Perkembangan Masa remaja
Bab 1
Pendahuluan
1.1 Latar belakang
Perkembangan pada dasarnya merupakan perubahan kualitatif sesuatu ,sehingga membuahkan hasi l atau manfaat bagi pihak lain dimana perkembangan pada anak
dari struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur
dapat di ramalkan sebagai hasil pematangan.
Masa remaja merupakan salah satu tahapan dalam kehidupan
manusia.Masa remaja sering disebut sebagai masa yang paling indah dan tidak
terlupakan karena penuh dengan kegembiraan dan tantangan.namun masa remajajuga
identik dengan kata pemberontakan dalam istilah psikologi sendiri disebut
sebagai masa storm and stress karena
banyaknya goncangan goncangan dan perubahan-perubahan yang cukup radikal dari masa sebelumnya.
Beberapa perkembangan yang terjadi pada masa remaja yaitu
,perkembangan fisik,intelektual,sosial,dan bahasa .Pada masa remaja remaja
penampilan anak berubah akibat dari peristiwayang hormonal,mereka mengambil
bentuk tubuh orang dewasa.Pikiran mereka juga berubah dengan artian merekalebuh
dapat berpikir abstrak dan hipotesis,perasaan mereka beribah hamper ke segala
hal,semua bidang cakupan perkembangan sebagai seorang remaja menghadapi tugas
utama mereka,membangun identitas termasuk identitas seksual yang akan mereka
bawa sampai masa dewasa.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apakah
yang dimaksud dengan remaja itu?
2.Bagaimana
pertumbuhan fisik pada remaja?
3.Apa saja factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik
pada remaja
4. Bagaimana dampak perkembangan fisik remaja
TUJUAN PEMBAHASAN
a.Bagaimana pertumbahan fisik pada
remaja?
b.Bagaimana perkembangan intelektual pada remaja?
c.Bagaimana perkembangan emosi remaja?
d.Bagaimana perkembangan bahasa remaja?
e.Bagaimana perkembangan bakat khusus remaja?
f.Dapat mengetahui pengertian masa remaja
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Pengertian masa remaja
Remaja d I defenisikan
sebaga i masa peralihan dar i masa
anak-anak menuju masa dewasa .Masa in i menunjukkan masa awal dari pubertas sampai tercapainya
masa kematangan,biasanya dimulai dari usia 14 pada pria dan usia 12 pada
wanita.Batasa remaja pada masa ini adalah usia 10 -19 tahun menurut klasifikasi
World Health Organization.
Kata remaja sendiri adalah kelompok minoritasyang punya warna
sendiri ,yang punya warna sendiri,dan sukar di jamah oleh orang tua.Kata remaja
bersal dari bahasa latin yaitu adolescerenyang berarti tumbuh atau tumbuh
menjadi dewasa Istilah adolescence mempunyai arti yang cukup luas :mencakup
kematangan mental,emosional,sosial,dan fisik.
B.Perkembangan fisik
Perkembangan fisik pada remaja
biasanya dimulai pada usia sekolah yaituSLTP dan SLTA,pada masa ini anak berada
pada masa remaja atau adolesen .Pada remaja ada beberapa tahap pertumbuhan
fisik remaja selama masa pertumbuhan remaja yaitu
a.
Perubahan eksternal
Yang dimaksud dengan perkembangan
fisik adalah perubahan pada tubuh, otak,kapasitas sensori,dan keterampilan
motorik.Perubahan pada tubuh di tandai dengan pertambahan tinggi dan berat
tubuh ,pertumbuhan tulang dan otot,serta kematangan organan seksual dan fungsi
reproduksi.
Tubuh remaj mulai beralih dari tubuh anak
anak menjadi tubuh orang dewasa yang cirinya adalah kematangan .Perubahan fisik
otak sehingga strukturnya makin sempurna meningkatkan kemampuan kognitif
b.Perubahn internal
Perubahan internal merupakan perubahan
yang terjadi di dalam diri organ tubuh remaja dan tdak tampak
dariluar.Perubahan ini nantinya akah sangat memegaruhikepribadian remaja
kepribadian remaja.Antara lain:
·
Pengaruh
keluarga
·
Pengaruh
gizi
·
Pengaruh
emosional
·
Jenis
kelamin
·
Stasus
sosial ekonomi
·
Kesehatan
·
Pengaruh
bentuk tubuh
·
C.
Perkembangan intelektual
Sejalan dengan perkembangan fisik yang cepat, berkembang
pula kemampuan berfikir intelektualnya .Kalau pada usia sekolah dasar ,kemampuan
berfikir anak masih berkenaan dengan hal-hal yang kongkrit atau berfikir
kongkrit.Pada remaja SLTP mulai berkembng kemampuan berfikir abstrak,remaj
mampu membayangkan apa yang akan di lakukan bila terjadi sesuatu peristiwa.
Berkembannya kemampuan berfikif operasional pada remaja di
tandai dengan 3 hal penting
1.
Anak mulai mampu melihat (berpikir tentang
kemungkinan kemungkinan
2.
Anak telah mampu berpikir ilmiah
3.
Remaja telah mampu memadukan ide-ide secara
logis
D.Perkembangan emosi
Pada masa ini seorang remaja mengalami
perkembagan yang pewsat mencapai kematangan fisik,sosial,dan emosi.Salah satu
perkembangan yang dialami oleh remaja adalah perkembnagan emosi ,secar
sederhana dapar dikatakan bahwa emosi adalah sesuatu keadaan kejiwaan yang
mewarnai tingkah laku
E. Perkembangan bakat khusus remaja
Diusia
remaja terdapat sesuatu yang di sebut dengan bakat .Bakat adalah kemampuan
alamiah yang dimiliki seseorang,baik yang bersifat umum Maupin yang bersifat
khusus.Misalnya ,bakat intelektual secara umum ,sedangkan bakat khusus misalnya bakat akademik
Agar dapat
mewujudkan bakat tersebutsecara optimal seorang re3maja memerlukan program
khusus sesuai dengan bakatnya yang biasa di sebut dengan berdiferensi
F. Perkembangan bahasa remaja
Bahasa remaja adalah bahasa yabf
telag berkembang ,ia telah banyyak brelajar dari lingkungan ,dan dengan
demikian bahasa remaja terbentuk dari kondisi lingkungan .Lingkungan remaja
menyangkut lingkungan krluarga
,masyarakat,dan khususnya pergaulan teman sebaya .
Pola bahasa
yang dimilikiadalah bahasa yang berkembang di di dalam keluarga atau bahasa itu
sendiri .Perkembagan bahsa remaja dilengkapi dan di perkaya dengantempat yang
mereka tinggali.Hal ini berarti pembentukan kepribadian yang di hasilkan dari
pergaulan masyarakat sekitar akan member
cirri khusus dalam perilaku bahasa.
BAB 3
PENUTUP
KESIMPULAN
Perkembangan fisik pada remaja di awali
dengan pubertas ,adalah masa kematangan yang sangat cepat yang meliputi aspek
hormonal dan perubahann fisik,mereka.Mereka juga berubah dengan artian mereka
lebih dapat berfikir secara abstrakdan hipotesis .Pikiran mereka berubah hamper
ke segala hal ,semua bidang cakupa perkembangan sebagai seorang remaja
menghadapi tugas utama mere3ka membangun identitas,termasuk identitas
seksual,perkembangan fisik,intelektual,sosial,dan bahasa,serta semua perubahan
itu akan mereka bawa sampai mereka dewasa .
SOAL
1. Defenisi guru
2. Tugas guru
3. Kompetensi guru
4. Tugas perkembangan
5. Peran pendidik terhadap tugas
perkembangan
JAWAB
1.Guru
adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik ,mengajar,membimbing,mengarahkan,melatih,menilai,dan
mengevaluasipeserta didik pada pendidikan formal ,pendidikan dasar,dan
pendidikan menengah
Peranan guru
sangat penting dlam dunis pendidikan karena selain berperan mentransfer ilmu
pengetahua ke peserta didik ,guru juga di tuntut memberikan pendidikan karakter
dan menjadi contoh nkarajter yang baik bagi anak didiknya
2 Guru sebagai pendidik
Guru sebagai pengajar
Guru sebagai fasilitator
Guru sebagai pelayan
Guru sebagai perancang
Guru sebagai pengelola
Guru sebagai penilai
3.kpmpetensi
pendagogik
kompetensi
professional
kompotensi sosial
kompetensi
profesional
4.tugas perkembangan merupakan suatu nntugas yang muncul pada
periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang apa bila tugas itu
dapat berhasil di tuntaskan akan membawa kebahagiaan ,sementara apabila gagal
akan menimbuilkan ketidak bahagiaan pada diri individu,menimbulkan penolakan di
masyarakat ,dan kesulitan mengerjakan tugas-tugas berikutnya
5 Guru wajib mengetahui pribadianak
Guru wajib mengenal lingkungan keluarga anak
Guru wajib membangun hubungan antara guru
dan murid
Guru bertanggung jawab terhadap perkembangan
anak
Guru hahkan harus dpat menjadi teman dekat
dan orang tua bagi muridnya serta bisa
memecahkan masalah bila terjadi sesuatu hal dan seorang guru juga
harusmengenal dan mengerti ,serta ikut mersakan masalah anak-anak
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda