RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Strategi Pembelajaran
FIKIH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
Kelas : X / Genap
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
( 2 x 45 menit )
A.
Standar kompetensi
1.
Memahami hukum Islam
tentang kepemilikan.
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Menjelaskan
aturan Islam tentang musaqah, muzara’ah dan mukhabarah serta.
C. Indikator
·
Menjelaskan
pengertian musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
·
Menyebutkan syarat dan rukun
musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
·
Menjelaskan
hikmah musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
D. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa mampu menjelaskan pengertian
tentang Musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
·
Siswa mampu merefleksikan ber-bagai
aturan musa-qah, muzara’ah dan mukhabarah.
·
Siswa mampu mendiskusikan tentang
aturan dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
·
Siswa mampu menterjemahkan dalil dan Membaca
dalil-dalil tentang aturan dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
·
Siswa mampu menyimpulkan tentang
aturan dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
E.
Materi Ajar
·
Aturan dalam musaqah,
muzara’ah dan mukhabarah.
F. Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Pemberian Tugas
·
Pengamatan
G. Langkah-langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang
dikembangkan
|
1.
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o Memberikan salam dan memulai pelajaran
dengan basma-
lah serta mengecek siswa yang tidak masuk.
o Memberikan apersepsi/
materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan
motivasi.
o Menyampaikan
kompetensi dari materi yang akan diajarkan
o Menjelaskan tujuan
yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2.
Kegiatan inti
o Guru menunjuk salah
seorang siswa untuk menjelaskan pengertian tentang Aturan dalam musaqah,
muzara’ah dan mukhabarah.
o Siswa membuka
Al-Qur’an untuk mencari dalil yang
berkaitan dengan materi (eksplorasi)
o
Siswa ditunjukkan dalil nakli tentang Aturan dalam musaqah,
muzara’ah dan mukhabarah.
o
Siswa memabaca dalil nakli yang
berkaitan dengan materi/yaitu tentang Aturan dalam
musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
o Guru menunjuk Siswa
Sugi dan siswa lain untuk menjelaskan Aturan
dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
o Guru bertanya kepada
siswa tentang menjelaskan Aturan Islam tentang Aturan dalam musaqah,
muzara’ah dan mukhabarah.
o Siswa mengidentifikasi
tentang Aturan dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
|
|
Pemahaman Konsep
|
3. Kegiatan penutup.
o Mengadakan tanya jawab
tentang Aturan dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah.
o Guru merangkum materi
yang baru saja diajarkan.
o Guru menugaskan keada
siswa mencari dail nakli yang berhubungan dengan Aturan dalam musaqah, muzara’ah
dan mukhabarah.
o Menutup pelajaran
dengan membaca salam dan membaca hamdalah
|
|
|
H. Sumber Belajar
:
· Internet dan
Intranet
· Buku paket Penidikan
Agama Islam kelas X
· Buku buku yang relevan dengan materi yang
diajarkan
· LKS Fiqih
· LCD
· Al-Qur’an dan
terjemahannya
· Dll
I. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Menjelaskan
pengertian musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
|
Tes tulis
|
Isian
|
Jelaskan
pengertian musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah ?
|
Menyebutkan syarat dan rukun
musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
|
Tes tulis
|
Jawab Singkat
|
Sebutkan
syarat dan rukun musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah?
|
Menjelaskan
hikmah musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
|
Tes tulis
|
Isian
|
Jelaskan
hikmah musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah?
|
|
|
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda