Rabu, 19 Juli 2017

DIMENSI DAN STRUKTUR PENDIDIKAN IPS



DIMENSI DAN STRUKTUR PENDIDIKAN IPS

Dimensi dan strukur pendidikan Ips ialah Penguasaan dan pengembangan dimensi dan struktur pembelajaran dalam PIPS, sangat penting bagi jiwa pendidik karena dalam menhadapi siswa harus berfikir abstrak dan parsial.untuk memfasilitasi kebutuhan ini mahasiswa atau calon guru perlu mempersiapkan model pembelajaran yang tepat yang didukung oleh kemampuan penguasaan terhadap dimensi-dimensi PIPS dan strukturnya. Dimensi PIPS Meliputi :
1. Dimensi pengetahuan ( knowledge )
Dimensi Pengetahuan ( Knowlage ) Setiap manusia tentunya memiliki kelebihan dan wawasan tentang pengetahuan sosial yang berbeda-beda,baik yang berfikir sebatas lingkungan dan ada juga yang berpendapat mencakup dengan keyakinan-keyakinan sosial,tentunya hal tersebut mencakup alasan-alasan yang sesuai dengan : Fakta,konsep baik Generalisasi yang di pahami oleh individu atau siswa,dan hal yang terpenting adalah Fakta yang mana merupakan data yang spesifikasi tentang peristiwa,objek,orang dan hal-hal yang terjadi yang harus dikenal terutama dalam kehidupan sehari-hari dan yang terjadi dalam lingkungan sekitar.
2. Dmensi keterampilan ( skill )
Dimensi Keterampilan Dalam pendidikan IPS sangan diperlukan dan memperhatikan juga dimensi keterampilan disamping pemahaman dalam dimensi pengetahuan.kecakapan mengolah dan menerapkan informasi merupakan keterampilan yang sangat penting guna mempersiapkan untuk menghadapi dunia di masayarakat sehingga siswa menjadi terampil dan siap menjadi warga negara yang berpartisipasi secara aktif dan secara cerdas dalam lingkungan masyarakat yang demokratis
3. Dimensi Nilai ( Value and Attitudes )
Dimensi Nilai dan Sikap ( Value and attitudes) Pada hakikatnya sebuah nilai dipelajari dari hasil pergaulan dan komunikasi antara individu dalam kelompok baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan sosial,yaitu : a. Nilai Subtantif Merupakan nilai yang dipegang atau diyakini oleh seseorang da umumnya hasil belajar,terutama siswa bisa memahami bahwa dalam masyarakat terdapat keberagaman nilai. b. Nilai Prosedural Peran guru sangat besar karena siswa harus diarahkan dan dilatih sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran di kelas dan nilai prosedural diantaranya : Nilai kemerdekaan ,Toleransi,kejujuran menghormati kebenaran dan pendapat orang lain.
 4. Dimensi tindakan ( Action )
Dimensi Tindakan ( Action ) Tindakan sosial merupakan hal ayang sangat penting karena dapat memungkinkan siswa dapat menjadi siswa yang aktif,dan merekapun harus berlatih secara kongkrit dan praktis.agar menjadi warga Negara yang baik dalam kehidupan masyarakat. Fokus utama dari program IPS adalah membentuk individu-individu yang memahami kehidupan sosialnya dunia manusia,aktivitas dan interaksinya yang ditunjukan untuk menghasilkan anggota masyarakat yang bebas,yang mempunyai rasa tanggungjawab untuk melestarikan,melanjutkan dan memperluas nilai-nilai dan ide-ide masyarakat bagi generasi masa depan.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda