DIMENSI DAN STRUKTUR PENDIDIKAN IPS
DIMENSI
DAN STRUKTUR PENDIDIKAN IPS
Dimensi
dan strukur pendidikan Ips ialah Penguasaan dan pengembangan dimensi dan
struktur pembelajaran dalam PIPS, sangat penting bagi jiwa pendidik karena
dalam menhadapi siswa harus berfikir abstrak dan parsial.untuk memfasilitasi
kebutuhan ini mahasiswa atau calon guru perlu mempersiapkan model pembelajaran
yang tepat yang didukung oleh kemampuan penguasaan terhadap dimensi-dimensi
PIPS dan strukturnya. Dimensi PIPS Meliputi :
1. Dimensi
pengetahuan ( knowledge )
Dimensi
Pengetahuan ( Knowlage ) Setiap manusia tentunya memiliki kelebihan dan wawasan
tentang pengetahuan sosial yang berbeda-beda,baik yang berfikir sebatas
lingkungan dan ada juga yang berpendapat mencakup dengan keyakinan-keyakinan
sosial,tentunya hal tersebut mencakup alasan-alasan yang sesuai dengan :
Fakta,konsep baik Generalisasi yang di pahami oleh individu atau siswa,dan hal
yang terpenting adalah Fakta yang mana merupakan data yang spesifikasi tentang
peristiwa,objek,orang dan hal-hal yang terjadi yang harus dikenal terutama
dalam kehidupan sehari-hari dan yang terjadi dalam lingkungan sekitar.
2.
Dmensi keterampilan ( skill )
Dimensi
Keterampilan Dalam pendidikan IPS sangan diperlukan dan memperhatikan juga
dimensi keterampilan disamping pemahaman dalam dimensi pengetahuan.kecakapan
mengolah dan menerapkan informasi merupakan keterampilan yang sangat penting
guna mempersiapkan untuk menghadapi dunia di masayarakat sehingga siswa menjadi
terampil dan siap menjadi warga negara yang berpartisipasi secara aktif dan
secara cerdas dalam lingkungan masyarakat yang demokratis
3.
Dimensi Nilai ( Value and Attitudes )
Dimensi
Nilai dan Sikap ( Value and attitudes) Pada hakikatnya sebuah nilai dipelajari
dari hasil pergaulan dan komunikasi antara individu dalam kelompok baik
dilingkungan keluarga maupun lingkungan sosial,yaitu : a. Nilai Subtantif
Merupakan nilai yang dipegang atau diyakini oleh seseorang da umumnya hasil
belajar,terutama siswa bisa memahami bahwa dalam masyarakat terdapat
keberagaman nilai. b. Nilai Prosedural Peran guru sangat besar karena siswa
harus diarahkan dan dilatih sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran di kelas
dan nilai prosedural diantaranya : Nilai kemerdekaan ,Toleransi,kejujuran
menghormati kebenaran dan pendapat orang lain.
4. Dimensi tindakan ( Action )
Dimensi Tindakan ( Action ) Tindakan sosial
merupakan hal ayang sangat penting karena dapat memungkinkan siswa dapat
menjadi siswa yang aktif,dan merekapun harus berlatih secara kongkrit dan
praktis.agar menjadi warga Negara yang baik dalam kehidupan masyarakat. Fokus
utama dari program IPS adalah membentuk individu-individu yang memahami
kehidupan sosialnya dunia manusia,aktivitas dan interaksinya yang ditunjukan
untuk menghasilkan anggota masyarakat yang bebas,yang mempunyai rasa
tanggungjawab untuk melestarikan,melanjutkan dan memperluas nilai-nilai dan
ide-ide masyarakat bagi generasi masa depan.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda