METOPEL
PENGARUH HARGA TIKET ONLINE
&
PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI
PESAWAT TERBANG LION AIR
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Industri penerbangan Indonesia
adalah industri yang berkembang, semakin cerdas, sadar harga, dan memiliki
persaingan yang kompetitif. Persaingan yang kompetitif ini dialami tidak hanya
dengan maskapai penerbangan domestik tetapi juga dengan maskapai enerbangan
internasional. Persaingan dengan maskapai penerbangan domestik yang semakin
marak tentu saja berdampak pada pencapaian operasional perusahaan.
Apalagi saat ini semakin banyak
maskapai penerbangan Indonesia berbiaya rendah yang menawarkan tiket dengan
harga murah dengan tujuan untuk merebut pangsa pasar yang lebih banyak di
masyarakat. Namun di sisi lain, dengan tarif yang murah tersebut sering
menurunkan kualitas pelayanan bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah
menyebabkan berkurangnya kualitas pemeliharaan pesawat sehingga rawan terhadap
keselamatan penerbangan dan akan berdampak kurang baik terhadap keamanan,
kenyamanan, keselamatan dan perlindungan konsumen Perusahaan jasa harus dapat
merancang strategi pemasaran yang tepat dalam mencapai tujuan perusahaan, salah
satu faktor yang mempengaruhi tahap-tahap dalam proses pembelian yang dilakukan
oleh konsumen adalah penetapan harga dan pelayanan yang dilakukan perusahaan
jasa transportasi.
Penetapan harga jasa berbeda dengan
harga barang dalam beberapa aspek seperti jasa tidak menghasilkan transfer
kepemilikan fisik, variabilitas input
dan output, heterogenitas jasa
membatasi pengetahuan konsumen tentang
harga jasa, dan lain lain Penetapan
harga yang tepat sesuai dengan pelayanan dan kinerja yang ditawarkan oleh
perusahaan dapat menciptakan kepuasan konsumen, konsumen yang merasa puas dapat
tercipta loyalitas konsumen.
Harga berperan penting secara makro
(bagi perekonomian secara umum) dan secara mikro (bagi konsumen dan
perusahaan). Bagi perekonomian, harga dapat mempengaruhi tingkat upah, sewa,
bunga, dan lain lain; bagi konsumen, harga dapat menjadi salah satu
pertimbangan dalam membuat keputusan pembelian sedangkan bagi perusahaan, harga
merupakan satu-satunya elemen bauran pemasaran yang mendatangkan pendapatan.
Data Penetapan Harga Tiket OnlineLion Air
No.Hari/TanggalWaktu
Harga
Kamis14/2/2013
15.00 Rp
301.000
17.00 Rp
494.700
Jumat 15/2/2013
11.00 Rp
300.700
17.00 Rp
455.900
Sabtu16/2/2013
06.00 Rp
300.700
08.00 Rp
378.300
Minggu17/2/2013
05.00 Rp
300.700
11.00 Rp
455.900
1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas mengungkapkan bahwa jumlah
penumpang penerbangan domestik, penjualan tiket pesawat secara online dan
penetapan harga tiket online pada dasarnya baik walaupun tidak serta merta
diikuti dengan kualitas pelayanan yang lebih maksimal dan justru mengalami
beberapa kendala dimana menimbulkan pengaruh negatif pada benak konsumen.
Kondisi semacam ini tentunya harus mendapatkan perhatian dan segera ditindak
lanjuti oleh pihak Lion Air dengan mengidentifikasi beberapa pertanyaan
penelitian sebagai berikut:
1. Adakah pengaruh harga tiket
online terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air?
2. Adakah pengaruh pelayanan
terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air ?
3. Adakah pengaruh harga tiket
online dan pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat
terbang Lion Air?
1.3. Tujuan Penelitian
Suatu penelitian dibentuk karena
adanya tujuan-tujuan tertentu untuk dicapai. Sehubungan dengan permasalahan di
atas maka adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut:
a.Untuk mengetahui pengaruh harga
tiket online terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion
Air.
b.Untuk mengetahui pengaruh
pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat terbang Lion Air
c.Untuk mengetahui pengaruh harga
tiket online dan pelayanan terhadap keputusan menggunakan transportasi pesawat
terbang Lion Air
1.4. Kegunaan Penelitian
1.Manfaat teoritis
a. Bagi Lion Air Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Lion
Air selaku perusahaan dalam jasa
penerbangan, mengenai pengaruh harga dan kualitas pelayanan bagi perusahaan,
sehingga dapat dijadikan sebagai masukan atau pertimbangan dalam mengembangkan
masukan yang lebih baik dimasa yang akan datang.
b. Bagi konsumen
Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan manfaat kepada konsumen agar lebih memperhatikan tentang harga dan
kualitas pelayanan saat menggunakan jasa penerbangan.
1.1.2. Manfaat praktis
a.Bagi peneliti Penelitian ini
bermanfaat untuk memperdalam dan mengaplikasikan teori pemasaran yang sudah
diperoleh, terutama dalam harga, pelayanan serta keputusan pembelian.
b.Bagi pembaca Bagi pembaca
diharapkan dapat memberikan informasi tambahan
mengenai harga dan pelayanan yang
berguna untuk menambah pemahaman mengenai keputusan pembelian.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda