Wednesday, August 21, 2019

CONTOK PKM


RINGKASAN
            Singkong adalah salah satu tanaman yang sangat cocok hidup diindonesia yang beriklim tropis dan kondisi tanah banyak mengandung humus yang dapat mengakibatkan tanaman tumbuh dengan subur. Tanaman singkong bisa dipanen setelah 6 bulan sesudah ditanam. Singkong kaya akan karbohidrat tetapi miskin akan protein. Melihat warga Indonesia yang konsumtif dan gemar menyantap makanan/cemilan cepat saji,makanan ringan menjadi salah satu makanan wajib yang harus disediakan dirumah sebagai cemilan untuk menonton tv dan belajar. Banyaknya usaha kecil dan menengah yang memproduksi makanan ringan/cemilan berbahan baku singkong seperti keripik singkong,gethuk,tape  dan lain-lain,yang telah menginspirasi kami lebih mengkreasikan lagi produk olahan dari bahan baku singkong yang murah dan sehat bagi masyarakat.
            Banyaknya kreatifitas yang dapat dibuat dari bahan baku singkong ini,kami membatasinya dengan membuat cemilan “Keripik Singkong Asam Manis”. Keripik singkong adalah cemilan berbahan dasar singkong yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain yang mengandung nilai gizi yang tinggi dan tentunya sehat untuk dikonsumsi masyarakat karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia dalam proses pengolahan keripik singkong. Bahan baku singkong akan kami beli langsung dari petaninya agar harnganya lebih murah dibandingkan dipasaran,selain harganya lebih murah membeli langsung dari petani dapat membantu perekonomian bagi para petani singkong. Untuk pertama proses pembuatannya kami akan membeli singkong kurang lebih 10 kg yang akan menghasilkan 500 bungkus kripik ukuran 250 gram dan akan kami jual 5000/bungkus. Bila usaha kripik singkong manis ini berkembang dengan pesat akan terbantunya mensejahterakan para petani singkong dan cemilan sehat untuk masyarakat.






BABI
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
                 Singkong adalah salah satu jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh diberbagai daerah yang ada diindonesia khususnya yang beriklim tropis. Singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baik menjadi makanan pokok seperti tuil maupun makanan ringan seperti keripik. Salah satu makanan berbahan baku singkong yang banyak digemari oleh kalangan remaja maupun orang tua adalah keripik singkong. Keripik singkong merupakan salah satu produk makanan ringan yang rasanya enak,harganya murah dan sehat untuk kita konsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia untuk pengolahannya.
                 Dengan itu kami sangat ingin membantu produsen dan konsumen dalam pengolahan keripik singkong ini. Oleh karena itu kami tertarik untuk menciptakan kreativitas yang dapat membuat para konsumen lebih sehat dalam mengonsumsi makanan ringan dan dapat mensejahterakan perekonomian para petani,kami terinspirasi untuk membuat “Keripik Singkong Asam Manis”. Keripik Singkong Asam Manis ini akan kami kemas dengan semenarik mungkin dan unik agar para konsumen tertarik untuk membelinya. Produk yang kami tawarkan ini adalah produk baru dan tentunya lebih lezat dan lebih sehat yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dibandingkan produk yang ditawarkan dipasaran. Produk Keripik Singkong Asam Manis yang kami tawarkan ini tidak hanya tampilan yang menarik tetapi harganya terjangkau dan sehat yang dapat dikonsumsi oleh kalangan anak-anak dan orang tua.

1.2 Perumusan Masalah
Dari uraian di atas timbul permasalahan yang menarik untuk dapat dikembangkan yaitu :
1)      Bagaimanakan usaha untuk mengkreasikan produk Keripik Singkong Asam Manis baru yang sehat dan lezat untuk dikonsumsi oleh kalangan anak-anak dan orang tua?
2)      Bagaimana metode pelaksanaan pengolahan Keripik Singkong Asam Manis?
3)      Bagaimanakah strategi pemasaran produk Keripik Singkong Asam Manis yang dapat mengembangkan dan memperkenalkan produk baru kami ini?
1.3 Tujuan
     Tujuan dari program kreatifitas makasiswa dalam bidang kewirausahaan (PKM-K) sebagai berikut:
1)      Meningkatkan program kreatifitas dalam bidang kewirausahaan bagi kalangan mahasiswa
2)      Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan menciptakan wirausaha yang baru dengan memanfaatkan hasil tanaman disekitar
3)      Menciptakan produk makanan ringan tanpa bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh
4)      Untuk mengetahui prospek usaha keripik singkong manis dilingkungan kampus dan tempat distribusi lainnya
5)      Membantu mensejahterakan perekonomian para petani
6)      Mengetahui dan menerapkan stategi pemasaran produk yang dapat mengembangkan dan memperkenalkan produk Keripik Singkong Asam Manis
1.4 Luaran
     Luaran yang diharapkan dalam program ini sebagai berikut :
1)      Terciptanya peluang usaha mandiri
2)      Meningkatkan karya kreatifitas inovatif mahasiswa
3)      Menciptakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi masyarakat
1.5 Kegunaan
     Kegunaan program kreatifitas ini adalah sebagai berikut:
1)      Meningkatkan inovatif mahasiswa untuk menciptakan peluang usaha sendiri
2)      Melatih mahasiswa dalam berwirausaha melalui usaha Keripik Singkong Asam Manis

BAB II
 GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1  Prospek Pengembangan Keripik Singkong Manis
                 Produk Keripik Singkong Asam Manis ini memiliki kandungan gizi yang tinggi yang bernutrisi,vitamin yang tinggi,karbohidrat yang tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Keripik singkon manis ini juga bisa memberikan peluang usaha mandiri yang menjanjikan karena bahan bakunya mudah diperoleh dan harganya cukup lumayan murah jika dibeli langsung dari petani singkong. Usaha keripik singkong ini memiliki peluang usaha yang tinggi,hal ini dikarenakan oleh:
1)      Keripik singkong sudah dikenal oleh banyak kalangan masyarakat baik dari anak anak hingga orang dewasa
2)      Bahan baku keripik singkong ini sangat mudah diperoleh dan harganya relative lebih murah jika dibeli langsung dari petani singkong dibanding dibeli dipasaran sehingga kebutuhan untuk memenuhi ketersediaan keripik singkong akan terpenuhi dengan cepat
3)      Dalam proses pengolahan keripik singkong asam manis ini tidak perlu dibutuhkan keahlian khusus
4)      Proses pembuatan keripik singkong asam manis ini tidak memerlukan biaya yang cukup besar tetapi mudah dan praktis
Untuk itu dengan adanya gagasan memproduksi keripik singkong diharapkan dapat menambah keanekaragaman cemilan yang sehat dan terciptanya peluang usaha yang baru khususnya mahasiswa.

2.2  Keunggulan Keripik Singkong Asam Manis
1)      Keripik singkong asam manis ini memiliki banyak nutrisi,karbohidrat tinggi,serta vitamin yang bagus bagi kesehatan tubuh karena bebas dari bahan kinia
2)      Bahan baku singkong dibeli langsung dari petani singkong dengan harga yang relative lebih murah dibanding yang dipasaran


2.3  Keterkaitan Dengan Produk Lain Termasuk Perolehan Bahan Baku
                 Keripik singkong asam manis ini memiliki bahan yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak berbahaya bagi tubuh selain itu perolehan bahan baku singkong dan tambahan perasa sangat mudah didapatkan.

2.4 Peluang Usaha
                 Keripik singkong asam manis ini memiliki peluang usaha yang tinggi dan menjamin baik bagi masyarakat maupun kalangan mahasiswa karena belum ada yang mendirikan usaha keripik singkong asam manis yang bebas dari bahan kimia.

2.5 Media Promosi yang Digunakan
                 Untuk memperoleh proses pemasaran atau promosi yang digunakan yaitu berupa memasang spanduk,memasang merek produk,dan jejaring sosial.

2.6 Strategi Pemasaran yang Akan Ditetapkan
                 Stategi pemasaran yang akan ditetapkan dalam usaha produk keripik singkong ini adalah sebagai berikut:
1.      Kebijakan Harga
            Harga yang diberikan kepada konsumen tidak terlalu mahal hanya 5000/bungkus sehingga para konsumen tidaklah kewalahan untuk membelinya.
2.      Kebijakan Promosi
            Untuk meningkatkan hasil penjualan keripik singkong asam manis yang maksimal harus dilakukan promosi terhadap produk seperti memasang spanduk,memasang merek produk keripik singkong asam manis,menyediakan pesanan online,serta media social.

2.7 Rencana Produksi Selama Lima Bulan
            Rencana produksi selama lima bulan adalah sebagai berikut:
a.       Satu minggu         = 150 bungkus
b.      Satu bulan            = 600 bungkus
c.       Lima bulan           = 3000 bungkus
Harga keripik singkong asam manis perbungkus adalah Rp 5000,00

2.8 Analisis Keuangan
Ø  Tabel 1  Pengeluaran
Alat
Jumlah Alat
Harga Barang
Jumlah
Baskom
5
100.000
500.000
Panci
4
75.000
300.000
Wajan
3
50.000
150.000
Alat Penggiling
3
150.000
450.000
Timbangan
2
100.000
200.000
Mesin Press
1
150.000
150.000
Alat Parutan
5
75.000
375.000
Centong
3
75.000
225.000
Kompor
2
150.000
300.000
Tabung Gas
3
50.000
150.000
Jumlah Pengeluaran


2.800.000

2.9 Biaya Operasional Per bulan
Ø  Tabel 2
No
Bahan
Jumlah Bahan
Harga Barang
Jumlah
1
Singkong
3 kg
4000
12.000
2
Daun Jeruk
10 gram
2000
6000
3
Garam
2 bks
20.000
40.000
4
Cuka
100 ml
6000
120.000
5
Minyak Goreng
5kg
13.000
65.000
6
Kertas Label
3 bks
3000
9000
7
Isi Ulang Gas
1
30.000
30.000
8
Beban Promosi


150.000

Jumlah Pengeluaran


432.000

a.       Analisis Pendapatan dan Keuangan
·         Produksi 1 Bulan         : 2000 bks
·         Produksi 2 Bulan         : 2000  2 = 4000 bks
Harga Kerepik Singkong Manis yang ditawarkan
 = Rp 5.000,00
·         Hasil Penjualan Selama 2 Bulan : Rp 5.000 4000
                                                               =  Rp 20.000.000,00
·         Total Biaya Operasional selama 2 Bulan
Rp 3.232.000 2 = Rp 6.464.000,00
·         Keuntungan Tiap 2 bulan
Rp 20.000.000 - Rp 6.464.000 = Rp 13.536.000

           














BAB III
 METODE PELAKSANAAN
                 Lokasi usaha untuk melaksanakan program usaha keripik singkong asam manis sangat fleksibel,lokasi awal  akan dilaksanakan diarea kampus dan sekitarnya dan setelah itu kami akan memilih lokasi yang ramai dikunjungi orang orang seperti tempat hiburan,pasar dan bazar-bazar. Metode pelaksanaan program keripik singkong asam manis yaitu proses pembuatan keripik singkong asam manis yang terdiri dari dua tahap yaitu persiapan alat dan bahan dan proses pembuatan keripik dengan mencetak,setelah itu masuk ke tahap pengemasan.
3.1  Proses Pembuatan Keripik
1)      Persiapan Alat dan Bahan
            Sebelum memulai proses pembuatan keripik langkah awal yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Hal ini dilakukan agar dapat memperlancar proses pembuatan keripik singkong manis sehingga dapat diolah dan proses pencetakan tidak rumit. Adapun tahap persiapan alat dan bahan meliputi:
1)      Persiapan Alat
Nama Alat
Jumlah Alat
Baskom
5
Panci
4
Wajan
3
Alat Penggiling
3
Timbangan
2
Mesin Press
1
Alat Parutan
5
Centong
3
Kompor
2
Tabung Gas
3



2)      Persiapan Bahan Baku
No
Bahan
Jumlah Bahan
1
Singkong
3 kg
2
Daun Jeruk
10 gram
3
Garam
2 bks
4
Cuka
100 ml
5
Minyak Goreng
5kg
6
Kertas Label
3 bks
7
Isi Ulang Gas
1


2)      Pembuatan Keripik Singkong Asam Manis
Ø  Terlebih dahulu kupas singkong dan bersihkan dari tanah dan kulit berwarna kecoklatan sampai benar-benar bersih sehingga nantinya didapatkan singkong yang berwarnah putih
Ø  Singkong tersebut dicuci dengan bersih
Ø  Singkong yang sudah bersih diparut dengan menggunakan parutan
Ø  Gorenglah singkong dalam minyak yang sudah dipanaskan
Ø  Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum
Ø  Masukkan gula pasir,garam,dan air
Ø  Aduk sampai kental dan berambut
Ø  Tambahkan cuka aduk dengan rata
Ø  Masukkan singkong goring lagu aduk dengan rata

3)    Pemasaran
          Untuk menunjang pemasaran yang maksimal akan digunakan beberapa salah yang salah satunya adalah mempromosikan barang Keripik Singkong Asam Manis kepada kalangan masyarakat agar lebih dikenal masyarakat dan menjadi pilihan ceilan yang sehat dirumah. Media promosi yang digunakan seperti memasang spanduk,memasang merek produk keripik singkong manis,menyediakan pesanan online,serta media social.

BAB IV
BIAYA

4.1 Anggaran Biaya

Tabel 4.1 Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K

No.
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp.)
1
Peralatan penunjang
Rp 2.800.000
2
Bahan habis pakai
Rp 432.000
3
Perjalanan
Rp 100.000
4
Lain-lain
Rp 500.000
Jumlah
Rp 3.832.000

















LAMPIRAN - LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Pengusul
A.Identitas Diri
Nama Lengkap
Teodora Tania Tampubolon
Jenis kelamin
Perempuan
Proram studi
Pendidikan Matematika
Nim
4181111022
Tempat dan Tanggal Lahir
Perawang,07 Agustus 2000
Nomor Telepon/HP
082273090317

B. Riwayat Pendidikan 

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 176496
Lumban Gukguk
SMP N 1 Sipahutar
SMAN 1 Sipahutar
Jurusan


IPA
Tahun Masuk-Lulus
2006-2012
2012-2015
2015-2018

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.
. Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat





D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
No.
. Nama Penghargaan
Institute Pemberi Penghagaan
Tahun





Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-K. 


 Medan, 10 Juli 2019
Pengusul


  Teodora Tania T
     NIM : 4181111022

















LAMPIRAN 2 BIODATA ANGGOTA
A.Identitas Diri
Nama Lengkap
Angel Claudia Situmeang
Jenis kelamin
Perempuan
Proram studi
Pendidikan Matematika
Nim
4183111111
Tempat dan Tanggal Lahir
Sibolga,17 April 2001
Nomor Telepon/HP
082362569233

B. Riwayat Pendidikan 

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN MAKARTI NAULI
SMP SWASTA FATIMAH 1 SIBOLGA
SMAN 1 MATAULI PANDAN
Jurusan


IPA
Tahun Masuk-Lulus
2006-2012
2012-2015
2015-2018

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.
. Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat





D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
No.
. Nama Penghargaan
Institute Pemberi Penghagaan
Tahun





Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-K. 


 Medan,  10 Juli 2019
Anggota


 Angel Claudia S
     NIM : 4183111111



















LAMPIRAN 3 BIODATA ANGGOTA
A.Identitas Diri
Nama Lengkap
Angel Claudia Situmeang
Jenis kelamin
Perempuan
Proram studi
Pendidikan Matematika
Nim
4183111111
Tempat dan Tanggal Lahir
Sibolga,17 April 2001
Nomor Telepon/HP
082362569233

B. Riwayat Pendidikan 

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN MAKARTI NAULI
SMP SWASTA FATIMAH 1 SIBOLGA
SMAN 1 MATAULI PANDAN
Jurusan


IPA
Tahun Masuk-Lulus
2006-2012
2012-2015
2015-2018

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.
. Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat





D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
No.
. Nama Penghargaan
Institute Pemberi Penghagaan
Tahun





Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-K. 


 Medan,  10 Juli 2019
Anggota

Angel Claudia S
                                                                                              NIM : 4183111111





















SURAT PERNYATAAN PENGUSUL

Saya yang menandatangani Surat Pernyataan ini:  
Nama                 : Teodora Tania Tampubolon
NIM                  : 4181111022
Program Studi  : S1-PENDIDIKAN MATEMATIKA
 Fakultas            : MIPA
Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-K saya dengan judul: KERIPIK SINGKONG ASAM MANIS yang diusulkan untuk tahun anggaran 2019 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana  di  kemudian  hari  ditemukan  ketidaksesuaian  dengan  pernyataan  ini, maka  saya  bersedia  dituntut  dan  diproses  sesuai  dengan  ketentuan  yang  berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan  sebenar-benarnya.

                        Medan, 10 Juli 2019
                                                                                                       Pengusul,

                                                                                                    Teodora Tania T
                                                                                                             NIM : 4181111022



No comments:

Post a Comment

TUGAS MAHASISWA

Rollplay

Rollplay Berdasarkan Model Keperawatan Imogene M King “KOMUNIKASI ANTARA PERAWAT DENGAN IBU WINDA YANG MENGALAMI LUKA BAKAR TERMAL PADA BAG...