Sabtu, 22 Juli 2017

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL KKP)

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK (RPL KKP)

Satuan Pendidikan          :
Kelas/ Semester               : BK Reguler C / IV (empat)
Alokasi Waktu                : 1 x 60  menit
Tugas Perkembangan      :
A
Topik Permasalahan/ Bahasan

B
Kompetensi Dasar
Dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi/Sosial/Belajar/Karir
D
Jenis Layanan
Konseling Kelompok
E
Format Layanan
Kelompok
F
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pengembangan
G
Tujuan Layanan
Dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi
H
Hasil Yang Ingin Dicapai
Terhindar dari masalah yang dihadapi
I
Sasaran Layanan
Teman Sejawat (BK Ekstensi’15)
J
Karakter Yang Dikembangkan
-       Bertanggung jawab
-       Tangguh
K
Uraian Kegiatan


1.      Strategi Penyajian/ Mode
Tanya jawab

2.      Materi
(Tergantung pada masalah yang dibahas)
L
Langkah-langkah Pelayanan


1.      Tahap Pembentukan
a.       Menerima anggota kelompok dengan keramahan dan keterbukaan serta berterima kasih
b.      Berdoa
c.       Menejelaskan pengertian konseling kelompok
d.      Menjelaskan tujuan konseling kelompok
e.       Menjelaskan latar belakang perlunya konseling kelompok
f.       Menjelaskan cara pelaksanaan konseling kelompok
g.      Menjelaskan azas-azas dalam konseling kelompok
h.      Ice-breaking untuk pengenalan/pengakraban

2.      Tahap Transisi
a.       Menegaskan kembali cara pelaksanaan konseling kelompok
b.      Tanya jawab untuk memastikan kesiapan angggota kelompok
c.       Mengenali suasana hati dan pikiran masing-masing anggota kelompok untuk mengetahui kesiapan mereka
d.      Menentukan azas-azas yang dipedomani dan diperhatikan dalam pelaksaan kegiatan konseling kelompok
e.       Mengucapkan “janji” ........

3.      Tahap Pembahasan
a.       Meminta anggota kelompok untuk mengemukakan masalah “pribadi masing-masing” pemimpin kelompok menjelaskan mengenai apa itu masalah pribadi
b.      Meminta anggota kelompok masing-masing menyampaikan satu masalah pribadi yang sedang dialami
c.       Meminta anggota kelompok menentukan “urutan” masalah yang dibahas beserta alasannya.
d.      Membacakan kembali urutan masalah yang dibahas sesuai kesepakatan anggota kelompok
e.       Membahas :
·         Faktor penyebab
·         Dampak
·         Bagaimana solusi
f.       Meminta anggota untuk menyampaikan komitmennya
g.      Melakukan permainnan dengan tujuan untuk menciptakan keakraban yang lebih mendalam
h.      Memandu melanjutkan membahas masalah anggota kelompok urutan kedua topik, dst

4.      Tahap Pengakhiran
a.       Menjelaskan bahwa kegiatan bimbingan kelompok akan berakhir
b.      Menanyakan kepada anggota kelompok apa kemajuan yang dicapai
c.       Anggota kelompok menyampaikan kesan dan pesan nya
d.      Menyepakati kegiatan bimbingan kelompok berikutnya
e.       Mengucapkan terima kasih
f.       Berdoa
g.      Memberikan tanggapan tentang BMB3
h.      Bersalaman/bernyanyi/ice breaking
M
Tempat Pelaksanaan
Tergantung kesepakatan anggota kelompok
N
Waktu
Tergantung kesepakatan anggota kelompok
O
Pelaksana Layanan
Alnita Noverindah Sitorus
P
Pihak Yang Dilibatkan
Teman Sejawat (BK Ekstensi’15)
Q
Media dan Bahan Yang Digunakan
Game “Marina Menari diatas Menara”
R
Penilaian


Laiseg (penilaian segera)
BMB3
S
Keterkaitan Layanan Dengan Kegiatan Pendukung


Diketahui,
Dosen Pengampu Mata Kuliah                                           Pelaksana Layanan
                                                                                           
                                                                                           
(Dra. Rahmu                    )                                                   (Alnita )
                                                                                            NIM : 115


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda