Minggu, 02 Juli 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :     ....................................................
Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1
Tema / Topik                   :     Berbagi Pekerjaan
Petemuan ke                    :     1
Sub Tema                         :     Pekerjaan Orang Tuaku
Alokasi Waktu                 :     1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI
1.   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan ke-luarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
IPS
3.1    Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1    Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya

IPA
3.7    Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6    Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.7    Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut

BAHASA INDONESIA
3.3    Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3    Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPS
þ  Membandingkan alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa
þ  Memprediksi alat-alat yang digunakan untuk pekerjaannya di masa mendatang

IPA
þ  Membandingkan penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa.
þ  Memberikan ide cara menjaga kesuburan tanah

BAHASA INDONESIA
þ  Mendesain kalimat pertanyaan untuk wawancara tentang pekerjaan orang tua di rumah

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
þ  Setelah diskusi kelas dan analisa gambar, siswa mampu membandingkan alat-alat yang dibutuhkan untuk pekerjaan dari masa ke masa dalam bentuk tulisana dengan benar. Setelah diskusi kelas dan analisa gambar, siswa mampu memprediksi alat-alat yang dibutuhkan untuk pekerjaannya di masa mendatang dengan rinci.
þ  Setelah mengamati gambar, siswa mampu membandingkan penggunaan teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa dengan rinci.
þ  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu membuat pertanyaan yang sesuai mencari informasi tentang pekerjaan orang tua.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
IPS
þ  Alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan dari masa ke masa
þ  Prediksi alat-alat yang digunakan untuk pekerjaannya di masa mendatang

IPA
þ  Teknologi dalam hal membantu pekerjaan dari masa ke masa.

BAHASA INDONESIA
þ  Kalimat pertanyaan untuk wawancara tentang pekerjaan orang tua di rumah

MATEMATIKA
þ  Luas bangun datar.

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
þ  Menjelaskan perkembangan teknologi
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
þ   Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ   Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
þ   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ   Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ   Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .
10 menit
Inti



þ   Siswa diminta mengamati gambar perkembangan teknologi yang digunakan untuk membajak sawah.
þ   Siswa mengamati perbedaan teknologi yang digunakan pada kedua masa tersebut.
þ   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
þ   Semua siswa menceritakan perubahan teknologi yang digunakan oleh orang tuanya.
þ   Misalkan ketika masa lalu menggunakan kompor tungku  sekarang menggunakan kompor gas.
þ   Siswa dibagi menjadi 5 kelompok(satu kelompok terdiri atas 6 siswa).
þ   Siswa diberi materi dan mendiskusikan jawaban secara berkelompok
þ   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
þ   Guru meminta setiap siswa untuk menyampaikan tulisannya kepada temannya.
þ   Guru meminta siswa mencari informasi tentang pekerjaan orang tua. Awalnya siswa membuat pertanyaan.
þ   Ingatkan siswa untuk menanyakan nama pekerjaan, jenisnya, kegitan yang dilakukan, teknologi yang digunakan dulu dan sekarang.
35 Menit X  30 JP
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ   Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
þ   Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
15 menit
H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
þ  Buku Tematik Kelas IV
þ  Kertas bekas.

I.       PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar

1.      Lembar kerja: Soal-soal bangun gabungan dinilai dengan nilai angka (Matematika)
2.      Daftar periksa untuk produk daftar pertanyaan Mata Pelajaran
3.      Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu.
No.
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Ket.
1.
Teliti


V


2.
Bertanggung Jawab

v



3.
Disiplin






Kerjasama dengan Orang Tua :
Siswa melakukan wawancara dengan orang tua dan membawa hasilnya ke sekolah

Mengetahui
Kepala Sekolah,


( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas IV


( ___________________ )
NIP ..................................
 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda