Kamis, 13 Juli 2017

PAI Mahmudah




1.    Dalam pandangan Islam, akhlak merupakan cermin dari apa yang ada dalam jiwa seseorang. Di dalam akhlak terpiji Mahmudah yaitu rasa syukur. Sebagai muslim kita hendaknya bersyukur atas apa yang telah Allah berikan. Bagaimana seorang muslim bersukur dengan perbuatan?
a.    Bersyukur diberi penglihatan dengan menggunakan untuk membaca ayat-ayat Al-Quran
b.    Bersyukur diberi harta yang banyak dengan berfoya-foya
c.    Bersyukur dengan kondisi fisik yang diberikan tetapi mengubah-ubah yang dirasakan bisa diperindah lagi
d.   Bersyukur diberi kepintaran dengan tidak berbagi kepada yang lainnya

2.    Pak Aqil merupakan orang terkaya di desanya. Ia terkenal sebagai orang yang dermawan. Setiap dari hasil materi yang ia dapat selalu disumbangkan. Saat ia menyumbang pasti harus orang-orang disekitarnya diminta dia untuk menyaksikannya saat dia menyumbang agar orang-orang yang menyaksikan pasti akan berbicara kepada orang lain. Hingga perbuatan yang dilakukannya menjadi buah bibir. Di dalam Islam dianjurkan kepada umatnya untuk selalu bersedekah. Perbuatan apa yang harus di perbaiki pak Aqil?
a.    Memperbanyak sedekahnya
b.    Bersedekah dengan menggundang orang lebih banyak yang melihat saat ia bersedakah
c.    Bersedekah semua hartanya dengan menghindari sifat ria
d.   Ikhlas dalam bersedakah semata-mata karena Allah

3.    Di dalam misi Agama Islam adalah mengembangkan rahmat bukan hanya kepada manusia tetapi juga kepada alam dan lingkungan. Berakhlah kepada lingkungan hidup dengan menjalin dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan alam sekitarnya. Dibawah ini akhlak kepada lingkungan hidup yang benar adalah?
a.    Memanfaatkan kekayaan yang ada di alam dengan membudidayakannya kembali
b.    Memembiarkan tumbuhan liar yang disekitar rumah hidup
c.    Eksploitasi kekayaan laut tanpa memperhitungkan kelestariaon ekologi laut
d.   Memanfaatkan kekayaan alam

4.    Al-Quran mendorong manusia untuk menguasai dan mengembangkan teknologi, baik teknologi pertanian, perternakan, kedokteran, maupun teknologi lain yang bermanfaat untuk masyarakat. Dizaman yang sekarang ini sedikit sekali manusia tidak dapat mengaplikasikan teknologi terutama teknologi komunikasi. Pengembangan teknologi yang benar seperti apa?
a.    Menciptakan suatu teknologi untuk memperbanyak kekayaan
b.    Menciptakan teknologi untuk perbuatan yang kriminal
c.    Menciptakan teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia
d.   Menngembangkan teknologi untuk aspek kehidupan manusia yang bermanfaat

5.    Allah mengatakan bahwa menuntut ilmu adalah wajib. Seperti yang diungkapkan Imam asy-Syafi’i yaitu siapa yang menginginkan sukses di dunia maka wajiblah ia menuntut ilmu, siapa yang menginginkan sukses di akhirat maka wajiblah ia menuntut ilmu, siapa saja yang mencintai ilmu maka tidak ada kebaikan pada dirinya. Bagaimana penerapan yang benar pada penjelasan diatas?
a.    Menuntut ilmu sampai sampai ajal menjemput
b.    Sepanjang hayatnya menuntut ilmu, hingga tak menghiraukan perintah Allah
c.    Menuntut ilmu untuk menemukan cara beribadat yang benar
d.   Menuntut ilmu hanya sekedarnya saja yang penting paham

6.    Islam menjunjung tinggi toleransi kepada agama lain. Dimana toleransi merupakan sikap menghargai dan menghormati. Misalkan didalam kelas terdapat beberapa non muslim. Salah satu non muslim tersebut mengundang untuk menghadiri acara perayaan haru besarnya. Apa yang harus dilakukan seorang muslim dalam menyikapi ajakan undangan tersebut?
a.    Datang ,menyantap makanan/ minuman berkemasan yang disuguhkan
b.    Datang, tanpa menyantap suguhan yang diberikan
c.    Menolak ajakannya dengan kalimat yang halus
d.   Berjanji akan datang, padahal tidak

7.    Ajaran Islam selalu menginginkan kedamaian dan kesejahteraan bagi setiap umat manusia, baik kehidupan di dunia maupun kehidupan setelahnya. Pak Nurdin memiliki tetangga, dimana tetangga sebelah kanannya beragama muslim, dan tetangga sebelah kirinya beragama non muslim. Tetapi tetangga yang non muslim selalu berbuat atau perduli kepada keluarga pak Nurdin dan tetangganya yang muslim acuh tidak acuh kepada keluarganya. Kemudian saat pak Nurdin membawa oleh-oleh dari suatu Kota, apa yang harus dilakukan Pak Nurdin?
a.    Memberikan oleh-oleh hanya kepada tetangga yang baik kepadanya
b.    Memberikan oleh-oleh kepada kedua tetangganya
c.    Memberikan oleh-oleh hanya kepada tetangganya yang muslim
d.   Tidak memberikan pada keduanya

8.    Dalam surah al-Baqarah ayat 159 yaitu sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan dan petunjuk setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam al-Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati oleh semua yang dapat melaknati. Dari surah diatas yaitu ilmu yang kita punya wajib kita sampaikan dan tidak boleh menyembunyikannya. Dan dibawah ini tanggung jawab seorang ilmuan, kecuali ?
a.    Mengembangkan ilmunya
b.    Mengajarkan ilmunya kepada manusia
c.    Terus menggali ilmu yang lain
d.   Memendam ilmunya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda