PENILAIAN Hewan Sahabatku
                                                
PENILAIAN
Satuan Pendidikan    
:   SDN 050775 P.SUSU 
Mata Pelajaran          : PPKn dan SBDP
Kelas/Semester             : 6/1
Tema 1                           : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub
Tema 2                   : Hewan Sahabatku
Pembelajaran                : 2
Bentuk Soal                  : Pilihan Berganda
Jumlah Soal                 
: 10 
Bentuk  Soal                   : Essay 
 Jumlah soal                    : 5
                                            
KISI-KISI SOAL
| 
   
NO 
 | 
  
   
MUATAN 
PELAJARAN 
 | 
  
   
KOMPETENSI 
DASAR 
 | 
  
   
MATERI 
 | 
  
   
INDIKATOR 
SOAL 
 | 
  
   
LEVEL 
KOGNITIF 
 | 
  
   
BENTUK 
SOAL 
 | 
  
   
BOBOT 
SOAL 
 | 
  
   
NO SOAL 
 | 
 |
| 
   
1 
 | 
  
   
PPKn 
 | 
  
   
2.1 
 | 
  
   
Bersikap 
penuh tanggung jawab sesuai
  nilai-nilai Pancasila dalam 
kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
  
   
Mendiskusikan permasalahan terkait sila keempat dan menemukan contoh sikap dalam kehidupan
  sehari-hari 
 | 
  
   
Peserta didik 
dapat mengingat
  nilai –nilai
  yang terkandung dalam sial keempat pancasila 
 | 
  
   
Mengingat (C1) 
 | 
  
   
PG 
ESSAY 
 | 
  
   
1 
4 
 | 
  
   
3,4,5,6,7,8,10 
5 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Peserta didik 
dapat memahami
  nilai –nilai
  yang terkandung dalam sial keempat pancasila 
 | 
  
   
Memahami (2) 
 | 
  
   
PG 
ESSAY 
 | 
  
   
1 
4 
 | 
  
   
1,2,9 
1,2,3 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Peserta didik 
dapat menerapkan manakah
  perilaku yang
  sesuai nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan
  sehari-hari 
 | 
  
   
Mengaplikasikan(C3) 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Peserta didik 
dapat menganalisi manakah
  perilaku yang
  sesuai nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan
  masyarakat 
 | 
  
   
·   Menganalisis 
(C4) 
 | 
  
   
ESSAY 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
SBDP 
 | 
  
   
3.4 
 | 
  
   
Memahami 
patung 
 | 
  
   
Membuat contoh
  model patung 
 | 
  
   
Peserta didik 
dapat memahami pengertian pating 
 | 
  
   
Mengingat 
(C1) 
 | 
  
   | 
  
   
1 
 | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Peserta didik 
dapat membuat patung 
 | 
  
   
Mengaplikasikan 
(C3) 
 | 
  
   | 
  
   
1 
 | 
  
   | 
 
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA
JAWABAN YANG BENAR!
1.      
Rudi merawat kucing peliharaannya dengan baik. Rudi menyadari bahwa kucing juga ciptaan Tuhan, jadi
dia
tidak berbuat semena-mena terhadap hewan miliknya. Rudi bersyukur telah memiliki kucing
peliharaan. Hal
yang dilakukan Rudi mencerminkan pancasila sila ....
a.Pertama
b.Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
2.    Pak Jaya ingin mendirikan peternakan sapi di samping rumahnya. Sebagian warga menolak karena
khawatir akan menimbulkan polusi udara karena baunya. Pak Jaya bersikukuh tetap mendirikan peternakan sehingga warga menjadi cukup kesal. Sikap Pak Jaya tersebut tidak mencerminkan sila keempat Pancasila yaitu ....
a. Mengutamakan musyawarah
 b. Berbuat adil terhadap rakyat
c. Mengedepankan kemajuan masyarakat
d. Berbuat dengan percaya diri
3.    Ali, Bayu dan Karisma mengikuti lomba kicau burung di desanya. Ada banyak peserta yang ikut. Akhirnya lomba tersebut dimenangkan oleh Bayu, sikap Ali dan Karisma tetap
menghargai keputusan juri.
Begitupun juga dengan peserta lainnya. Mereka semua tetap rukun dan menerima hasil nilai yang diperoleh. Sikap para peserta itu dalam tetap
menjaga kerukunan merupakan cermin sila pancasila yang ....
a.       Kelima
b.      Keempat
c.       Ketiga
d.       Kedua
4.    Negara yang punya julukan negeri gajah putih adalah negara .... 
       a. Malaysia
       b. Thailan
        c. Kamboja
        d.Vietnam
5.   Memelihara hewan ternak sebaiknya ....
a. Tidak mengganggu dan mencemari lingkungan
b. Tidak memperhatikan lingkungan alam
c. Memilih
hewan yang mahal-mahal saja
d. Berada
di
tengah desa agar aman
6.   Dibawah ini yang tidak termasuk sikap mencerminkan nilai Pancasila
adalah
. . . a. selalu
membayar pajak tepat waktu
b. menolong teman
yang
sedang   kesulitan 
c. membantu teman saat ulangan
harian
d. meleraikan teman yang sedang berkelahi
7.   Kepentingan yang harus diutamakan
adalah kepentingan… .
a.Pribadi
b.Bersama c.Keluarga
d.Golongan
8.      Salah satu contoh karya
seni rupa
tiga dimensi adalah . .
. . 
         a. patung
b. lukisan foto
c.Meronce
d. Gambar
9.      Dalam membuat patung biasanya
menggunakan tehnik.... a.  Pahat
b.  Lukis
c.  Gambar 
d.  Meronce
10. Orang yang
menciptakan
patung disebut.... a.  Pemulung
b.  Peternak
c.  Pelukis
d.  pematung
KUNCI JAWABAN
1. A
2.   A
3.   C
4.   B
5.   A
6.   C
7.   B
8.   A
9.   A
10. D
 Nilai = 
 x 100
Contoh = 
 x 10 = 80
ESAI
1.     
Selalu bermusyawarah dan mengutamakan
kepentimgan banyak orang adalah bentuk cerminan pancasila sila ke. . . . .
2.     
Sebutkan 3 contoh sikap atau perbuatan
yang mencerminkan sila ke 4 pancasila. . . . .
3.     
Perhatikan bacaan berikut:
Beni memiliki beberapa teman yang memilikisifat terpuji,
antara lain:
·        
Dannu rajin beribadah 
·        
Siti selalu bersikap adil kepada adiknya
·        
Edo selalu menolong temannya dalam
kesusahan.
·        
Lani menerima keputusan hasil musyawarah
dengan lapang dada
Dari beberapa teman beni manakah yang mencerminkan sikap
sila ke 4. . . .
4.     
Apa-apa sajakah alat yang diperlukan
dalam membuat patung. . . .
5.     
Apakah yang dimaksud dengan karya tiga
dimensi. . .
KUNCI JAWABAN
1.     
Sila ke empat
2.     
- Selalu bermusyawarah dalam
menyelesaikan masalah
- Tidak memaksakan kehendak sendiri
- Bijak dalan mengambil keputusan
       3. Lani
menerima keputusan hasil musyawarah dengan lapang dada
       4. Tanah
liat,Pahat,Palu kayu,Meja putar
       5
. karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki 3 unsur
mengukuran, yakni panjang, lebar, dan tunggi sehingga memiliki volume, bersifat
menempati ruang dan bisa diamati dari berbagai arah
 Nilai = 
 x 100
Contoh = 
 x 100 = 80
PENILAIAN 
Penilaian Sikap 
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama 
 | 
  
   
Perubanan
  tingkah laku 
 | 
 |||||||||||
| 
   
Santun 
 | 
  
   
Peduli 
 | 
  
   
Tanggung
  Jawab 
 | 
 |||||||||||
| 
   
K 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
SB 
 | 
  
   
K 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
SB 
 | 
  
   
K 
 | 
  
   
C 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
SB 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
 ||
| 
   
1 
 | 
  
   
................... 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
................... 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
…………….. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Dst 
 | 
  
   
…………….. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Keterangan: 
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B
(Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4 
- SBdP dinilai dengan rubrik 
     teknik menjahit
     tiga dimensi.
 
| 
   
Kriteria 
 | 
  
   
Bagus 
(3) 
 | 
  
   
Cukup 
(2) 
 | 
  
   
Berlatih  Lagi 
(1) 
 | 
 
| 
   
Kesesuaian dengan
  tema 
 | 
  
   
Hasil
   karya sangat sesuai dengan
  tema hewan sahabatku. 
 | 
  
   
Hasil  karya kurang sesuai
  dengan tema hewan sahabatku. 
 | 
  
   
Hasil  karya tidak
  sesuai dengan
  tema hewan sahabatku. 
 | 
 
| 
   
Teknik menjahit 
 | 
  
   
Seluruh hasil jahitan
  dilakukan dengan
  teknik yang benar. 
 | 
  
   
Sebagian
  besar hasil jahitan dilakukan dengan cara yang benar 
 | 
  
   
Sebagian
  besar hasil jahitan
  dilakukan dengan teknik yang
  tidak benar. 
 | 
 
| 
   
Kerapian 
 | 
  
   
Hasil  jahitan
  sangat rapi. 
 | 
  
   
Hasil  jahitan
  cukup rapi. 
 | 
  
   
Hasil  jahitan
  tidak rapi. 
 | 
 
-  PPKn dinilai dengan rubrik.
 
| 
   
Kriteria 
 | 
  
   
Bagus 
(3) 
 | 
  
   
Cukup 
(2) 
 | 
  
   
Berlatih  Lagi 
(1) 
 | 
 
| 
   
Terlihat adegan yang
  memunculkan nilai-nilai
  Pancasila 
 | 
  
   
Adegan dan dialog yang berisi nilai-nilai
  Pancasila terlihat 
jelas. 
 | 
  
   
Adegan dan dialog yang berisi nilai- nilai 
Pancasila terlihat
  cukup jelas. 
 | 
  
   
Adegan dan dialog yang berisi nilai- nilai
  Pancasila kurang jelas. 
 | 
 
| 
   
Pemakaian bahasa dalam naskah 
 | 
  
   
Bahasa santun
  dan sesuai dengan
  kaidah
  pemakaian Bahasa
  Indonesia dengan baik
  dan benar. 
 | 
  
   
Bahasa santun
  tetapi kurang sesuai
  dengan kaidah
  pemakaian Bahasa Indonesia. 
 | 
  
   
Bahasa kurang santun. 
 | 
 
| 
   
Sikap 
 | 
  
   
Siswa menunjukkan sikap: 
• saling menghargai, 
• bekerjasama, 
• tertib. 
 | 
  
   
Hanya memenuhi
  2 dari 3 kriteria
  di kolom  1 
 | 
  
   
Hanya memenuhi 
1 dari 3 kriteria di kolom  1 
 | 
 


0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda