Kamis, 14 September 2017

Perkembangan Peserta Didik



Nama         :
NIM           :
Kelas          : C
Jurusan       : Pendidikan Administrasi Perkantoran

Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan adalah perubahan yang progesif dan kontinyu (berkesimnambungan) dalam diri individu mulai lahir sampai mati. Pengertian lainnya yaitu :  Perubahan – perubhan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematis, progesif, dan berkesinambungan baik menyangkut fisik maupun psikis                                                                         
Ciri – ciri perkembangan secara umum mempunyai empat ciri yaitu terjadinya perubahan dalam,terjadinya perubahan dalam proporsi,lenyapnya tanda tanda yang lama,dan diperolehnya tanda tanda yang baru.

Prinsip prinsip perkembangan
1. Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti(Never Ending Process)
2. Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
3. Perkembangan mengikuti pola
4. Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan
5. Setiap fase perkembangan mempunyai cirri khas
6. Setiap individu yang normal akan mengalami tahap/fase perkembangan
7.Prinsip kematangan
Fase fase perkembangan
Fase perkembangan dapat diartikan sebagai penahapan atau pembabakan rentang perjalanan Kehidupan individu yang diwarnai ciri ciri khusus atau pola pola tingkah laku tertentu. Digolongkan menjadi tiga tahap yaitu:                                                                                                      a.Tahap perkembangan berdasarkan analisis biologis                                                                                        analisis biologis yaitu menetukan fase perkembangan berdasarkan keadaan atau proses       pertumbuhan tertentu.pentahapan ini didasarkan pada gejala dalam perkembangan fisik(jasmani) Yang ditandai dengan dibatasi oleh pergantian gigi dan mulai berfungsinya organ organ seksual.     b.Tahap perkembangan berdasarkan didaktis                                                                                            analisis didaktis anak pada usia tertentu.dari segi pendidikan harus diberikan bahan  (bahan pendidikan) yang sesuai dengan perkembangan anak didik,dan harus dipergunakan metode penyampaian yang sesuai dengan perkembangannya.                                                                          c.Tahap perkembangan berdasarkan psikologis                                                                                                analisis psikhologis membagi fase perkembangan berdasarkan kegoncangan yang dialami individu pada masa peralihan dari suatu fase perkembangan ke fase perkembangan berikutnya.
   Selama masa perkembangan individu mengalami kegoncangan dua kali yaitu (a) pada kira kira tahun ketiga dan keempat (b)pada permulaan masa pubertas.

 
   Kriteria pentahapan perkembangan
   Digambarkan melewati fase fase : masa usia prasekolah (dengan usia 0,0-6,0 tahun), masa usia sekolah dasar(dengan usia 6,0-12,0 tahun), masa usia sekolah menengah(dengan usia 12,0-18,0 tahun), masa usia mahasiswa(dengan usia 18,0-25,0 tahun).
   Individu adalah suatu kesatuan totalitan yang artinya antara fisik dan psikis tidak dapat dipisahkan.

  
  


                                                                        


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda