Kamis, 14 September 2017

EVALUASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Pertemuan :
3
LEMBAR KERJA 1

MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
SKS       : 2
Kode      :
Hari/ Tanggal :
kamis, 07 september 2017
Waktu   : 10’
Materi : Hakekat Perkembangan
Indikator Capaian : Mampu mendeskripsikan arti perkembangan, ciri-ciri perkembangan, fase-fase perkembangan, dan teori perkembangan.

Evaluasi Bab I
Soal :
1.        Jelaskan apa yang dimaksud dengan perkembangan dan jelaskan pula ciri-ciri dari perkembangan.
2.        Pililah 3 prinsip perkembangan dan jelaskan.
3.        Jelaskan pula tahap perkembangan berdasarkan analisis didaktis, psikhologis dan analisis biologis.
4.        Amatilah lingkungan di sekitarmu, carilah ciri yang menonjol dari perkembangan anak SMP dan ciri perkembangan yang menonjol dari anak SMA sederajat.

Jawaban :

1.        Menurut Reni Akbar Hawadi (2001), “perkembangan secara luas menunjukan pada keseluruhan proses perubahan dari potensi yang dimiliki individu dan tampil dalam kualitas kemampuan, sifat dan ciri-ciri yang baru. Di dalam istilah perkembangan juga tercangkup konsep usia, yang diawali dari saat pembuahan dan berakhir dengan kematian.”
Menurut F.J. Monks, Dkk, (2001), pengertian perkembangan menunjuk pada “suatu proses ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja diulang kembali. Perkembangan menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali.”
Kesimpulan umum yang dapat ditarik dari beberapa definisi di atas adalah perkembangan tidak terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan didalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pemasakan, dan belajar.
Ciri-ciri daripada perkembangan yaitu berlangsung dari tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi. Perkembangan itu bergerak secara berangsur-angsur tetapi pasti, melalui suatu bentuk/tahap ke bentuk/tahap berikutnya, yang kian hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian.
2.        Tiga (3) prinsip perkembangan yang saya pilih dari beberapa prinsip perkembangan, yaitu :
·           Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti, artinya perkembangan berlangsung secara terus-menerus sejak masa konsepsi sampai mencapai kematangan atau masa tua.
·           Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi, artinya setiap aspek perkembangan individu baik secara fisik, emosi, intelegensi, maupun sosial, satu sama lainnya saling mempengaruhi. Apabila seorang anak dalam pertumbuhan fisiknya mengalami gangguan (sering sakit-sakitan), maka ia akan mengalami kemandegan dalam perkembangan aspek lainnya, seperti kecerdasan kurang berkembang dan mengalami kelabilan emosionalnya. Begitu juga sebaliknya anak yang sehat akan mengalami perkembangan yang lancar.
·           Perkembangan mengikuti pola, artinya perkembangan ini terjadi secara teratur mengikuti pola atau arah tertentu. Setiap tahap perkembangan merupakan hasil perkembangan dari tahap sebelumnya yang merupakan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya. Contohnya, untuk dapat berjalan, seorang anak harus dapat berdiri terlebih dahulu dan berjalan merupakan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya, yaitu berlari dan meloncat.

3.        Tahap perkembangan bedasarkan analisis didaktis, psikhologis dan analisis biologis :
·           Tahap perkembangan berdasarkan didaktis, yaitu tahap pembagian waktu untuk mendidik, mengajar, dan menyajikan pengalaman belajar. Agar peserta atau anak didik mudah memahami apa yang diberikan kepadanya.
Contohnya :
Tahap I          : 0,0 sampai 2,0 tahun, usia asuhan
Tahap II        : 2,0 sampai 12,0 tahun, masa pendidikan jasmani dan latihan
  panca indera
Tahap III       : 12,0 sampai 15,0 tahun, periode pendidikan akal
Tahap IV       : 15,0 sampai 20,0 tahun, periode pendidikan watak dan
  pendidikan agama.
·           Tahap perkembangan berdasarkam psikhologis, tahapan ini digunakan para ahli sebagai landasan dalam menganalisis tahap perkembangan, mencari pengalaman-pengalaman psikologis mana yang khas bagi individu pada umumnya dapat digunakan sebagai masa perpindahan dari fase yang satu ke fase yang lain dalam perkembangannya. Pada umumnya individu mengalami masa-masa kegoncangan. Apabila perkembangan itu dapat dilukiskan sebagai proses evolusi, maka pada masa kegoncangan itu evolusi berubah menjadi revolusi. Selama masa perkembangan, pada umumnya individu mengalami masa kegoncangan dua kali, yaitu (a) pada kira-kira tahun ke tiga atau ke empat, dan (b) pada permulaan masa pubertas.
·           Tahap perkembangan berdasarkan analisis biologis, yaitu menentukan pembabakan itu berdasarkan keadaan atau proses pertumbuhan tertentu. Contoh tahapan tersebut :
Tahap I          : dari 0,0 sampai 7,0 tahun (masa anak kecil atau masa
bermain)
Tahap II        : dari 7,0 sampai 14,0 tahun (masa anak, masa sekolah rendah)
Tahap III       : dari 14,0 sampai 21,0 tahun (masa remaja, pubertas, masa
peralihan dan usia anak menjadi orang dewasa).

4.        Ciri yang menonjol dari perkembangan anak SMP dan ciri perkembangan yang menonjol dari anak SMA sederajat, yaitu :
a.         Ciri yang menonjol dari perkembangan anak SMP, yaitu :
1)        Tejadinya ketidakseimbangan proporsi tinggi dan berat badan
2)        Mulai timbulnya ciri-ciri seks sekunder
3)        Keinginan bebas dari dominasi kebutuhan bimbingan dan bantuan dari orangtua
4)        Reaksi dan ekspresi emosi masih labil
5)        Kecenderungan minat dan pilihan karer relatif sudah lebih jelas
b.         Ciri perkembangan yang menonjol dari anak SMA sederajat, yaitu :
1)      Memberikan kesempatan kepada siswa umtuk menyalurkan hobi dan minatnya melalui kegiatan-kegiatan yang positif
2)      Menerapkan pendekatan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individual atau kelompok kecil.
3)      Meningkatkan kerja sama dengan orangtua dan masyarakat umtuk mengembangkan potensi siswa
4)      Tampil menjadi teladan yang baik bagi siswa
5)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar bertanggung jawab.
Nama                    :
Nilai :
NIM                     :
Prodi/ Fakultas     : Pendidikan Administrasi Perkantoran
Paraf Dosen:
Kelas                    : C





Resume dari hasil presentasi minggu lalu mengenai Hakekat Perkembangan :
           
            Perkembangan merupakan progresif dan berkesinambungan yang dialami individu dari lahir sampai akhir hayatnya. Perkembangan mempunyai beberapa prinsip yaitu : (1) perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti (never ending process), (2) semua aspek perkembangan saling mempengaruhi, (3) perkembangan mengikuti pola, (4)  perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan, (5) setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas, (6) setiap individu yang normal akan mengalami tahap/faseperkembangan, (7) prinsip perkembangan.
Setiap individu akan mengikuti fase perkembangan sesuai dengan tahap perkembangan yang dijalaninya. Pembagian fase perkembangan dapat ditinjau dari analisis biologis yaitu menentukan fase perkembangan berdasarkan keadaan atau proses pertumbuhan tertentu. Analisis didaktis didasarkan pada apa yang dapat diberikan pada anak pada masa tertentu dan bagaimana mengajar anak pada usia tertentu. Pembagian fase perkembangan berdasarkan tinjauan psikhologis menjadi fase perkembangan berdasarkan kegoncangan yang dialami individu pada masa peralihan dari satu fase perkembangan ke fase perkembangan berikutnya. Kriteria dalam menentukan fase-fase perkembangan individu dapat didasarkan pada (1) fase usia pra sekolah, (2) fase usia sekalah dasar, (3) fase usia sekolah menengah, (4) fase usia mahasiswa. Individu adalah suatu kesatuan totalitan yang artinya antara fisik dan psikhis tidak dapat dipisahkan.

Nama                 :
Nilai :
NIM                   :
Prodi/Fakultas   : Pendidikan Administrasi Perkantoran
Paraf Dosen
Kelas                  : C

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda