Bahan Ajar Kelas 6 Sem 1 Selamatkan Makhluk Hidup
BAHAN AJAR
Kelas/Sem : 6/1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 2 : Hewan Sahabatku
Pembelajaran:
: 2
Alokasi
Waktu : 1X
Pertemuan
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca dan menanya ) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan
yang
mencerminkan peri-laku
anak beriman dan berakhlak
mulia
|
SBdP
3.4
Memahami patung.
4.4 Membuat
patung.
§ Mengamati patung tanah liat.
§ Menuliskan beberapa rencana model patung.
§ Memilih model patung dan membuatnya.
1.
PkN
PANACASILA
Pahamilah lagi
kelima sila
Pancasila berikut.
1.
Ketuhanan yang Maha Esa
2.
Kemanusiaan yang adil
dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4.
Kerakyatan yang dipimpin
oleh hikmat kebijaksanaan
dalam permusyawaratan/perwakilan
5.
Keadilan sosial
bagi
seluruh rakyat Indonesia
Sila Keempat Pancasila (Nilai kerakyatan)
Pancasila sila keempat berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
dalam
permusyawaratan perwakilan" Adapun makna dan nilai lain yang terkandung dalam sila keempat
pancasila adalah sebagai
berikut:
· Rakyat
Indonesia merupakan warga negara yang memiliki
hak, kewajiban dan
kedudukan yang sama.
· Asas kekeluargaan
digunakan
untuk melakukan musyawarah serta mufakat.
· Mengutamakan segala kepentingan bersama dan kepentingan bangsa melebihi
kepentingan
diri sendiri dan golongan.
· Melakukan
musyawarah dalam
mengambil
keputusan
yang menyangkut
banyak
orang.
TUGAS
INDIVIDU
Kamu akan belajar
penerapan
sila keempat Pancasila.
Bacalah
teks berikut dalam hati.
Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung. Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana. Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaapeternakannya .apapun yang terjadi ,santi akan membela keluarganya agar perternakannya tetap beroprasi.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari
Pancasila. Diskusikan jawabanmu
bersama teman sekelas.
1. Apa pendapatmu tentang sikap Santi?
2. Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?
3. Apa yang sebaiknya Santi lakukan
dalam menghadapi masalahnya?
4. Apa yang sebaiknya penduduk
lakukan terhadap
keberadaan peternakan ayam?
Penerapan sila
keempat
dari sila
Pancasila sangat
penting dilakukan. Dalam
kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan
beberapa permasalahan dan akan teratasi saat sila
ke empat dijalankan.
TUGAS KELOMPOK
Berikut adalah
contoh pelaksanaan
sila keempat :
1.
tidak
memaksakan keinginan,
2.
bermusyawarah,
3. mengutamakan kepentingan orang banyak, dan
4. menjalankan keputusan yang telah
disepakati bersama.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan
sehari-hari yang sesuai dengan
nilai-nilai
Pancasila pada sila keempat.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
2. SBdP
Sebagai sahabat manusia, hewan banyak memberikan inspirasi dalam karya seni,
salah satunya adalah seni patung. Berikut adalah beberapa contoh patung yang
idenya
terinspirasi dari
hewan. Di pertemuan
sebelumnya, kamu sudah berlatih membentuk model
sederhana dengan bahan yang kamu miliki. Diskusikan patung yang telah kamu buat.
Tentukan apakah kamu akan melanjutkan patungmu atau
kamu akan
membuat model yang
berbeda. Mintalah
pendapat teman
dan
gurumu.
Setelah kamu menentukan model, buatlah patung ukuran kecil dengan teliti. Kamu
dapat
bertanya kepada gurumu apabila ada hal yang belum kamu
*****
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema
: Selamatkan Makhluk Hidup Kelas
6 (Buku
Tematik
Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan
dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema
: Selamatkan Makhluk Hidup Kelas
6 (Buku
Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan
dan Kebudayaan, 2018).
Tanah liat/lilin
malam/ plastisin.
Patung nusantara (apabila ada).
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda