Taksonomi Grafika Komputer
Taksonomi Grafika Komputer
Pengertian Taksonomi Grafika Komputer
Grafika komputer (bahasa Inggris: computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi dataGrafik Komputer,suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
MANFAAT GRAFIK KOMPUTER
Manfaat Grafik Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari : 1. Bidang hiburan. Seperti pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. 2. Bidang perancangan. Dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya. 3. Bidang pendidikan. Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
Manfaat Pengolahan Citra Dalam
Kehidupan Sehari-hari :
1. Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh. 2. Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain. 3. Bidang hiburan, Gambar gambar kartun, yang dibuat bisa bergerak.
Aplikasi grafika komputer
Grafika komputer dapat digunakan di
berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan
dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika
komputer:
·
Antarmuka
pengguna (Graphical User Interface - GUI)
·
Peta (Cartography)
·
Kesehatan
·
Perancangan
objek (Computer Aided Design - CAD)
·
Sistem
multimedia
·
Presentasi
grafik
·
Presentasi
saintifik
·
Pemrosesan
citra
·
Simulasi
Pengenalan Grafika Komputer:
Pada tahun 1950, MIT mengembangkan komputer Whirlwind dengan
tabung sinar katode Chatode Ray Tube (CRT). komputer ini mampu memaparkan
grafis pasif yang digunakan untuk bidang pertahanan. Pada era ini, banyak orang
yang menggunakan pena cahaya (light-pen). Light-pen adalah sebuah pensil yang
digunakan untuk memilih posisi, menunjuk suatu dan menggambarkan sesuatu pada
layer dengan penditeksi cahaya yang datang dari titik-titik layer.
Istilah “grafik komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William
Fetter yang membentuk desain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen
plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi (3D). Pada tahun 1961,
Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan
teknologi grafik komputer. Grafika komputer dirasakan semakin penting oleh para
ilmuan dan bidang industri, maka para ilmuan mulai memperbaiki kualitas desain
produksi menjadi lebih baik. Pada tahun 1972, muncul sebuah film pertama yang
menggunakan animasi komputer (Westworld) yang menunjukkan kemajuan akan grafik
komputer yang dilanjutkan dengan StarWars pada tahun 1977. Untuk pertama
kalinya yaitu pada tahun 1986 film hasil produksi grafik komputer dijadikan
sebagai nominasi dalam academy award: Luxo Jr. (Pixar) dan dilanjutkan dengan
diproduksinya film Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film animasi 3D
terpanjang pertama.
Pada akhir tahun 90-an, ditemukan sebuah teknologi
visualiasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic
rendering, image based rendering, path tracing dan photon maps. Kemudian
dilanjutkan dengan ditemukannya perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering pada tahun 2000 dan sekarang grafika komputer digunakan diberbagai
bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan hiburan.
Berdasarkan cara pandang pada layar :
Motion dynamic è objek bergerak, kita sbg pengamat (diam) atau sebaliknya.
ex : flight
simulator
Update dynamic è perubahan sifat pada objek (bentuk,warna).
ex : simulasi tabrakan mobil
Computer Aided Design (CAD)
Presentasi
Art
HIburan
Pendidikan dan Pelatihan
Visualisasi
GUI (Graphical User Interface)
Bagian Grafika Komputer:
- Geometri
Geometri berasal dari bahasa Yunani, geo yang berarti bumi dan metria yang berarti pengukuran, secara harafiah geometri berarti pengukuran tentang bumi yang merupakan cabang dari ilmu matematika yang mempelajari hubungan di dalam ruang.
- Animasi
Animasi berasal dari pengolahan gambar tangan pada kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dalam grafika komputer animasi mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan.
- Rendering
Rendering dalam grafika komputer mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya dan memproduksi citra yang lebih solid darimodel yang telah dibentuk.
- Citra (imaging)
Citra (imaging) dalam grafika komputer mempelajari tentang cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Contoh Implementasi Dari Grafik Komputer Dan Olah Citra Di Kehidupan Sehari-Hari
Grafik komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software yang tepat akan sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.
Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik.
Borland C++ Builder menyediakan beberapa algoritma untuk mempresentasikan objek agar terlihat lebih nyata.
Adapun perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang hiburan
misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
2.Bidang Pendidikan
grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
6.Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
Referens
- mirmayf.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../2+Grafik+Komp-Pendahuluan.pdf
- : http://safemode.web.id/artikel/design/pengertian-konsep-dan-tool-pendukung-grafik-komputer
- mirmayf.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../2+Grafik+Komp-Pendahuluan.pdf
- sma1kudus.sch.id/elearning/file.php/1/Tips_n.../02-grafika_komputer.pdf
- http://dataserverku.blogspot.com/2012/03/manfaat-grafika-komputer.html
- http://septianadhi93.blogspot.com/2013/09/manfaat-manfaat-yang-dihasilkan-dari.html
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda