PENILAIAN Hewan Sahabatku
PENILAIAN
Satuan Pendidikan
: SDN 050775 P.SUSU
Mata Pelajaran : PPKn dan SBDP
Kelas/Semester : 6/1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub
Tema 2 : Hewan Sahabatku
Pembelajaran : 2
Bentuk Soal : Pilihan Berganda
Jumlah Soal
: 10
Bentuk Soal : Essay
Jumlah soal : 5
KISI-KISI SOAL
NO
|
MUATAN
PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
LEVEL
KOGNITIF
|
BENTUK
SOAL
|
BOBOT
SOAL
|
NO SOAL
|
|
1
|
PPKn
|
2.1
|
Bersikap
penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
Mendiskusikan permasalahan terkait sila keempat dan menemukan contoh sikap dalam kehidupan
sehari-hari
|
Peserta didik
dapat mengingat
nilai –nilai
yang terkandung dalam sial keempat pancasila
|
Mengingat (C1)
|
PG
ESSAY
|
1
4
|
3,4,5,6,7,8,10
5
|
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat memahami
nilai –nilai
yang terkandung dalam sial keempat pancasila
|
Memahami (2)
|
PG
ESSAY
|
1
4
|
1,2,9
1,2,3
|
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat menerapkan manakah
perilaku yang
sesuai nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
|
Mengaplikasikan(C3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat menganalisi manakah
perilaku yang
sesuai nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan
masyarakat
|
· Menganalisis
(C4)
|
ESSAY
|
4
|
3
|
2
|
SBDP
|
3.4
|
Memahami
patung
|
Membuat contoh
model patung
|
Peserta didik
dapat memahami pengertian pating
|
Mengingat
(C1)
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat membuat patung
|
Mengaplikasikan
(C3)
|
|
1
|
|
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA
JAWABAN YANG BENAR!
1.
Rudi merawat kucing peliharaannya dengan baik. Rudi menyadari bahwa kucing juga ciptaan Tuhan, jadi
dia
tidak berbuat semena-mena terhadap hewan miliknya. Rudi bersyukur telah memiliki kucing
peliharaan. Hal
yang dilakukan Rudi mencerminkan pancasila sila ....
a.Pertama
b.Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
2. Pak Jaya ingin mendirikan peternakan sapi di samping rumahnya. Sebagian warga menolak karena
khawatir akan menimbulkan polusi udara karena baunya. Pak Jaya bersikukuh tetap mendirikan peternakan sehingga warga menjadi cukup kesal. Sikap Pak Jaya tersebut tidak mencerminkan sila keempat Pancasila yaitu ....
a. Mengutamakan musyawarah
b. Berbuat adil terhadap rakyat
c. Mengedepankan kemajuan masyarakat
d. Berbuat dengan percaya diri
3. Ali, Bayu dan Karisma mengikuti lomba kicau burung di desanya. Ada banyak peserta yang ikut. Akhirnya lomba tersebut dimenangkan oleh Bayu, sikap Ali dan Karisma tetap
menghargai keputusan juri.
Begitupun juga dengan peserta lainnya. Mereka semua tetap rukun dan menerima hasil nilai yang diperoleh. Sikap para peserta itu dalam tetap
menjaga kerukunan merupakan cermin sila pancasila yang ....
a. Kelima
b. Keempat
c. Ketiga
d. Kedua
4. Negara yang punya julukan negeri gajah putih adalah negara ....
a. Malaysia
b. Thailan
c. Kamboja
d.Vietnam
5. Memelihara hewan ternak sebaiknya ....
a. Tidak mengganggu dan mencemari lingkungan
b. Tidak memperhatikan lingkungan alam
c. Memilih
hewan yang mahal-mahal saja
d. Berada
di
tengah desa agar aman
6. Dibawah ini yang tidak termasuk sikap mencerminkan nilai Pancasila
adalah
. . . a. selalu
membayar pajak tepat waktu
b. menolong teman
yang
sedang kesulitan
c. membantu teman saat ulangan
harian
d. meleraikan teman yang sedang berkelahi
7. Kepentingan yang harus diutamakan
adalah kepentingan… .
a.Pribadi
b.Bersama c.Keluarga
d.Golongan
8. Salah satu contoh karya
seni rupa
tiga dimensi adalah . .
. .
a. patung
b. lukisan foto
c.Meronce
d. Gambar
9. Dalam membuat patung biasanya
menggunakan tehnik.... a. Pahat
b. Lukis
c. Gambar
d. Meronce
10. Orang yang
menciptakan
patung disebut.... a. Pemulung
b. Peternak
c. Pelukis
d. pematung
KUNCI JAWABAN
1. A
2. A
3. C
4. B
5. A
6. C
7. B
8. A
9. A
10. D
Nilai = x 100
Contoh = x 10 = 80
ESAI
1.
Selalu bermusyawarah dan mengutamakan
kepentimgan banyak orang adalah bentuk cerminan pancasila sila ke. . . . .
2.
Sebutkan 3 contoh sikap atau perbuatan
yang mencerminkan sila ke 4 pancasila. . . . .
3.
Perhatikan bacaan berikut:
Beni memiliki beberapa teman yang memilikisifat terpuji,
antara lain:
·
Dannu rajin beribadah
·
Siti selalu bersikap adil kepada adiknya
·
Edo selalu menolong temannya dalam
kesusahan.
·
Lani menerima keputusan hasil musyawarah
dengan lapang dada
Dari beberapa teman beni manakah yang mencerminkan sikap
sila ke 4. . . .
4.
Apa-apa sajakah alat yang diperlukan
dalam membuat patung. . . .
5.
Apakah yang dimaksud dengan karya tiga
dimensi. . .
KUNCI JAWABAN
1.
Sila ke empat
2.
- Selalu bermusyawarah dalam
menyelesaikan masalah
- Tidak memaksakan kehendak sendiri
- Bijak dalan mengambil keputusan
3. Lani
menerima keputusan hasil musyawarah dengan lapang dada
4. Tanah
liat,Pahat,Palu kayu,Meja putar
5
. karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki 3 unsur
mengukuran, yakni panjang, lebar, dan tunggi sehingga memiliki volume, bersifat
menempati ruang dan bisa diamati dari berbagai arah
Nilai = x 100
Contoh = x 100 = 80
PENILAIAN
Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan
tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung
Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B
(Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
- SBdP dinilai dengan rubrik
teknik menjahit
tiga dimensi.
Kriteria
|
Bagus
(3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih Lagi
(1)
|
Kesesuaian dengan
tema
|
Hasil
karya sangat sesuai dengan
tema hewan sahabatku.
|
Hasil karya kurang sesuai
dengan tema hewan sahabatku.
|
Hasil karya tidak
sesuai dengan
tema hewan sahabatku.
|
Teknik menjahit
|
Seluruh hasil jahitan
dilakukan dengan
teknik yang benar.
|
Sebagian
besar hasil jahitan dilakukan dengan cara yang benar
|
Sebagian
besar hasil jahitan
dilakukan dengan teknik yang
tidak benar.
|
Kerapian
|
Hasil jahitan
sangat rapi.
|
Hasil jahitan
cukup rapi.
|
Hasil jahitan
tidak rapi.
|
- PPKn dinilai dengan rubrik.
Kriteria
|
Bagus
(3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih Lagi
(1)
|
Terlihat adegan yang
memunculkan nilai-nilai
Pancasila
|
Adegan dan dialog yang berisi nilai-nilai
Pancasila terlihat
jelas.
|
Adegan dan dialog yang berisi nilai- nilai
Pancasila terlihat
cukup jelas.
|
Adegan dan dialog yang berisi nilai- nilai
Pancasila kurang jelas.
|
Pemakaian bahasa dalam naskah
|
Bahasa santun
dan sesuai dengan
kaidah
pemakaian Bahasa
Indonesia dengan baik
dan benar.
|
Bahasa santun
tetapi kurang sesuai
dengan kaidah
pemakaian Bahasa Indonesia.
|
Bahasa kurang santun.
|
Sikap
|
Siswa menunjukkan sikap:
• saling menghargai,
• bekerjasama,
• tertib.
|
Hanya memenuhi
2 dari 3 kriteria
di kolom 1
|
Hanya memenuhi
1 dari 3 kriteria di kolom 1
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda