Jumat, 07 Juli 2017

JURNAL TIK



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia. Kegiatan manusia dapat dipermudah dengan bantuan TIK. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Tanpa disadari, sebagian aktifitas yang dilakukan oleh manusia telah didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung telah mengubah cara kita hidup, cara kita belajar, cara kita bekerja dan cara kita bermain. Oleh karena itu kita penting untuk mengetahui peranan serta manfaat TIK dalam berbagai bidang kehidupan. Di makalah ini akan dibahas mengenai peranan dan manfaat TIK dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

1.2   Rumusan Masalah
1.      Bagaimana peranan TIK dalam berbagai bidang kehidupan manusia?
2.      Bagaimana manfaat TIK dalam kehidupan manusia?

1.3  Tujuan
1.      Untuk mnegtahui peranan TIK dalam berbagai bidang kehidupan manusia.
2.      Untuk mengetahui manfaat TIK dalam kehidupan manusia.

















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Peranan TIK dalam Berbagai Bidang Kehidupan
          Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Tanpa kita sadari, sebagian aktifitas yang dilakukan oleh manusia telah didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung telah mengubah cara hidup kita, cara belajar kita, cara bekerja kita, dan cara bermain kita. Beberapa peranan penting dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, dan kesehatan dan pemerintahan.
2.1.1 Bidang pendidikan
            TIK mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan. TIK berperan memberikan kontribusi bagi perkembangan teknologi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Dengan hadirnya e-learning setiap siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi dengan guru atau dengan siswa lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja bisa mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.
2.1.2 Bidang bisnis
           TIK pada bidang bisnis berperan sebagai mendukung proses bisnis seperti memproses gaji, data statistik, dan  akunting atau keuangan. Sudah banyak pula bisnis yang mulai menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan
2.1.3 Bidang pemerintahan
            Hampir setiap instansi pemerintahan menggunakan komputer mulai dari mengolah data administrasi, tata usaha, hingga pelayanan masyarakat.
            Pemanfaatan TIK dibidang pemerintahan dikenal dengan istilah E-government. Tujuan pemanfaatan TIK dalam pemerintahan adalah agar pelayanan kepada masyarakat dalam lebih efisien. TIK juga dapat memberdayakan masyarakat karena dengan adanya infrastruktur e-government akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses informasi dari pemerintah. Selain itu, TIK dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
2.1.4 Bidang kesehatan
            Dalam bidang kesehatan ini TIK memiliki peranan di setiap kegiatan kedokteran. Seperti memeriksa, mendiagnosa penyakit pasien, melakukan uji laboratorium, melakukan ronsen tubuh, tes DNA maupun pemantauan kondisi pasien menggunakan  monitor. TIK dalam kedokteran juga berguna untuk mendata pasien yang masuk dan keluar Rumah Sakit, digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
2.2 Manfaaat TIK dalam Kehidupan Manusia
2.2.1 Bidang Sains
Dalam bidang ini teknologi informasi dapat digunakan untuk meramalkan cuaca, misalnya hujan. Dengan manfaat ini masyarakat dapat mengantisipasi kondisi tersebut. Selain peramalan cuaca manfaat lainnya yaitu dapat meluncurkan satelit yang bisa kita pantau dari bumi.

2.2.2 Bidang teknik / rekayasa
Manfaat aplikasi pada bidang ini yaitu dapat menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll. Contoh dari aplikasi ini yaitu,seperti Auto Cad, Corell Draw, Ms Project

2.2.3 Bidang Ekonomi
Pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melaui e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui internet. Seperti misalnya informasi mengenai spesifikasi dan harga produk yang dijual serta transaksi penjualannya.
                             
2.2.4 Bidang Bisnis
 Teleconference merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat terus memantau kegiatan bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisnismeskipun tidak berada di tempat dan bertatap muka.

2.2.5 Bidang Administrasi Umum
Dengan kemajuan teknologi, kegiatan yang tadi nya dikerjakan secara manual sudah bisa dikerjakan dengan komputer yang tentunya lebih bisa menghemat waktu dan biaya serta kegiatannya lebih efektif.

2.2.6 Bidang perbankan
Transaksi Bank yang sangat banyak sangat terbantu oleh aplikasi teknologi dalam perbakan. Misalnya e-Banking akan mempermudah transaksi bagi para nasabah.

2.2.7 Bidang Pendidikan
Peran teknologi di bidang ini memang sangat penting. Karena dengan teknologi dunia pendidikan bisa lebih efektif dan memudahkan para pelajar mendapatkan tambahan atu mengembangkan materi yang dipelajarinya. Selain itu teknologi memudahkan juga dalam proses belajarnya seperti E-Learning, proses belajar yang bisa dilakukan tanpa tatap muka.

2.2.8 Bidang Pemerintahan
Pembuatan web atau situs pemerintahan akan memudahkan masyarakat luas mengetahui informasi mengenai pemerintahan. Misal kinerja, program maupun kebijakan baru yang yang berkaitan dengan insatansi pemerintah.

2.2.9 Bidang Kesehatan
Alat pendeteksi jantung untuk mengecek kondisi jantung dan USG bagi ibu hamil dalam memantau perkembangan janin yang dikandung. Kedua hal tersebut merupakan contoh penerapan teknologi dalam bidang kesehatan.
2.2.10  Bidang Industri / Manufaktur
Pekerjaan mesin-mesin dengan sistem terkomputerisasi sekarang ini sudah banyak dipakai oleh perusahaan manufaktur. Pemanfaatan tersebut bisa memberi nilai tambah bagi perusahaan dalam hal 3E yaitu ekonomi, efisien dan efektif.

2.2.11  Bidang Transportasi
GPS merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi dalam bidang ini. Dengan dipasangnya GPS di mobil para pngendara mobil dapat dengan mudah menentukan lokasi yang dituju.

2.2.12 Bidang Pertahanan dan Keamanan
Keamanan dapat di deteksi dengan pemasangan radar yang akan memantau perlintasan luar yang masuk baik melalui darat, air maupun laut.

2.2.13 Bidang Permainan
Para penggemar game baik online maupun offline sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam game yang baru hasil dari kecanggihan teknologi.
























BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
·      Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai kehidupan manusia.
·      Teknologi juga mempunyai bannyak manfaat bagi kehidupan manusia
3.2 Saran
Meskipun Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai banyak peranan dan manfaat dalam mempermudah kehidupan manusia, alangkah baiknya jika kita tetap memerhatikan dampak dari TIK itu sendiri, karena segala sesuatu ada manfaat dan dampaknya.























0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda