EVALUASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK
Pertemuan :
3
|
LEMBAR KERJA 1
MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
|
SKS : 2
Kode :
|
|
Hari/ Tanggal :
kamis, 07 september 2017
|
Waktu : 10’
|
||
Materi : Hakekat Perkembangan
|
|||
Indikator Capaian : Mampu mendeskripsikan arti perkembangan,
ciri-ciri perkembangan, fase-fase perkembangan, dan teori perkembangan.
|
|||
Evaluasi Bab I
Soal :
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan perkembangan dan
jelaskan pula ciri-ciri dari perkembangan.
2.
Pililah 3 prinsip perkembangan dan jelaskan.
3.
Jelaskan pula tahap perkembangan berdasarkan analisis
didaktis, psikhologis dan analisis biologis.
4.
Amatilah lingkungan di sekitarmu, carilah ciri yang
menonjol dari perkembangan anak SMP dan ciri perkembangan yang menonjol dari
anak SMA sederajat.
Jawaban :
1.
Menurut Reni
Akbar Hawadi (2001), “perkembangan secara luas menunjukan pada keseluruhan
proses perubahan dari potensi yang dimiliki individu dan tampil dalam
kualitas kemampuan, sifat dan ciri-ciri yang baru. Di dalam istilah
perkembangan juga tercangkup konsep usia, yang diawali dari saat pembuahan
dan berakhir dengan kematian.”
Menurut F.J.
Monks, Dkk, (2001), pengertian perkembangan menunjuk pada “suatu proses
ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja diulang kembali.
Perkembangan menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat
diputar kembali.”
Kesimpulan umum yang dapat ditarik dari beberapa definisi di atas adalah
perkembangan tidak terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin
membesar, melainkan didalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang
berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap fungsi-fungsi jasmaniah
dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui
pertumbuhan, pemasakan, dan belajar.
Ciri-ciri daripada perkembangan yaitu berlangsung dari tahap aktivitas
yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi. Perkembangan itu bergerak secara
berangsur-angsur tetapi pasti, melalui suatu bentuk/tahap ke bentuk/tahap
berikutnya, yang kian hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan dan
berakhir dengan kematian.
2.
Tiga (3) prinsip perkembangan yang saya pilih dari
beberapa prinsip perkembangan, yaitu :
·
Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah
berhenti, artinya perkembangan berlangsung secara terus-menerus sejak masa
konsepsi sampai mencapai kematangan atau masa tua.
·
Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi, artinya
setiap aspek perkembangan individu baik secara fisik, emosi, intelegensi,
maupun sosial, satu sama lainnya saling mempengaruhi. Apabila seorang anak
dalam pertumbuhan fisiknya mengalami gangguan (sering sakit-sakitan), maka ia
akan mengalami kemandegan dalam perkembangan aspek lainnya, seperti
kecerdasan kurang berkembang dan mengalami kelabilan emosionalnya. Begitu
juga sebaliknya anak yang sehat akan mengalami perkembangan yang lancar.
·
Perkembangan mengikuti pola, artinya perkembangan ini
terjadi secara teratur mengikuti pola atau arah tertentu. Setiap tahap
perkembangan merupakan hasil perkembangan dari tahap sebelumnya yang
merupakan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya. Contohnya, untuk dapat
berjalan, seorang anak harus dapat berdiri terlebih dahulu dan berjalan
merupakan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya, yaitu berlari dan
meloncat.
3.
Tahap perkembangan bedasarkan analisis didaktis,
psikhologis dan analisis biologis :
·
Tahap perkembangan berdasarkan didaktis, yaitu tahap
pembagian waktu untuk mendidik, mengajar, dan menyajikan pengalaman belajar.
Agar peserta atau anak didik mudah memahami apa yang diberikan kepadanya.
Contohnya :
Tahap I : 0,0 sampai 2,0
tahun, usia asuhan
Tahap II : 2,0 sampai 12,0
tahun, masa pendidikan jasmani dan latihan
panca indera
Tahap III : 12,0 sampai 15,0
tahun, periode pendidikan akal
Tahap IV : 15,0 sampai 20,0
tahun, periode pendidikan watak dan
pendidikan
agama.
·
Tahap perkembangan berdasarkam psikhologis, tahapan ini
digunakan para ahli sebagai landasan dalam menganalisis tahap perkembangan,
mencari pengalaman-pengalaman psikologis mana yang khas bagi individu pada
umumnya dapat digunakan sebagai masa perpindahan dari fase yang satu ke fase
yang lain dalam perkembangannya. Pada umumnya individu mengalami masa-masa
kegoncangan. Apabila perkembangan itu dapat dilukiskan sebagai proses
evolusi, maka pada masa kegoncangan itu evolusi berubah menjadi revolusi.
Selama masa perkembangan, pada umumnya individu mengalami masa kegoncangan
dua kali, yaitu (a) pada kira-kira tahun ke tiga atau ke empat, dan (b) pada
permulaan masa pubertas.
·
Tahap perkembangan berdasarkan analisis biologis, yaitu
menentukan pembabakan itu berdasarkan keadaan atau proses pertumbuhan
tertentu. Contoh tahapan tersebut :
Tahap I : dari 0,0 sampai
7,0 tahun (masa anak kecil atau masa
bermain)
Tahap II : dari 7,0 sampai
14,0 tahun (masa anak, masa sekolah rendah)
Tahap III : dari 14,0 sampai
21,0 tahun (masa remaja, pubertas, masa
peralihan dan usia anak menjadi orang dewasa).
4.
Ciri yang menonjol dari perkembangan anak SMP dan ciri
perkembangan yang menonjol dari anak SMA sederajat, yaitu :
a.
Ciri yang menonjol dari perkembangan anak SMP, yaitu :
1)
Tejadinya ketidakseimbangan proporsi tinggi dan berat
badan
2)
Mulai timbulnya ciri-ciri seks sekunder
3)
Keinginan bebas dari dominasi kebutuhan bimbingan dan
bantuan dari orangtua
4)
Reaksi dan ekspresi emosi masih labil
5)
Kecenderungan minat dan pilihan karer relatif sudah
lebih jelas
b.
Ciri perkembangan yang menonjol dari anak SMA
sederajat, yaitu :
1)
Memberikan kesempatan kepada siswa umtuk menyalurkan
hobi dan minatnya melalui kegiatan-kegiatan yang positif
2)
Menerapkan pendekatan pembelajaran yang memperhatikan
perbedaan individual atau kelompok kecil.
3)
Meningkatkan kerja sama dengan orangtua dan masyarakat
umtuk mengembangkan potensi siswa
4)
Tampil menjadi teladan yang baik bagi siswa
5)
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar
bertanggung jawab.
|
|||
Nama :
|
Nilai :
|
||
NIM :
|
|||
Prodi/ Fakultas : Pendidikan Administrasi Perkantoran
|
Paraf Dosen:
|
||
Kelas : C
|
|||
Resume dari hasil presentasi minggu lalu mengenai
Hakekat Perkembangan :
Perkembangan merupakan
progresif dan berkesinambungan yang dialami individu dari lahir sampai akhir
hayatnya. Perkembangan mempunyai beberapa prinsip yaitu : (1) perkembangan
merupakan proses yang tidak pernah berhenti (never ending process), (2) semua
aspek perkembangan saling mempengaruhi, (3) perkembangan mengikuti pola,
(4) perkembangan terjadi pada tempo
yang berlainan, (5) setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas, (6) setiap
individu yang normal akan mengalami tahap/faseperkembangan, (7) prinsip
perkembangan.
Setiap individu akan mengikuti fase perkembangan sesuai
dengan tahap perkembangan yang dijalaninya. Pembagian fase perkembangan dapat
ditinjau dari analisis biologis yaitu menentukan fase perkembangan
berdasarkan keadaan atau proses pertumbuhan tertentu. Analisis didaktis
didasarkan pada apa yang dapat diberikan pada anak pada masa tertentu dan
bagaimana mengajar anak pada usia tertentu. Pembagian fase perkembangan
berdasarkan tinjauan psikhologis menjadi fase perkembangan berdasarkan
kegoncangan yang dialami individu pada masa peralihan dari satu fase
perkembangan ke fase perkembangan berikutnya. Kriteria dalam menentukan
fase-fase perkembangan individu dapat didasarkan pada (1) fase usia pra
sekolah, (2) fase usia sekalah dasar, (3) fase usia sekolah menengah, (4)
fase usia mahasiswa. Individu adalah suatu kesatuan totalitan yang artinya
antara fisik dan psikhis tidak dapat dipisahkan.
|
|
Nama :
|
Nilai :
|
NIM :
|
|
Prodi/Fakultas : Pendidikan Administrasi Perkantoran
|
Paraf Dosen
|
Kelas : C
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda