Perkembangan Peserta Didik
Nama :
NIM :
Kelas : C
Jurusan : Pendidikan Administrasi Perkantoran
Perkembangan Peserta Didik
Perkembangan
adalah perubahan yang progesif dan kontinyu
(berkesimnambungan) dalam diri individu mulai lahir sampai
mati. Pengertian lainnya yaitu : Perubahan – perubhan yang dialami
individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara
sistematis, progesif, dan berkesinambungan baik menyangkut fisik maupun psikis
Ciri – ciri
perkembangan secara umum mempunyai empat ciri yaitu
terjadinya perubahan dalam,terjadinya perubahan dalam proporsi,lenyapnya tanda
tanda yang lama,dan diperolehnya tanda tanda yang baru.
Prinsip prinsip
perkembangan
1. Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah
berhenti(Never Ending Process)
2. Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
3. Perkembangan mengikuti pola
4. Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan
5. Setiap fase perkembangan mempunyai cirri khas
6. Setiap individu yang normal akan mengalami
tahap/fase perkembangan
7.Prinsip kematangan
Fase
fase perkembangan
Fase
perkembangan dapat diartikan sebagai penahapan atau pembabakan rentang
perjalanan Kehidupan individu yang diwarnai ciri ciri khusus atau pola pola
tingkah laku tertentu. Digolongkan menjadi tiga tahap yaitu:
a.Tahap perkembangan berdasarkan analisis biologis
analisis biologis yaitu
menetukan fase perkembangan berdasarkan keadaan atau proses pertumbuhan tertentu.pentahapan ini
didasarkan pada gejala dalam perkembangan fisik(jasmani) Yang ditandai dengan
dibatasi oleh pergantian gigi dan mulai berfungsinya organ organ seksual. b.Tahap perkembangan berdasarkan
didaktis
analisis didaktis anak pada
usia tertentu.dari segi pendidikan harus diberikan bahan (bahan pendidikan) yang sesuai dengan
perkembangan anak didik,dan harus dipergunakan metode penyampaian yang sesuai
dengan perkembangannya. c.Tahap perkembangan
berdasarkan psikologis
analisis psikhologis membagi
fase perkembangan berdasarkan kegoncangan yang dialami individu pada masa
peralihan dari suatu fase perkembangan ke fase perkembangan berikutnya.
Selama masa perkembangan individu mengalami
kegoncangan dua kali yaitu (a) pada kira kira tahun ketiga dan keempat (b)pada
permulaan masa pubertas.
Kriteria pentahapan perkembangan
Digambarkan melewati fase fase : masa usia
prasekolah (dengan usia 0,0-6,0 tahun), masa usia sekolah dasar(dengan usia
6,0-12,0 tahun), masa usia sekolah menengah(dengan usia 12,0-18,0 tahun), masa
usia mahasiswa(dengan usia 18,0-25,0 tahun).
Individu adalah suatu kesatuan totalitan yang
artinya antara fisik dan psikis tidak dapat dipisahkan.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda