RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pelayanan Prima
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran :
Pelayanan Prima
Kelas/semester :
X/1
Materi
Pokok :
Menyediakan Bantuan Kepada Pelanggan Didalam dan Diluar Organisasi
Alokasi Waktu :
15 Menit
Kompetensi Yang
dilatihkan : Keterampilan Membuka dan
Menutup Pelajaran & Keterampilan Membimbing Kelompok Kecil
A.
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku, dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang IPTEK, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
1
|
1.1 Mensyukuri sumber daya sebagai karunia
Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
|
2
|
2.1 Bersikap jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, kreatif, mandiri, kritis dan analisis dalam mengatasi
permasalahan administrasi keuangan.
|
3
|
3.2 Menyediakan Bantuan Kepada Pelanggan
Didalam dan Diluar Organisasi
Indikator
|
|
3.2.1 Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima
3.2.2 Tujuan Pelayanan Prima
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 (15
Menit)
1. Melalui tanya jawab peserta didik dapat
menjelaskan hakikat dan pengertian
pelayanan prima dengan kreatif
2. Melalui diskusi kelompok peserta didik
dapat menjelaskan tujuan pelayanan prima dengan jujur
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima
2. Tujuan Pelayanan Prima
E.
Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Strategi :
Pembelajaran Berbasis Masalah
3. Metode :
Tanya jawab, Diskusi dan Penugasan
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
Power Point
2. Alat/Bahan :
Laptop
3. Sumber :
Sumber lain yang relevan.
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
(menit)
|
1.
2
|
Pendahuluan:
· Menyampaikan salam
· Berdoa
· Mengecek kehadiran peserta didik
· Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang
materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD
yang akan dicapai; dan
· Menyampaikan garis besar cakupan materi
dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk
menyelesaikan permasalahan atau tugas
Kegiatan Inti
|
4 menit
|
|
Fase
1 : Oroientasi siswa kepada masalah
|
2 Menit
|
|
- Siswa diminta untuk mengemukakan contoh perusahaan yang melakukan
pelayanan prima yang ada di sekitar tempat tinggal siswa seperti yang
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya (mengamati).
|
|
|
- Selanjutnya siswa diminta untuk
menyebutkan hakikat dan pengertian pelayanan prima (mengumpulkan informasi).
Jawaban siswa diharapkan mengarah pada hakikat pelayanan prima.
|
|
|
-
Siswa
diminta merumuskan pertanyaan (menanya) yang dapat mereka teliti atau cari jawabannya dengan mengkaji
referensi (studi literatur) dan diskusi. Contoh pertanyaan misalnya (1) Apakah pengertian dari pelayanan prima ?, (2) apakah tujuan dari pelayanan prima ?
|
|
|
|
|
|
Fase 2 : Mengorganisasi siswa untuk belajar
|
2 menit
|
|
- Sampaikan kepada siswa bahwa
mereka belajar melalui kajian
referensi (studi literatur) untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.
|
|
|
-
Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang.
Masing-masing kelompok diberi Modul untuk
dikerjakan (mengumpulkan
informasi)
|
|
|
Fase 3 : Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
|
2 menit
|
|
-
Guru
membimbing siswa melakukan kegiatan dipandu oleh Modul.
-
Peserta didik melakukan pencermatan data (mengasosiasi) yang diperoleh mengenai hakikat dan pengertian
pelayanan prima, tujuan pelayanan prima, fungsi pelayanan prima. Dengan
demikian diharapkan siswa dapat menemukan hubungan antara pelayanan prima
didalam teori dengan prakteknya.
|
|
|
- Guru berkeliling mengamati hasil/cara
kerja siswa dan memberikan bantuan bagi kelompok yang membutuhkan.
|
|
|
Fase 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
1 menit
|
|
- Selesai siswa mengerjakan tugas,
guru meminta juru bicara masing-masing kelompok menyampaikan hasil kerjanya (mengkomunikasikan).
|
|
|
- Siswa lainnya diminta menanggapi
dan guru bertindak sebagai fasilitator.
|
|
3.
|
Penutup
|
4 menit
|
|
Fase 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
|
|
- Guru memantapkan pemahaman siswa
dengan membuat rangkuman dengan cara mengajukan pertanyaan, seraya
menganalisis langkah-langkah pemecahan masalah yang dilakukan siswa.
|
|
|
- Guru mengingatkan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
|
H.
Penilaian
1. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk Penilaian : Uraian terbatas
c. Instrumen Penilaian :
(1) Apakah yang dimaksud dengan pelayanan
prima ?
(2) Bagaimanakah cara menumbuhkan rasa percaya
pelanggan terhadap barang/jasa yang kita tawarkan ?
2. Penilaian Sikap
2.1
Sikap Spiritual
a. Jenis Penilaian : Observasi
b. Bentuk Penilaian : Daftar Skala
c. Instrumen Penilaian
Petunjuk :
Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa
syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan
sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2.2
Sikap Sosial
Pedoman
Observasi Sikap Jujur
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak nyontek
dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan
plagiat (mengambil/menyalin ) tugas kelompok lain.
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data
atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
skor
akhir
Pedoman Observasi
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
Tidak = apabila peserta didik tidak
menunjukkan perbuatan
sesuai
aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas
tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam
sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|
|
7
|
Membawa buku
tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku
teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan
tugas dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Tidak saling menyalahkan
|
|
|
|
|
3
|
Aktif menggali sumber
|
|
|
|
|
4
|
Meminta maaf
atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
skor
akhir
Pedoman Observasi Sikap Santun
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan terima kasih
setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
skor
akhir
3. Penilaian Keterampilan
a. Jenis Penilaian : Tes Praktik
b. Bentuk Penilaian : Skala Penilaian (Rating Scale)
c. Instrumen Penilaian :
Tugas kelompok:
Diskusikan dalam kelompok dan
laporkan hasil diskusi Anda:
1. Buat kelompok kedalam 4 orang/kelompok
2. Setiap kelompok memilih salah satu
anggotanya untuk dijadikan model sebagai penjual
3. Anggota yang lain berperan sebagai pembeli
dan anggota lainnnya berperan mencatat
kekurangan atau kesalahan dalam pelayanan prima oleh penjual
4. Buat laporan terhadap pengamatan kelompok
anda.
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kelengkapan isi tugas (laporan)
|
Lengkap 50 %
|
Lengkap lebih 50%
|
Lengkap 100%
|
2
|
Tampilan Laporan
|
Kurang rapi
|
Rapi
|
Sangat Rapi
|
3
|
Kemampuan mempresentasikan
|
Kurang baik
|
Baik
|
Sangat Baik
|
Skor maksimum
|
9
|
Medan, Maret 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas,
NIP. NIM.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda