RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL KKP)
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK (RPL KKP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/ Semester : BK Reguler C / IV (empat)
Alokasi Waktu : 1 x 60 menit
Tugas
Perkembangan :
A
|
Topik
Permasalahan/ Bahasan
|
|
B
|
Kompetensi
Dasar
|
Dapat
menyelesaikan masalah yang dihadapi
|
C
|
Bidang
Bimbingan
|
Pribadi/Sosial/Belajar/Karir
|
D
|
Jenis
Layanan
|
Konseling
Kelompok
|
E
|
Format
Layanan
|
Kelompok
|
F
|
Fungsi
Layanan
|
Pemahaman
dan Pengembangan
|
G
|
Tujuan
Layanan
|
Dapat
menyelesaikan masalah yang dihadapi
|
H
|
Hasil
Yang Ingin Dicapai
|
Terhindar
dari masalah yang dihadapi
|
I
|
Sasaran
Layanan
|
Teman
Sejawat (BK Ekstensi’15)
|
J
|
Karakter
Yang Dikembangkan
|
- Bertanggung jawab
- Tangguh
|
K
|
Uraian
Kegiatan
|
|
|
1.
Strategi
Penyajian/ Mode
|
Tanya
jawab
|
|
2.
Materi
|
(Tergantung
pada masalah yang dibahas)
|
L
|
Langkah-langkah
Pelayanan
|
|
|
1.
Tahap
Pembentukan
|
a.
Menerima
anggota kelompok dengan keramahan dan keterbukaan serta berterima kasih
b.
Berdoa
c.
Menejelaskan
pengertian konseling kelompok
d.
Menjelaskan
tujuan konseling kelompok
e.
Menjelaskan
latar belakang perlunya konseling kelompok
f.
Menjelaskan
cara pelaksanaan konseling kelompok
g.
Menjelaskan
azas-azas dalam konseling kelompok
h.
Ice-breaking
untuk pengenalan/pengakraban
|
|
2.
Tahap
Transisi
|
a.
Menegaskan
kembali cara pelaksanaan konseling kelompok
b.
Tanya
jawab untuk memastikan kesiapan angggota kelompok
c.
Mengenali
suasana hati dan pikiran masing-masing anggota kelompok untuk mengetahui
kesiapan mereka
d.
Menentukan
azas-azas yang dipedomani dan diperhatikan dalam pelaksaan kegiatan konseling
kelompok
e.
Mengucapkan
“janji” ........
|
|
3.
Tahap
Pembahasan
|
a.
Meminta
anggota kelompok untuk mengemukakan masalah “pribadi masing-masing” pemimpin
kelompok menjelaskan mengenai apa itu masalah pribadi
b.
Meminta
anggota kelompok masing-masing menyampaikan satu masalah pribadi yang sedang
dialami
c.
Meminta
anggota kelompok menentukan “urutan” masalah yang dibahas beserta alasannya.
d.
Membacakan
kembali urutan masalah yang dibahas sesuai kesepakatan anggota kelompok
e.
Membahas
:
·
Faktor
penyebab
·
Dampak
·
Bagaimana
solusi
f.
Meminta
anggota untuk menyampaikan komitmennya
g.
Melakukan
permainnan dengan tujuan untuk menciptakan keakraban yang lebih mendalam
h.
Memandu
melanjutkan membahas masalah anggota kelompok urutan kedua topik, dst
|
|
4.
Tahap
Pengakhiran
|
a.
Menjelaskan
bahwa kegiatan bimbingan kelompok akan berakhir
b.
Menanyakan
kepada anggota kelompok apa kemajuan yang dicapai
c.
Anggota
kelompok menyampaikan kesan dan pesan nya
d.
Menyepakati
kegiatan bimbingan kelompok berikutnya
e.
Mengucapkan
terima kasih
f.
Berdoa
g.
Memberikan
tanggapan tentang BMB3
h.
Bersalaman/bernyanyi/ice
breaking
|
M
|
Tempat
Pelaksanaan
|
Tergantung
kesepakatan anggota kelompok
|
N
|
Waktu
|
Tergantung
kesepakatan anggota kelompok
|
O
|
Pelaksana
Layanan
|
Alnita
Noverindah Sitorus
|
P
|
Pihak
Yang Dilibatkan
|
Teman
Sejawat (BK Ekstensi’15)
|
Q
|
Media
dan Bahan Yang Digunakan
|
Game
“Marina Menari diatas Menara”
|
R
|
Penilaian
|
|
|
Laiseg
(penilaian segera)
|
BMB3
|
S
|
Keterkaitan
Layanan Dengan Kegiatan Pendukung
|
|
Diketahui,
Dosen Pengampu Mata Kuliah Pelaksana
Layanan
(Dra. Rahmu ) (Alnita
)
NIM
: 115
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda