CBR PSIKOLOGI
Identitas
Buku
- Buku Utama
Judul buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Rochman Natawijaya
H.A. Moein
Moesa
Penerbit : Departemen Pendidikan
Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal
Pendidikan
Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Dan Kependidikan.
Tahun terbit : 1991/1992
- Buku pembanding
Judul buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Dr. Muhibbin Syah, M.Ed
Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARYA
Tahun terbit : 2015
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Psikologi pendidikan adalah cabang dari
ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan
pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Bidang psikologi pendidikan didirikan
oleh bebrapa perintis bidang psikologi sebelum abad ke-20. Psikologi pendidikan
adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga
hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan psikologi
sosial digunakan dipsikologi pendidikan.
Psikologi pendidikan mempelajari
bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran,
cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah. Psikologi sebagai ilmu
pengetahuan dan teori banyak pendidik dan psikologis yang kurang paham arti
dari kenyataan bahwa psikologi mengarah pada ilmu pengetahuan dan sangat baik
sebagai suatu profesi.
Psikologi pendidikan adalah studi yang
sistematis terhadap proses yang berhubungan dengan pendidikan, sedangkan
pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan
belajar. Psikologi pendiidkan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan
yang berkenaan dengan proses dan factor-faktor yang berhubungan dengan tindakan
belajar.
B. Tujuan
- Untuk mengkritisi buku psikologi pendidikan
- Untuk memenuhi tugas mata kuliah psikologi pendidikan
- Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan buku psikologi pendidikan
C. Manfaat
- Dapat mengkritisi buku psikologi pendidikan
- Dapat memenuhi tugas mata kuliah psikologi pendidikan
- Dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan buku psikologi pendidikan
BAB
II
ISI
Ringkasan
Isi buku utama
Bab
1 Pendahuluan
Bab ini terdiri atas 6 bagian, yaitu :
- Rasional Penulisan Buku
Rasional
penulisan buku memiliki 5 bagian yang harus diketaui , yaitu :
1.
Masalah teori dan praktek.
2.
Agak memiliki periaku unik.
3.
Profesionalitas guru kelas.
4.
Interaksi edukatif dan interaksi
psikologi.
5.
Psikologi pendidikan : Masalah
dipecahkan simultan.
- Tujuan Penulisan Buku
Buku
ini ditulis sesungguhnya bukanlah dimaksudkan untuk menjadi sebuah buku teks
secara bebas ditulis dan dipenuhi dengan teori – teori pendidikan.
- Sasaran Penggunan Buku
- Ruang Lingkup
- Pola Penyajian Tujuan
Garis
besar pola penyajian tulisan dan materi untuk setiap bab disusun terdiri dari:
1.
Tujuan.
2.
Bagian awal sebagai pembukaan bab.
3.
Uraian pokok.
4.
Tugas dan pertanyaan.
- Cara Mempelajari Buku
1.
Petunjuk bagi pengajar.
2.
Petunjuk bagi mahasiswa.
Bab
2 , Kajian Psikologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah
Dasar.
- Makna dan pentingnya kajian psikologi pendidikan bagi guru.
- Fungsi dan ruang lingkup psikologi pendidikan.
Dalam
hal ini dua fungsi dari ahli psikologi pendidikan adalah :
1.
Melakukan penelitian untuk mempelajari
cara mengajar atau membelajarkan yang paling efektif.
2.
Menerapkan dan memanfaatkan temuan-teuan
penelitian dalam cabang-cabang psikologi yang lain didalam kaitannya dengan
ihwal pendidikan.
- Psikologi pendidikan sebagai ilmu pengetahuan
- Belajar dan pembelajaran
- Bentuk-bentuk hasil belajar
Dibawah
ini kita hanya akan membahas bebrapa pernyataan hasil belajar yang penting dan
sering terjadi.
1.
Kebiasaan sebagai pernyataan hasil
belajar
2.
Keterampilan sebagai pernyataan hasil
belajar
3.
Himpunan tanggapan sebagai hasil belajar
4.
Hafalan sebagai pernyataan hasil belajar
melalui proses asosiasi
5.
Kemampuan nalisi sebagai pernyataan
hasil belajar
6.
Sikap dan rujukan nilai sebagai hasil
belajar
7.
Inhibisi sebagai pernyataan hasil
belajar
8.
Ketelitian pengamatan
9.
Kecakapan memecahkan masalah
10.
Pengetahuan siap
11.
Keterampilan menggunakan metode baru
Bab
3, Pembelajaran Dan Perkembangan Siswa Sekolah Dasar
- Usaha manusia mengenai perbedaan individual
1.
Dua pandangan yang berbeda
2.
Manusia dapat diukur
3.
Ilmu baru dan kebutuhan praktis
- Perbedaan individual dalam belajar
Berikut
adalah perbedaan-perbedaannya:
1.
Kapasitas belajar memang tidak sama
2.
Pengaruh perkembangan dari pertumbuhan
3.
Dimensi-dimensi perkembangan
4.
Perbedaan individual dan strategi pembelajaran
- Pengaruh faktor heriditer dan lingkungan terhadap belajar dan pembelajaran siswa
Factor
paling dominan dalam menetukan karakteristik manusia : factor heriditer.
1.
Pandangan kaum heditarian
2.
Pandangan kaum enviromentalls
3.
Bukti-bukti hasil penelitian
4.
Pandangan kaum modern
5.
Guru memerlukan wawasan yang luas
- Belajar dan perkembangan intelegensi anak
Berikut
terdapat beberapa hal mengenai intelegensi
1.
Pengertian intelegensi
2.
Berbagai teori tentang intelegensi
3.
Pengaruh belajar terhadap perkembangan
intelegensi
4.
Pola perkembangan intelegensi siswa
sekolah dasar
5.
Peranan pengalaman dari sekolah dari
sekolah terhadap inteligensi
Bab
4, Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar
- Motiv dan Motivasi
1.
Mengapa individu melakukan suatu
perbuatan?
2.
Rumus umum perilaku individu
3. Asal
mula dan perkembangan motif
- Peranan motivasi dalam belajar dan pembelajaran
Ada
beberapa peranan penting otivasi dalam pembelajaran dan belajar, antara lain:
1.
Motivasi menentukan penguatan belajar
2.
Motivasi memperjelas tujuan belajar
3.
Motivasi menentukan ragam kendali
rangsangan belajar
4.
Motivasi menentukan ketekunan belajar
- Faktor-faktor pribadi dalam motivasi
- Faktor-faktor lingkungan dan motivasi
- Teknik-teknik motivasi dalam belajar mengajar
- Peranan guru dalam motivasi belajar siswa
Dalam
upaya meningkatkan motif belajar siswa, guru mempunyai peranan yang sangat
besar, antara lain adalah:
1.
Mengenal setiap siswa yang diajarinya
secara pribadi
2.
Memperlihatkan interaksi yang
menyenangkan
3.
Menguasai berbagai metode dan teknik
belajar mengajar dengan menggunakannya secara tepat.
4.
Menjaga suasana kelas supaya para siswa
terhindar dari konfllik dan frustrasi.
5.
Memperlakukan siswa sesuai dengan
keadaan dan kemampuannya.
Bab
5, Proses Dan Teori Belajar
- Hakikat belajar
1.
Kematangan dan belajar
2.
Apa yang dimaksud dengan belajar?
3.
Beberapa ciri belajar
4.
Unsur-unsur apa y ang mempengaruhi
proses belajar
5.
Prinsip-prinsip belajar
a.
Psinsip efek kepuasan
b.
Prinsip pengulangan
c.
Prinsip kesiapan
d.
Prinsip kesan pertama
e.
Prinsip makna yang dalam
f.
Prinsip bahan baru
g.
Prinsip gabungan
6.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses
belajar
- Teori- teori belajar
1.
Teori tradisional
2.
Teori modern
3.
Teori mengkondisi
- Pengalihan Belajar
1.
Hakikat pengalihan belajar
2.
Kondisi-kondisi yang mempermudah
pengalihan belajar
3.
Usaha untuk menjelaskan pengalihan
belajar
Bab
6, Kaitan Psikologis Upaya Pembelajaran Di Sekolah Dasar
- Pendahuluan
1.
Perlunya mempelajari keterampilan
mengajar
2.
Makna membelajarkan
3.
Tujuan belajar
4.
Klasifikasi bentuk pembelajaran
- Struktur dasar upaya pembelajaran klasikal
1.
Bagian pendahuluan pengajaran klasikal
2.
Batang tubuh pembelajaran klasikal
3.
Bagian penutup pembelajaran klasikal
- Metode latihan
1.
Pengertian.
2.
Fungsi dan penggunaan metode latihan.
3.
Beberapa kebaikan dan kelemahan metode
latihan
- Metode Ceramah
- Pengertian
- Upaya meperbaiki dan meningkatkan metode ceramah.
- Organisasi materi ceramah.
- Keuntungsn dan kelemahan metode ceramah
- Metode diskusi
1.
Pengertian
2.
Beberapa masalah dalam penggunaan metode
diskusi
3.
Beberapa keunggulan dan kelemahan metode
diskusi
Bab
6, Tujuan Psikologi Mengenai Evaluasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
- Makna dan fungsi evaluasi dalam belajar pembelajaran.
1.
Makna evaluasi
2.
Fungsi evaluasi
- Struktur dasar upaya pembelajaran klasikal
1.
Bagian pendahuluan pengajaran klasikal
- Jenis dan alat evaluasi belajar
1.
Jenis tes
2.
Jenis evaluasi
3.
Keunggunalan dan kelemahan jenis tes
tertulis
- Peranan evaluasi dalam diagnosis dan perbaikan hasil belajar
1.
Kesulitan belajar
2.
Langkah –langkah perbaikan.
BAB
III
PEMBAHASAN
ASPEK
|
KELEBIHAN
|
KELEMAHAN
|
Cover
|
Cover pada buku utama berwarna kuning dan biru .
pada cover ini tidak terdapat banyak hiasan ataupun gambar ilustrasi , dan
hanya berisi satu gambar/logo kecil sebelum judul buku, yaitu logo tut wuri
handayani.
Untuk cover buku pada tahun 1991 , cover buku ini
sudah cukup baik.
cover pada buku pembanding memiliki cover
yangberwarna kuning.
Cover pada buku ini cukup simpel tetapi tetap
memiliki kesan menarik saat melihat covernya.
Memasukkan sedikit ilustrasi pada sampul bagian
depan membuat buku terlihat menarik.
|
Cover pada buku ini terlalu simple dan polos.
Tidak banyak memakai ilustrasi atau gambar membuat
buku ini terlihat sangat sederhana dan sedikit monoton.
Font yang digunakan untuk membua tulisan pada
cover juga haya font biasa dengan keseluruhan warna hitam.
Jika dibandingkan dengan buku pembanding jelas
saja sampul atau cover buku ini masih kurang bagus,karena buku pembanding
diproduksi diwaktu yang sangat jauh dari buku pembanding.
cover ini sebenarnya
memiliki kelebihan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buku pembanding
.
kelemahan buku ini
terletak pada sampulnya yang masih terlihat terlalu simple.
|
Bahasa
|
Penggunaan Bahasa
pada buku utama adalah Bahasa baku.
Terdapat banyak
istilah dan kata-kata ilmiah.
Pada buku ini penulis
menyampaikan isi buku dengan bahasa yang cukup baku , jika dilihat dari kapan
buku ini diterbitkan tidak heran bahwa masih ada kata atau bahasaasing yang
masih sulit dimengerti.
Jika dibandingkan
dengan buku utama yang jauh lebih dulu diterbitkan disbanding buku pembanding
, tentu saja Bahasa yang digunakan pada buku pembanding sudah disesuaikan
pada zaman sekarang.
Bahasa pada buku
pembanding cenderung baku namun mudan untuk dipahami pembaca.
|
Penulis menggunakan
Bahasa yang baku dan cukup sulit dimengerti orang awam .
Ada baiknya penulis
memberikan glosarium atau pengertian ari istilah yang digunakan agar pembaca
dapat mengetahui apa yang ingin penulis sampaikan dengan kata-kata tersebut.
Dengan membuat Bahasa
yang baik dan benar, pembaca juga dapat lebih mudah memahami isi buku utama
ini sendiri.
meskipun penggunaan
Bahasa pada buku ini sudah diakatakan cukup baik , akan tetapi masih saja ada
bagian atau kata istilah yang dirasa kurang dimengerti pembaca yang dapat
menyulitkan pembaca dalam memahami maksud tulisan tersebut.
|
Isi
|
Pada buku utama isi
dirasa , cukup bak hanya saja kata-kata yang duliskan dirasa kurang
dimengerti.
Pada buku ini
pemberian rumus yang sesuai, dan tabel , dirasa cukup membantu pembaca .
Bahasan yang diambil
buku ini juga sangat bagus, terdiri atas 7 bab buku ini mengambil banyak
subbab yang berisikan banyak informasi bagi pembaca yang ingin mmebaca buku
psikologi ini.
Pada buku pembanding
isi cukup bagus dan cukup mudah dipahami, jika dibandingkan dengan buku utama
tentu saja buku ini lebih direkomendasikan untuk dibaca Karena Bahasa yang
mudah dimengerti dan bahasan dalam buku ini tidak terlalu berat.
|
buku ini dirasa memiliki
banyak kelemahan , khususnya pada isi buku sendiri.
Bahasa yang
berbelit-belit dan kata-kata yang sulit dipahami menjadi kelemahan yang cukup
banyak terdapat pada buku ini.
Buku dirasa terlalu
berbelit dengan menggunakan contoh langsung yang diceritakan dengan cara yang
dirasa kurang efektif , membuat pembaca sulit memahami buku ini.
Sebaiknya penulis
langsung memberikan dengan jelas kedalam tulisannya, bukannya memberikan
penjelasan yang sangat rumit untuk dipahami.
Meskipun begitu masih
saja terdapat kata-kata ataupun istilah yang sulit untuk dimengerti oleh
pembaca.
|
BAB
IV
PENUTUP
Kesimpulan
Buku
“Psikologi Pendidikan” ini berisi tentang baimana psikologi pada pembelajaran .
bagaimana cara guru mnghadapi tingkah individu peserta didik yang berbeda-beda
didalam kelas dan bagaimana cara menghadapi mereka.
Jika
dilihat dari isi buku sendiri buku dibuat untuk anak usia Sekolah Dasar ,
dimana pada usia tersebut siswa masih dalam masa perkembangan yang
psikologisnya perlu diperhatikan dengan baik oleh orang-orang disekitarnya.
Dikarenakan siswa memiliki waktu sekolah yang cukup lama perharinya , guru juga
dirasa berperan penting dalam psikologi siswa , maka dari itu buku ini
ditujukan agar guru dapat memotivasi, dan memperlakukan siswa sebagaimana
mereka seharusnya dan tidak berperilaku semena-mena.
Didalam
buku ini juga dijelaskan apa saja perannan psikologi terhadap pembelajaran,
cara guru memotivasi siswa , dan sebagainya. Perkembangan siswa sekolah dasar juga
diikut sertakan menjadi bahasan pada buku ini karena masih menyangkut kepada
psikologi siswa.
Saran
Selaku
penulis makalah ini saya menyadari masih banyaknya kesalahan baik dalam
penyampaian atau pun pada format penulisan Critical book Report ini. Maka dari
itu saya mengharapkan saran yang bersifat membangun agar kedepannya didapati
Critical Book Report yang lebih baik.
2 Komentar:
Kak boleh minjam buku pembandingnya?
gak ada kak itu cuma hasil foto di handphone :) thanks ya dah coment
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda