu titik,
tetapi berproses sepanjang waktu, sebagaimana progresivitas akal budi
(intelektual) manusia. Kajian komunikasi lintas budaya tak dapat dilepaskan
dari kebudayaan sebab dalam komunikasi lintas budaya para peserta komunikasi
dihadapkan dengan masalah perbedaan budaya. Pada umumnya, perbedaan budaya yang
paling menonjol meliputi perbedaan ras, nilai dan norma, sistem religi, serta
tradisi. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Ras
Membicarakan masalah ras adalah
membicarakan perbedaan warna kulit, bentuk muka, dan tubuh. Pengetahuan tentang
hal ini akan memengaruhi seseorang dalam tindak komunikasi. Perbedaan rasial
merupakan perbedaan keturunan atau ras yang secara fisik membedakan antara
orang yang satu dan orang lain. Dan setiap ras memiliki budayanya sendiri yang
berbeda satu sama lain.
Kita
juga mengenal budaya dan ras, bahwa ras-ras tertentu mempunyai sifat yang sama.
Orang hitam umumnya suku bangsa yang selalu riang gembira suka bernyanyi dan
terkadang dikatakan jorok dan kotor. Orang kulit kuning keturunan cina dan
jepang dikatakan manusia pekerja keras terkadang pelit. Perilaku itu dinamakan
perilaku ras, meskipun itu hanya merupakan perilaku rata-rata.[15]
2. Nilai
dan Norma
Menurut Peoples dan Biley, nilai
merupakan “kritik atas pemeliharaan budaya secara keseluruhan karena hal ini
mewakili kualitas yang dipercayai orang yang penting untuk kelanjutan hidup
meraka.” Hubungan antara nilai dan budaya begitu kuat, sehingga sulit untuk
membahas yang satu tanpa menyinggung yang lain. Seperti yang ditulis oleh
Macionis, nilai adalah “standar keinginan, kebaikan, dan keindahan yang
diartikan dari budaya yang berfungsi sebagai petunjuk dalam kehidupan sosial.”
Nilai-nilai berguna untuk menentukan bagaimana seseorang bertingkah laku. Untuk
sejumlah nilai budaya yang berbeda, seseorang dapat mengharapkan peserta dalam
komunikasi antarbudaya ini akan cenderung untuk memperlihatkan dan
mengantisipasi tingkah laku yang berbeda dalam kesempatan yang sama. Misalnya,
semua budaya memberikan penghormatan terhadap yang lebih tua, kekuatan nilai
ini terkadang sangat berbeda dari satu budaya ke budaya yang lain.
Budaya setiap bangsa mempunyai ciri
khas tertentu, unik dan lokal. Setiap budaya mempunyai cara dan kebiasaan,
kepercayaan dan keyakinan yang diambil dari norma, serta nilai yang berkembang
di tengah masyarakatnya.
Sesuatu
percakapan dapat dianggap kasar, misalkan dengan memanggil seseorang dalam
sebuah nama “si boncel” yang berarti sebuah sarkastik (ejekan). Boleh saja hal
itu bermaksud untuk membangun suasana yang akrab/humoris, tetapi bagi sebagian
orang hal itu terlihat seperti “biadab” atau tidak memiliki tata krama. Bahkan
penyebutan “si” pada panggilan “si Andi” bagi orang Sunda dianggap sebagai
panggilan yang kasar atau tidak terhormat. Sesuatu yang memunculkan sebuah
pelanggaran dari kebiasaan yang baik disebut “tabu” dan setiap budaya memiliki
adab-adab yang dilarang untuk diucapkan yang mungkin pada budaya anda hal itu
biasa saja. Orang Batak versus Orang Jawa atau Sunda, nada suara yang tinggi
dapat dianggap sebagai orang yang berbicara kasar dan tidak menghormati.[16]
3. Sistem
Religi
Setiap masyarakat mempunyai sistem
religi, yakni adanya kepercayaan manusia terhadap keberadaban kekuatan yang
lebih tinggi, mahakuasa, dan gaib kedudukannya.Praktik dalam ritual keagamaan
diwujudkan dalam bentuk yang khas, seperti berdoa, sembahyang, bersemedi,
berpuasa, berzikir dan lain sebagainya.
Sebagai akar kata dari religion,
unsur religi merupakan salah satu unsur universal dari kebudayaan.
Karakteristik utama religi adalah kepercayaan pada makhluk dan kekuatan
supranatural. Masyarakat di dunia memiliki beragam konsepsi tentang makhluk
supranatural, tetapi dapat diklasifikasikan atas tiga kategori, yaitu
dewa-dewi, arwah leluhur, dan makhluk supranatural lain/bukan manusia.
Makhluk-makhluk supranatural itu dianggap menguasai dunia atau bagian tertentu
dari dunia.
Sebagian
kepercayaan tergolong agama samawi. Tiga agama besar, Yahudi, Kristen, dan
Islam, dikelompokkan sebagai agama Samawi atau agama Abrahamik. Ketiga agama tersebut
memiliki sejumlah tradisi yang sama, sekaligus perbedaan mendasar dalam inti
ajarannya. Ketiganya telah memberikan pengaruh yang besar dalam kebudayaan
manusia di berbagai belahan dunia.
4. Tradisi
Tradisi merupakan adat kebiasaan
yang diproduksi oleh suatu masyarakat berupa aturan atau kaidah sosial yang
biasanya tidak tertulis, tetapi dipatuhi, berupa petunjuk perilaku yang
dipertahankan secara turun temurun.[17]
Tradisi
budaya suku tertentu biasa dikenal juga dengan kepercayaan seperti penyembahan
terhadap barang, pohon, batu, dan sebagainya. Kepercayaan terhadap hal tersebut
atau sesuatu khususnya tentang perbuatan yang tidak boleh dilakukan dalam
keadaan tertentu biasa disebut mitos. Misalkan, ibu hamil tidak boleh makan
nenas, pisang atau buah-buahan lainnya karena akan berbahaya bagi si bayi.
Terkadang mitos-mitos atau pantangan seperti itu bila di tempat lain hal itu
malah dianjurkan atau berdasarkan studi kesehatan justru ibu hamil membutuhkan
banyak vitamin dan gizi yang didapat dari makanan-makanan tersebut. Namun,
mitos atau pantangan tersebut sangat dipatuhi oleh masyarakat pada suku atau
sub suku tertentu.[18]
G. Fungsi
Dasar dari Budaya
Inti penting dari budaya adalah
pandangan yang bertujuan untuk mempermudah hidup dengan “mengajarkan“ orang-orang
bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungannya. Budaya berperan untuk
memperbaiki cara anggota kelompok suatu budaya beradaptasi dengan ekologi
tertentu dan hal ini melibatkan pengetahuan yang dibutuhkan orang supaya mereka
dapat berperan aktif dalam lingkungan sosialnya.” Sedangkan fungsi budaya
menurut Sowell, yakni budaya ada untuk melayani kebutuhan vital dan praktis
manusia, untuk membentuk masyarakat juga untuk memelihara spesies, menurunkan
pengetahuan dan pengalaman berharga ke generasi berikutnya, untuk menghemat
biaya dan bahaya dari proses pembelajaran semuanya mulai dari kesalahan kecil
selama proses coba-coba sampai kesalahan fatal.
Hal
yang juga penting adalah bahwa budaya memenuhi kebutuhan dasar seseorang dengan
menggambarkan dunia yang diramalkan di mana seseorang akan berdiri. Hal ini
memungkinkan seseorang untuk mengerti lingkungan sekitarnya. Seperti yang di
tuliskan Haviland, “Bagi manusia, budayalah yang mengatasi dan mengarahkan
perilaku.” Penulis Inggris mengungkapkan hal yang sama dengan lebih sederhana
200 tahun yang lalu, “Budaya membuat segala sesuatu jadi mudah”. Mudah, karena
budaya melindungi orang dari yang tidak diketahui dengan menawarkan mereka
suatu gambaran tentang semua aktivitas hidup. Walaupun mungkin orang dengan
budaya yang berbeda akan menyimpang dari gambaran ini, paling tidak mereka tahu
apa yang diharapkan budaya pada mereka.
H. Pola
Budaya
Pola
Budaya (cultural pattern) atau arketipe, dapat dideskripsikan sebagai “gambaran
yang sangat luas dari susunan dunia dan hubungan seseorang dengan susunan
tersebut. Maksudnya, hubungan seseorang dengan kebudayaan yang lebih besar
menjadi relevan ketika menginterprestasikan makna. Tindak tutur, episode
hubungan, dan naskah kehidupan dapat dipahami dalam level budaya. Hal ini
menjadi lebih penting ketika dua orang dari dua budaya yang berbeda berusaha
untuk memahami perkataan satu sama lain.
Judith
Martin dan Thomas Nakayama (2004) menyatakan bahwa budaya Amerika Serikat
mendorong adanya individualisme atau pandangan dimana kepentingan individu
didahulukan daripada kepentingan kelompok.
Individualism
berfokus pada kebebasan dan inisiatif. Budaya yang lain (seperti Kolombia,
Peru, dan Taiwan) menekankan kolektivisme (collectivism), atau pandangan dimana kepentingan kelompok harus didahulukan
daripada kepentingan pribadi. Kesulitan akan muncul ketika dua orang dari sudut
pandangan yang berbeda ini menginterprestasikan makna dari sudut pandang
mereka. Karenanya, budaya membutuhkan kesamaan makna dan nilai.[19]
I.
Hubungan Komunikasi Dengan Budaya
Komunikasi dan budaya tidak dapat
dipisahkan, karena komunikasi dan budaya adalah dua hal yang berbeda.
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan di antara para pelaku komunikasi
dengan tujuan untuk saling memahami satu sama lain. Sedangkan budaya dapat
dikatakan sebagai cara berperilaku suatu komunitas masyarakat secara
berkesinambungan. Namun demikian komunikasi dan budaya eksistensinya saling
berkaitan. Suatu budaya dapat dilestarikan dan diwariskan kepada generasi
penerus melalui proses komunikasi. Disini, komunikasi berfungsi sebagai alat
penyebaran tradisi dan nilai-nilai budaya. Komunikasi dan budaya adalah dua
entitas tak terpisahkan, sebagaimana yang dikatakan Edward T. Hall, bahwa
budaya adalah komunikasi dan komunikasi adalah budaya.
Dalam komunikasi lintas budaya terjadi
pertukaran antara satu budaya dan budaya lainnya. Titik tekan budaya dalam
konteks komunikasi lintas budaya lebih banyak berkaitan dengan aspek-aspek
budaya immaterial, seperti bahasa, tradisi, kebiasaan, adat istiadat, norma,
serta nilai moral, etika, gagasan, religi, kesenian, kepercayaan, dan
sebagainya.
Dalam
hal ini, bisa diperhatikan bagaimana cara orang Jawa, Sunda, Batak, Minang,
Bali berbicara dan berinteraksi. Cara orang Sunda berkomunikasi berbeda dengan
orang Batak, Betawi, Jawa, Bali, dan sebagainya. Perbedaan tersebut terdapat
berupa logat, tata cara, perilaku nonverbal, atau simbol-simbol yang digunakan.
Orang jawa yang berada di bandung akan menemukan banyak halberbeda tentang cara
dan kebiasaan berperilaku, logat bicara, bahasa, sikap, dan nilai-nilai yang
dianut orang sunda. Agar komunikasi yang dibangun oleh orang-orang yang berbeda
budaya ingin berjalan dengan baik, pemahaman budaya satu sama lain adalah
sebuah keharusan.
Contohnya
yakni misalnya tentang pernikahan beda budaya. Pernikahan antara orang Batak
dengan orang Sunda, dimana orang Batak itu terkenal dengan bahasa dan intonasi
nadanya yang keras, tegas, dan lantang, sedangkan orang Sunda, terkenal dengan
bahasa dan intonasi nadanya yang halus, lemah lembut. Seharusnya sebelum
menikah mereka terlebih dahulu mengetahui seperti apa adat, kebiasaan dan
komunikasi jika kita sedang berkomunikasi dengan orang yang berbeda budaya
dengan kita. Di dalam keluarga yang terbentuk dengan kebudayaan yang berbeda
haruslah terjalin komunikasi yang baik, dan harus bias memahami kebudayaan
masing-massing pasangannya. Contohnya jika suami (orang Batak) berbicara kepada
istrinya (orang sunda) dengan nada tegas dan lantang, maka istri harus bias
memahami bahwa suami bukan sedang marah kepadanya, melainkan memang khas orang
Batak bersuara seperti itu. Harus bersikap mengayomi pasangan dengan antar
kebudayaan yang mereka anut, memahami
karakter pasangannya yang berbeda budaya, baik pasangan maupun keluarganya.
Terbentuknya sebuah kebudayaan baru di dalam keluarga tersebut sehingga terjadi
komunikasi yang efektif dan mendukung satu sama lain antara pasangan yang
berbeda budaya itu, sehingga tidak diragukan lagi bagaimana mereka
berkomunikasi satu dengan yang lainnya. [20]
J. Problematika
Kebudayaan Indonesia
Menelusuri permasalahan kebudayaan di
Indonesia, akan ditemukan sebuah fenomena yang biasa dihadapi, yaitu kerendahan
diri masyarakat Indonesia terhadap kebudayaannya sendiri. Kerendahan diri ini
muncul dari hubungan antara kebudayaan barat dengan kebudayaan daerah di
Indonesia. Barat yang sering diposisikan sebagai pihak superior dan kebudayaan
daerah di Indonesia sebagai pihak inferior.
Problem
kebudayaan saat ini antara lain, terjadinya pemahaman budaya yang cenderung keliru.
Hal tersebut akibat miskomunikasi budaya antargenerasi yang terus menerus
terjadi. Padahal, sebagai sistem gagasan yang terdiri dari nilai-nilai, norma
dan aturan, kebudayaan harus dilihat dalam tiga aspek sekaligus, masing-masing
proses pembelajaran, konteks, dan pelaku pendukung kebudayaan. Ketiga aspek
tersebut dapat menentukan seberapa besar dan kuat peran kebudayaan dalam
membangun kehidupan lebih baik.[21]
K.
Memahami
Perbedaan-Perbedaan Budaya
Budaya adalah gaya hidup unik suatu kelompok
manusia tertentu. Budaya bukanlah sesuatu yang dimiliki oleh sebagian orang dan
tidak dimiliki oleh sebagian orang yang lainnya, budaya dimiliki oleh seluruh
manusia dan dengan demikian seharusnya budaya menjadi salah satu faktor
pemersatu. Pada dasarnya manusia-manusia menciptakan budaya atau lingkungan
sosial mereka sebagai suatu adaptasi terhadap lingkungan fisik dan biologis
mereka. Individu-individu sangat cenderung menerima dan mempercayai apa yang
dikatakan budaya mereka. Mereka dipengaruhi oleh adat dan pengetahuan
masyarakat dimana mereka tinggal dan dibesarkan, terlepas dari bagaimana
validitas objektif masukan dan penanaman budaya ini pada dirinya.
Individu-individu itu cenderung mengabaikan atau menolak apa yang bertentangan
dengan “kebenaran” kultural atau bertentangan dengan
kepercayaan-kepercayaannya. Inilah yang seringkali merupakan landasan bagi
prasangka yang tumbuh diantara anggota-anggota kelompok lain, bagi penolakan
untuk berubah ketika gagasan-gagasan yang sudah mapan menghadapi tantangan.
Setiap budaya
memberi identitas kepada sekolompok orang tertentu sehingga jika kita ingin
lebih mudah memahami perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam msaing-masing
budaya tersebut paling tidak kita harus mampu untuk mengidentifikasi identitas
dari masing-masing budaya tersebut yang antara lain terlihat pada:
1. Komunikasi dan Bahasa Sistem
komunikasi
Verbal maupun Nonverbal, membedakan suatu
kelompok dari kelompok lainnya. Terdapat banyak sekali bahasa verbal diseluruh
dunia ini demikian pula bahasa nonverbal, meskipun bahasa tubuh (nonverbal)
sering dianggap bersifat universal namun perwujudannya sering berbeda secara
lokal.
2. Pakaian dan Penampilan
Pakaian dan penampilan ini meliputi pakaian
dan dandanan luar juga dekorasi tubuh yang cenderung berbeda secara kultural.
3. Makanan dan Kebiasaan Makan
Cara memilih,
menyiapkan, menyajikan dan memakan makanan sering berbeda antara budaya yang
satu dengan budaya yang lainnya. Subkultur-subkultur juga dapat dianalisis dari
perspektif ini, seperti ruang makan eksekutif, asrama tentara, ruang minum teh
wanita, dan restoran vegetarian.
4. Penghargaan dan Pengakuan
Cara untuk
mengamati suatu budaya adalah dengan memperhatikan cara dan metode memberikan
pujian bagi perbuatan-perbuatan baik dan berani, lama pengabdian atau
bentuk-bentuk lain penyelesaian tugas.
5. Nilai dan Norma
Berdasarkan
sistem nilai yang dianutnya, suatu budaya menentukan norma-norma perilaku bagi
masyarakat yang bersangkutan. Aturan ini bisa berkenaan dengan berbagai hal,
mulai dari etika kerja atau kesenangan hingga kepatuhan mutlak atau kebolehan
bagi anak-anak.
tempat seseorang secara persis,
sementara budaya-budaya lain lebih terbuka dan berubah.
6. Proses mental dan Belajar
Beberapa budaya menekankan aspek perkembangan
otak ketimbang aspek lainnya sehingga orang dapat mengamati perbedaan-perbedaan
yang mencolok dalam cara orang-orang berpikir dan belajar.
7. Kepercayaan dan Sikap
Semua budaya tampaknya mempunyai perhatian
terhadap hal-hal supernatural yang jelas dalam agama-agama dan praktek keagaman
atau kepercayaan mereka.[22]
L.
Sejarah Munculnya Kajian Budaya
Kajian
budaya pertama kali muncul di Inggris, pada tahun 1990-an, Universitas tua di
Inggris, telah melakukan penelitian di bawah Birmingham Centre for Contemperary
Culture studies. Konstribusinya antara lain membuat studi untuk mencari makna
ideologis dari bentuk kebudayaan yang ada. Melalui Birmingham Centre ini
beberapa ilmuan telah mempelopori pemakaian semiotika dalam cultutal studies.
Di
Eropa ada usaha untuk membangun kajian budaya sebagai disiplin ilmu tersendiri.
Kajian budaya berusaha mengeksplori hubungan antara bentuk-bentuk kekuasaan ini
dan berusaha mengembangkannya cara berfikir tentang kebudayaan dan kekuasaan
yang dapat dimanfaatkan oleh sejumlah agen dalam usaha melakukan perubahan. Di
Amerika berkembang kajian budaya dengan tema untuk mengkaji mass culture(budaya
massa) dan budaya pop. Dalam perkembangnya di Amerika Serikat, Australia,
Afrika dan Amerika Latin, kajian budaya mencari bentuknya sendiri.
Dalam
perkembangannya, kajian budaya juga muncul di Indonesia walaupun belum meluas
seperti di Eropa dan Amerika. Saat ini kajian budaya di Indonesia
telahdikembangkan di Universitas Udayana Denpasar, Universitas Indonesia
Jakarta dan di buka di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Hingga kina para
penggagas kajian budaya di Indonesia ingin agar pendekatan yang dipakai untuk
mendiagnosa fenomena budaya benar-benar menggunakan metode kritis.[23]
M.
Kaitan
Budaya Dan Simbol
Hubungan antara budaya dan simbol menjadi jelas ketika Ferraro menuliskan,
“simbol mengikat orang yang mungkin saja bukanlah bagian dari suatu kelompok
yang bersatu”. Portabilitas (sifat mudah dibawa) simbol memungkinkan orang
untuk membungkus, menyimpan, dan menyebarkannya. Pikiran, buku, gambar, film,
tulisan tentang agama, video, aksesori komputer dan sebagainya memungkinkan
suatu budaya melestarikan apa yang dianggap penting dan berharga untuk
diturunkan. Hal ini membuat setiap individu tanpa memandang generasinya mewarisi
sejumlah informasi yang sudah dikumpulkan dan dipertahankan sebagai antisipasi
ketika ia masuk dalam suatu budaya.
Simbol merupakan segala sesuatu yang mengandung makna khusus yang diketahui
oleh orang-orang yang menyebarkan budaya. Simbol budaya dapat dalam bentuk,
gerakan, pakaian, objek, bendera, ikon keagamaan, dan sebagainya.[24]
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Dunia
yang luas terdiri dari berbagai negara tentu saja memiliki beraneka ragam corak
budaya. Indonesia termasuk di dalamnya yang memberikan corak budya tersendiri.
Faktor geografis merupakan salah satu faktor mengapa Indonesia memiliki
beranekaragam budaya. Luas Indonesia yang sebagian besar adalah luas lautan
menjadikan wilayah Indonesia secara topografi terpisah menjadikan ciri khas
atau perbedaan budaya dari masing- masing daerah. Budaya antar wilayah
Indonesia berbeda melainkan tetap dalam satuan wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
Tidak
ada batasan antara budaya dan komunikasi, seperti yang dinyatakan Hall, “Budaya
adalah komunikasi,dan komunikasi adalah budaya”. Dengan kata lain ketika
membahas budaya dan komunikasi sulit untuk memutuskan mana yang menjadi suara
dan mana yang menjadi gemanya. Alasannya adalah karena anda “mempelajari”
budaya anda melalui komunikasi dan pada saat yang sama komunikasi merupakan refleksi
budaya anda. Ketika seseorang
berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang
berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
[1]Mohammad Shoelhi,Komunikasi Lintas Budaya, (Bandung:
Simbiosa Rektama Media, 2015), hlm.2.
[2]Ibid, hlm. 3-8.
[3]Ibid, hlm. 8-11.
[4]Ibid, hlm. 34-35.
[5] Ibid, hlm. 35.
[6] Ibid, hlm. 35-36.
[7]Larry A. Samovar, Richard E.
Porter. dan Edwin R. McDaniel, Communication
Between Cultures, (Jakarta: Penerbit Salemba Humanika, 2010), hlm. 27.
[8]Mohammad Shoelhi,Komunikasi Lintas Budaya, (Bandung:
Simbiosa Rektama Media, 2015), hlm.37.
[9]Ibid, hlm. 38.
[10]Alo liliweri, Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya,
(Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2007), hlm. 57-58.
[12]Alo liliweri, Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya,
(Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2007), hlm. 57.
[13] Ibid, hlm. 58.
[14] Ibid, hlm. 59.
[15] Ibid, hlm. 60.
[16]Larry A. Samovar, Richard E.
Porter. dan Edwin R. McDaniel, Communication
Between Cultures, (Jakarta: Penerbit Salemba Humanika, 2010), hlm. 30.
[17]Mohammad Shoelhi,Komunikasi Lintas Budaya, (Bandung:
Simbiosa Rektama Media, 2015), hlm.39.
[18] Ibid, hlm. 40.
[19] Richard West, Lynn H.Turner,Pengantar Teori Komunikasi, (Jakarta:
Penerbit Salemba Humanika, 2013), hlm.121-122.
[20] Ibid,hlm.34-40.
[21]Rusmin Tumanggor, Kholis
Ridho, dan Nurochim, Ilmu sosial dan Budaya dasar,(Jakarta;
Kencana, 2010), hlm.47-48.
[22] Ahmad Albastin, Ruang lingkup komunikasi lintas budaya, pada tanggal 08 Juli 2017
[23] Sutama Arybowo, Kajian Budaya Dalam Perspektif Filosofi, Hlm.212-213
[24] Erik Pandapotan Simalungun, Kajian Budaya dan Interaksi Simbolik,27
November 2015
26 Komentar:
Apakah Anda memerlukan bantuan dari BANDAR TOGEL 4D? Jangan khawatir, para ahli kami memberikan daftar bandar togel terpercaya yang dapat anda gunakan secara gratis.
Bandar togel 4d merupakan sebuah situs yang beroperasi menyediakan daftar agen bandar togel terpercaya yang dapat di gunakan sebagai acuan tempat bertaruh togel 4d.
Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai Toto Slot4D. Kami berkomitmen untuk menyediakan daftar bandar togel terpercaya kepada seluruh pecinta game togel, dan kami selalu melampaui harapan Anda.
Promo yang diberikan obor138 tidaklah kurang menarik dari yang lainnya dan pastinya itu sangat menarik kalian dengan modal yang kecil mendapatkan keuntungan yang besar tentunya.
obor138
asia 138 slot
obor 138
obor 138 slot
obor138 slot
obor138 slot login
obor 138 slot login
situs slot online
situs slot terpercaya 138
situs slot terbaik 138
slot online
slot online obor138
situs slot gacor obor138
slot gacor
obor138 link alternatif
obor 138 link alternatif
obor138 login
obor 138 login
obor138 daftar
daftar obor138
obor 138 daftar
daftar obor 138
situs judi
GASKEUN BRODIIII
Kemudahan yang didapatkan di obor 138 slot akan memberikan anda kesempatan untuk menang lebih besar. Banyaknya variasi game dari berbagai jenis provider yang menyediakan bocoran info mengenai kegacoran yang bisa anda temui di situs slot Obor 138 gacor. Dan tentunya game slot online gacor akan berubah tiap harinya. Pastikan bahwa anda menghubungi kami melalui livechat yang telah kami sediakan untuk memudahkan anda dalam mendapatkan info.
obor 138 slot
slot gacor obor 138
Agen slot obor 138
judi slot online
situs slot gacor
obor138 link alternatif
slot online
OBOR 138 SLOT mempunyai sistem keamanan yang rancangan keamanan tingkat tinggi, alhasil semua keamanan anda dalam main judi online bakal aman, dan informasi diri anda bakal terpelihara dengan cara ketat oleh teknologi enkripsi informasi. Anda pula bisa mendapatkan situs kami yang bisa ranking pada mesin pencarian Google sebab teruji keasliannya dengan ribuan member yang telah membuktikannya.
obor 138 slot
slot gacor obor 138
Agen slot obor 138
judi slot online
situs slot gacor
obor138 link alternatif
slot online
obor 138 slot gacot
Begitu banyak variasi jenis dan jumlah permainan slot gacor yang tersedia di situs judi online OBOR 138 slot untuk anda mainkan.
obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya
Di Obor 138 agen slot gacor selalu menyediakan permainan Fair to play, oleh karena itu anda tidak akan merasa tertipu oleh kami. Obor 138 slot juga tentunya sudah berlisensi Internasional jadi tentunya anda bisa bermain dengan enjoy dan senang pastinya. Kemenangan yang anda dapatkan dari taruhan - taruhan lakukan akan kami bayar 100% murni.
slot gacor obor 138
Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 slot gacor tentunya akan memberi sedikit tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Banyak trik yang perlu untuk anda ketahui sebelum melakukan taruhan dalam situs slot online ini.
slot online
Opsi provider game slot online terpercaya yang disediakan oleh situs website obor138 slot ialah provider dengan mutu terbaik dengan tampilan game yang bagus dan modern. Provider itu mencakup Microgaming, PG Soft, Spadegaming, Pragmatic Play, Habanero, Toptrend Gaming, Slot88, Playstar, Joker, CQ9, BBIN, BBP, BNG, serta yang lain-lain. Cuma dengan deposit 50.000 ribu rupiah serta sistem bisnis yang gampang memakai transfer Bank Indonesia ataupun dompet digital E-Wallet, anda bisa menikmati semua opsi game slot online dengan win rate besar ialah 98% serta pastinya sediakan beraneka ragam tambahan jackpot sensational dengan jaminan gampang claim.
obor 138 slot gacor
Bermain di situs judi slot online terpercaya seperti OBOR138 pastinya menjadi pilihan yang terbaik dalam mengisi waktu luang. Setiap daftar jenis provider judi slot online Internasional pasti mencoba untuk menghadirkan beragam permainan game slot terbaru serta terlengkap dan juga menarik dengan persentase RTP yang tinggi dibandingkan dengan provider situs lain.
obor 138 slot
Tentunya para penjudi yang bermain di situs slot online obor 138 untuk mendapatkan kemenangan. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh anda saat bermain di obor 138 slot.
Agen slot obor 138
Obor 138 Slot Gacor Terbaru Hari Ini terpercaya dengan bonus terbaik. jika anda bergabung jadi member bisa memperoleh bermacam- macam provit menarik. situs slot online terbaik memperkenalkan metode sistem deposit melalui e-wallet dan transfer bank yang memberi anda kemudahan dalam memainkan seluruh game dengan satu akun saja buat bermain game slot online. gabung sekarang supaya anda memperoleh banyak keuntungan, dengan bermain serta mengumpulkannya bisa membuat anda jadi kaya dalam waktu singkat
Persentasi winrate yang dipunyai oleh Slot Online Gacor bisa dikatakan rata-rata lebih besar dibandingkan judi slot online terbaik lainnya. anda akan lebih banyak untung besar apabila bergabung bersama Situs slot Obor 138 Terpercaya dan Gacor Rtp Tertinggi. anda pasti penasaran kan? Karena dengan anda memaikannya di situs slot terpercaya dan gacor, terdapat banyak jenis permainan slot gacor hari ini yang paling diminati bisa anda pilih untuk memainkannya.
Jangan sampai ketinggalan!!! ayo cepat gabung dan daftar diri anda sekarang juga agar anda tidak ketinggalan dengan penawaran segala bonafit deposit E-wallet, transfer bank mendapatkan bonus promo new member 100% untuk member baru ikut bergabung. segala provit dan bonus ataupun jakcpot terbesar bisa anda dapatkan dengan mudah di situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya.
Ada situs Obor 138 slot online gacor hari ini bisa anda jadikan sebagai waktu luang mencari cuan dalam bermain slot online. Dengan adanya berbagai pilihan game slot online maka dari itu obor138 tentunya dapat memberikan anda merasa lebih untung dalam pemilihan kecocokan game slot online yang sesuai dengan tipe permainan anda.
Situs slot Obor138 terbaik dan terpercaya telah terbukti memberikan provit lebih untuk member yang telah bergabung.saat ini telah menghadirkan jenis-jenis fasilitas terbaik untuk memberikan kenyamanan para pemain juga Sering membagikan kemenangan dan memberikan banyak bonus jackpot slot online terbesar yang di berikan oleh Situs Obor 138 Slot online Gacor Jackpot Terbesar. pastinya juga menawarkan beragam permainan bocoran slot gacor saat ini yang memudahan anda agar meraih kemenangan dengan taruhan yang cukup kecil mudah menang jackpot
agen slot obor 138
selaku situs judi slot online terpercaya dan gacor hari ini merupakan tempat yang disukai para bettor untuk bermain, Obor 138 slot online akan terus melakukan upgrade secara rutin untuk mempercepat akses website yang tentunya memiliki kualitas terbaik untuk para pecinta game judi slot gacor terbaik di indonesia.
obor 138 slot login
slot online obor 138
sistem keamanan yang dimiliki Obor 138 slot online terpercaya mempunyai program keamanan yang terbaik, maka itu semua keamanan serta kenyamanan anda dalam main judi slot online pasti aman, dan data diri anda bakal terpelihara dengan cara selektif oleh teknologi enkripsi informasi. anda juga bisa mengakses situs kami pada mesin pencarian Google karena telah teruji keasliannya dengan banyak member yang telah membuktikannya.
agen slot online
situs slot online
tidak perlu sangsi lagi terhadap tingkat kemanangan yang tinggi di situs obor 138. tentunya Obor 138 slot ini adalah situs slot online terbaik yang memberikan tingkat kemenangan tertinggi pada permainan slot online. kunjungi di link
agen slot obor 138
situs slot online
obor 138 slot
Obor138 Slot telah resmi telah meraih papan teratas dan sudah bisa dibilang sebagai situs judi slot online terpercaya di indonesia. dengan melalui rekomendasi yang sudah diberikan dan tentunya telah mendapatkan lisensi resmi PAGCOR, sehingga lebih mudah untuk bermain di situs slot online obor 138 terbaik dan terpercaya
obor138 slot
obor 138 slot login
Hanya situs Obor 138 slot online terpercaya yang mampu memenuhi keinginan anda semua. Tidak hanya terpercaya, betting dalam OBOR138 tergolong rendah loh! Jadi dapat dipastikan bahwa anda akan semakin nyaman dalam bermain game slot online.
obor 138 slot
slot gacor obor 138
Agen slot obor 138
OBOR138 merupakan situs judi slot online terpercaya, dimana OBOR138 menjadikan dirinya sebagai tempat perjudian terlengkap yang ada di Indonesia. Setiap hari ribuan orang telah mendaftarkan diri mereka untuk menjadi bagian dari situs SLOT OBOR 138 dalam mendapatkan uang tunai asli tiap harinya.
slot 138 online
obor 138 slot gacor
obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya
obor138 slot judi online terbaik dan terpercaya
Obor 138 Slot Slot secara official telah meraih peringkat teratas dan bisa disebut sebagai situs judi slot online terpercaya no. 1 di Indonesia. Dilalui dengan rekomendasi yang telah diberikan dan pastinya sudah berlisensi resmi PAGCOR, kini sudah sangat mudah untuk bermain di situs slot online terpopuler.
obor 138 slot
slot gacor obor 138
Agen slot obor 138
Obor 138 situs judi slot online terpercaya menyediakan permainan slot online terbaik dengan hadiah jackpot terbesar dan tingkat winrate tertinggi. bonus promo yang sudah pasti menarik!
obor 138 slot online terbaik
slot obor 138
Obor 138 situs slot online terbaik dan terpercaya di indonesia merupakan daftar situs slot gacor terbaik yang mudah untuk memenangkan jackpot yang sangat besar yang sudah dikenal sebagai bandar situs judi slot online terbaik dan terpercaya di indonesia. situs slot obor 138 juga menyediakan banyak permainan slot yang pastinya gacor yang mudah meraih kemenangan
situs slot obor 138
Obor 138 slot terpercaya di indonesia telah menyediakan Minimal deposit yang terjangkau untuk seluruh pemain hanya Rp.50.000 saja anda telah dapat memainkan permainan slot online dengan tingkat kemenangan besar bisa anda nikmati serta memperoleh banyak promo yang menarik ayo mainkan sekarang juga.
situs obor 138
obor 138 link alternatif
slot 138 online
Anda bisa melakukan googling terlebih dahulu mengenai situs apa saja yang direkomendasikan. Mestinya anda harus melihat situs judi online yang benar - benar bersih dan tanpa adanya rekam jejak kurang baik dan review bagus di internet seperti OBOR138.
obor 138
obor 138
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda