OBSERVASI
OBSERVASI BUDAYA SEKOLAH
Nama Sekolah :
........................................................................................................
Alamat : ........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
Petunjuk pengisian :
1.
Di bawah ini Anda akan menjumpai sejumlah
pernyataan yang menggambarkan tentang Budaya Organisasi di sekolah yang anda observasia.Anda
diminta memberikan pendapat tentang kebiasaan, suasana dan tata cara
berperilaku atau bertindak yang sudah
sejak lama dilakukan atau dikembangkan di sekolah Anda.
2.
Bubuhkan tanda check list (P ) pada kolom yang telah disediakan untuk pilihan jawaban yang menurut
Anda paling tepat setelah anda konvirmasi
dengan wawancara.
Keterangan :
|
SL
|
= Selalu
|
|
|
|
|
|
|
SR
|
= Sering
|
|
|
|
|
|
|
KK = Kadang-kadang
|
|
|
|
|
|
|
|
JR
|
= Jarang
|
|
|
|
|
|
|
TP = Tidak Pernah
|
|
|
|
|
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
JAWABAN
|
||||
SL
|
SR
|
KK
|
JR
|
TP
|
||
1.
|
Guru memberi salam saat memasuki kelas
|
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa memberi salam saat memasuki kelas
|
|
|
|
|
|
3.
|
Sebelum memulai
pembelajaran, siswa berdo’abersama.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dalam diskusi, siswa berkomunikasi dengan santun
|
|
|
|
|
|
5.
|
Secara berkala, di sekolah ini diselenggarakan acara pertemuan keluarga besar staf sekolah, dengan
suasana yang akrab dan penuh canda
|
|
|
|
|
|
6.
|
Secara berkala, di sekolah ini diselenggarakan acara sarasehan atau
temu wicara yang melibatkan seluruh warga
sekolah untuk bertukar
fikiran mengenai perkembangan
dan kemajuan pendidikan di sekolah ini.
|
|
|
|
|
|
7.
|
Para siswa selalu menyapa dan mengucapkan salam jika bertemu dengan
guru.
|
|
|
|
|
|
8.
|
Dalam percakapan sehari-hari dengan
sesama siswa, para siswa menggunakan bahasa yang sopan dan dapat
menunjukkan keterpelajarannya.
|
|
|
|
|
|
9.
|
Jika ada tamu yang datang ke sekolah, khususnya orang tua
siswa, petugas piket menyambut
ramah dengan mengatakan ada yang
bisa saya bantu
atau ungkapan kalimat lain yang sejenis.
|
|
|
|
|
|
10.
|
Siswa mengenakan pakaian seragam sekolah secara
rapih dan tertib, lengkap dengan atributnya, seperti tanda lokasi sekolah,
lambang OSIS, dan atau emblem sekolah.
|
|
|
|
|
|
11.
|
Di sekolah ini
dipampang tulisan-tulisan atau monumen yang
mencerminkan komitmen sekolah terhadap peningkatan mutu
pendidikan.
|
|
|
|
|
|
12.
|
Siswa di sekolah ini memiliki disiplin
yang tinggi, baik
dalam kehadiran, pergaulan, maupun dalam belajar
|
|
|
|
|
|
13.
|
Di sekolah ini tidak terdapat kasus-kasus kenakalan remaja, seperti
perkelahian, terlibat narkoba
atau pergaulan bebas.
|
|
|
|
|
|
14.
|
Prestasi
akademik siswa di sekolah ini sudah dapat dibanggakan
|
|
|
|
|
|
15.
|
Di sekolah ini,
para siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik
|
|
|
|
|
|
16.
|
Disekolahini,kemampuangurudalam melaksanakan pembelajaran siswa
sudah sangat baik.
|
|
|
|
|
|
17.
|
Motivasi kerja guru
di sekolah ini
sudah sangat memadai
|
|
|
|
|
|
18.
|
Pada umumnya, guru di sekolah ini memiliki disiplin yang tinggi dalam
melaksanakan tugas-tugasnya.
|
|
|
|
|
|
19.
|
Guru-guru di sekolah ini sudah dapat menunjukkan keteladanan dan layak
menjadi panutan.
|
|
|
|
|
|
20.
|
Tata tertib/aturan yang diberlakukan di sekolah ini, baik untuk guru
maupun untuk siswa dipandang telah cukup
efektif untuk mengendalikan perilaku
guru maupun siswa
|
|
|
|
|
|
21.
|
Tata tertib siswa
diberitahukan sejak awal
siswa memasuki sekolah ini,
dengan disertai pernyataan kesanggupan siswa untuk
mematuhinya.
|
|
|
|
|
|
22.
|
Di setiap kelas, terpampang tata tertib siswa dengan penataan yang
mudah dilihat
|
|
|
|
|
|
23.
|
Dalam berbagai kesempatan, guru maupun kepala sekolah mengingatkan
tentang isi dan konsekwensi dari tata tertib siswa kepada para siswa
|
|
|
|
|
|
24.
|
Setiap ada guru baru di sekolah ini selalu diberitahukan tentang
tata-tertib/atau aturan main yang berlaku di sekolah ini
|
|
|
|
|
|
25.
|
Seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah,
guru, maupun para siswa telah menyadari tentang pentingnya upaya meningkatkan
mutu pendidikan di sekolah ini.
|
|
|
|
|
|
26.
|
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
ini, para guru selalu berusaha meningkatkan kemampuan profesionalnya.
|
|
|
|
|
|
27.
|
Dalam rangka pencapaian mutu pendidikan di
sekolah ini, sekolah sangat memperhatikan kesejahteraan guru, baik yang
bersifat materi maupun non materi.
|
|
|
|
|
|
28.
|
Agar mutu pendidikan di sekolah ini dapat
tercapai dengan baik, maka secara terus menerus sekolah melaksanakan berbagai
perbaikan berdasarkan pada data hasil evaluasi atau penelitian.
|
|
|
|
|
|
29.
|
Sekolah mengembangkan kerja sama dengan para pengusaha,
tokoh masyarakat dan ahli untuk kepentingan peningkatan mutu pendidikan di
sekolah ini.
|
|
|
|
|
|
30.
|
Untuk menjamin mutu pendidikan di sekolah ini,
sekolah memberikan sanksi yang tegas kepada guru maupun siswa yang sering
melanggar ketentuan atau peraturan sekolah.
|
|
|
|
|
|
31.
|
Upaya untuk memberikan kepuasan kepada para
siswa, orang tua maupun masyarakat merupakan dasar dan keyakinan para guru
dan personil sekolah dalam melaksanakan tugas.
|
|
|
|
|
|
32.
|
Sekolah menanggapi secara positif terhadap
setiap keluhan yang dilontarkan oleh siswa, orang tua maupun masyarakat.
|
|
|
|
|
|
33.
|
Untuk dapat memberikan kepuasan kepada siswa,
di sekolah ini berupaya untuk menyediakan sarana dan prasarana belajar yang
dibutuhkan siswa.
|
|
|
|
|
|
34.
|
Setiap ruangan di sekolah ini ditata dengan
rapih dan bersih sehingga menimbulkan rasa betah.
|
|
|
|
|
|
35.
|
Kondisi setiap bangunan terawat dengan baik
sehingga merasa aman dan nyaman untuk menggunakannya
|
|
|
|
|
|
36.
|
Di halaman sekolah disediakan taman dan
ditanami pohon yang rindang sehingga tampak asri dan indah.
|
|
|
|
|
|
37.
|
Setiap ruangan memiliki penerangan dan
ventilasi yang memadai sehingga tidak terasa pengap.
|
|
|
|
|
|
38.
|
Sekolah ini dikelilingi pagar atau benteng
sekolah sehingga mendukung terhadap keamanan dan ketertiban sekolah.
|
|
|
|
|
|
39.
|
Kapasitas ruangan guru dan kelas disesuaikan
dengan jumlah penghuninya sehingga tidak terasa sumpek.
|
|
|
|
|
|
40.
|
Ada acara peringatan keagamaan secara
terjadwal
|
|
|
|
|
|
41.
|
Apakah ada seminar berkala
|
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA PENGAMATAN TERHADAP PESERTA DIDIK
Petunjuk:
1. Bacalah pertanyaan yang ada di dalam
kolom dengan teliti
2. Isilah kolom yang kosong sesuai
dengan hasil pengamatan yang kamu
lakukan
Nama Sekolah :
Kurikulum :
Mata Pelajaran :
Kelas Semester :
Tahun Pelajaran :
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
JR
|
TP
|
1.
|
Peserta mengalami keluhan terhadap
masalah kesehatan
|
|
|
|
|
2.
|
Peserta
didik dapat menentukan minat, bakat, intelegensinya
|
|
|
|
|
3.
|
Peserta
didik dapat mengendalikan emosi (mudah tersinggung, simpati, tolong
menolong,menghargai org lain)
|
|
|
|
|
4.
|
Peserta
didik sudah mampu berfikir abstrak ( Melihat, merasa, meraba)
|
|
|
|
|
5.
|
Peserta
didik dapat bersosialisasi dengan teman temannya dengan baik, seperti
mengenal teman, menghafal nama teman, dapat mengatasi perselisihan dengan
teman, mempunyai perasaan yang berbeda dengan lawan jenis.
|
|
|
|
|
6.
|
Peserta didik termasuk orang yang suka dengan orang yang
berkata kasar atau yang sikap kurang
sopan
|
|
|
|
|
7.
|
Peserta
didik dapat mengenal agamanya dengan baik
(seperti melaksanakan kewajiban
agamanya, merasa imannya sering naik dan turun).
|
|
|
|
|
8.
|
Peserta didik merasa kebutuhan dasar seperti
sandang pangan dan papan sudah terpenuhi,
mendapat kasih saying yang cukup dari orang tau, teman teman mempunyai
rasa empati atau kepedulian terhadapnya
|
|
|
|
|
9.
|
Peserta
didik sudah mantap dengan jurusan yang di pilih, merasa yakin akan lulus
dengan nilai yang maksimum, sudah dapat menerima kondisi kemapuannya dari
hasil yang di dapatkan, Sudah memiliki hubungan yang serius dengan lawan
jenis, berkeinginan dan berusaha menjadi orang yang
peduli dan saling tolong-menolong kepada sesama.
|
|
|
|
|
10.
|
Peserta
didik sudah yakin lingkungan yang sekarang sudah cukup nyaman, merasa
mempunyai kesulitan dalam beradaptasi di lingkungannya.dan mempunyai masalah
di lingkungannya.
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA PENGAMATAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN
Petunjuk:
1. Bacalah pertanyaan yang ada di dalam
kolom dengan teliti
2. Isilah kolom yang kosong sesuai
dengan hasil pengamatan yang kamu
lakukan
Nama Sekolah :
Kurikulum :
Mata Pelajaran :
Kelas Semester :
Tahun Pelajaran :
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
JR
|
TP
|
1
|
Apakah guru menggunakan fasilitas dan
sumber belajar ketika megajar ?
|
|
|
|
|
2
|
Apakah guru melaksanakan tugas rutin
di kelas?
|
|
|
|
|
3
|
Apakah guru melaksanakan pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran?, sesuai dengan situasi siswa dan
lingkungan siswa?
|
|
|
|
|
4
|
Apakah guru menggunakan alat bantu (
media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan?. sesuai dengan situasi siswa
dan lingkungan siswa?.
|
|
|
|
|
5
|
Apakah guru melaksanakan pembelajaran
dalam urutan yang logis?
|
|
|
|
|
6
|
Apakah guru melakukan perbaikan
pembelajaran secara individu, kelompok atau klasikal ?.
|
|
|
|
|
7
|
Apakah guru menggunakan waktu mengajar
secara efisien ?.
|
|
|
|
|
8
|
Apakah guru memberi petunjuk dan penjelasan
yang berkaitan denga isi pembelajaran?
|
|
|
|
|
9
|
Apakah guru menanggapi setiap
pertanyaan yang di ajukan oleh siswa?.
|
|
|
|
|
10
|
Apakah guru menggunakan ekspresi
lisan, tulisan, isyarat dan gerak badan ketika berhadapan dengan siswa yang
ada di kelas?.
|
|
|
|
|
11
|
Apakah guru memicu dan memelihara
ketertiban siswa?.
|
|
|
|
|
12
|
Apakah guru memantapkan penguasaan
materi pembelajaran di dalam pengelolaan interaksi kelas?.
|
|
|
|
|
13
|
Apakah guru menunjukkan sikap ramah,
luwes, terbuka, penuh pengertian dan sabar kepada siswa?
|
|
|
|
|
14
|
Apakah guru bersemanagat dalam
mengajar?
|
|
|
|
|
15
|
Apakah guru mengembangkan hubungan
antar pribadi yang sehat dan serasi?
|
|
|
|
|
16
|
Apakah guru membatu siswa menyadari
kelebihan dan kekurangan ?.
|
|
|
|
|
17
|
Apakah guru membantu siswa dalam menumbuhkan
kepercayaan diri?
|
|
|
|
|
18
|
Apakah guru mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu? Mis:
(B.Indonesia) Penguasaan materi Bahasa
Indonesia, mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan bernalar?,
memberikan latihan berbahasa, peka terhadap penguasaan istilah teknis,
memupuk kegemaran membaca.
(Matematika) Menanamkan konsep
matematika sesuai dengan karakteristik materi, menguasai symbol symbol
matematika, mengaplikasikan soal matematika dalam kehidupan sehari hari,
menguasai materi matematika.
(IPA) Membimbing siswa membuktikan
konsep IPA melalui alat pengalaman langsung terhadap objek yang di pelajari,
meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai
kegiatan, menggunakan istilah yang tepat pada setiap pembelajaran,terampil
dalam melakukan percobaan, menerapkan konsep IPA dalam kehidupan
sehari-hari,menampilkan penguasaan IPA.
(IPS) memahami konsep IPS, memahami
konsep waktu, pemahaman konsep ruang.
(PPKN) menggunakan metode dan alat
bantu dalam pembelajaran PKN, melibatkan keterlibatan siswa dalam
pembelajaran PKN, penggunaan istilah istilah dalam PKN, Penguasaan materi
PKN, menerapkan konsep pendidikan PKN dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
19
|
Apakah guru melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
berlangsung?
|
|
|
|
|
20
|
Apakah guru melaksanakan penilaian
pada akhir pembelajaran ?
|
|
|
|
|
21
|
Apakah guru efektif dalam melaksanakan
proses pembelajaran?
|
|
|
|
|
22
|
Apakah guru menggunakan Bahasa
Indonesia secara lisan dengan baik dan benar?
|
|
|
|
|
23
|
Apakah guru peka terhadap masalah masalah
yang di hadapi siswa di dalam kelas? Seperti dalam penguasaan materi,
Interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa?
|
|
|
|
|
24
|
Apakah guru peka terhadap bahasa
Indonesia yang baik dan benar?
|
|
|
|
|
25
|
Bagaimana penampilan guru dalam
pembelajaran di dalam kelas?
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA
PENGAMATAN TERHADAP GURU DALAM PBM
Petunjuk:
1.
Bacalahpertanyaan yang ada di dalamkolomdenganteliti
2.
Isilahkolom sesuaidenganhasilpengamatan yang kamulakukan
Nama Guru
:……………………
Matapelajaran : ……………………
Kelas/Semester : ……………………
Nama Sekolah : ……………………
Tanggal Pengamatan : …………………….
No
|
Pernyataan
|
Hasil
Pengamatan
|
|||
Kompetensi
Pedagogik
|
SL
|
SR
|
JR
|
TP
|
|
1
|
Guru memperhatikan karakter/pribadi
siswa dalam menentukan tempat duduk
|
|
|
|
|
2
|
Guru memperhatikan kecerdasan siswa
dalam membagi kelompok diskusi
|
|
|
|
|
3
|
Guru memperhatikan siswa yang belum
memahami materi yang disampaikan
|
|
|
|
|
4
|
Guru menyapa siswa yang tidak memperhatikan
guru menjelaskan materi
|
|
|
|
|
5
|
Dalam PBM, guru secara acak bertanya
kepada siswa untuk mengulangi materi
|
|
|
|
|
6
|
Dalam PBM, guru menyuruh siswa secara
acak untuk menjelaskan materi yang didiskusikan
|
|
|
|
|
7
|
Guru memberikan penguatan pada setiap
materi yang penting
|
|
|
|
|
8
|
Guru memberi penghargaan bagi siswa
yang menyerap materi yang disampaikan
|
|
|
|
|
Kompetensi
Kepribadian
|
SL
|
SR
|
JR
|
TP
|
|
1
|
Guru berpakaian rapi dalam mengajar
|
|
|
|
|
2
|
Guru berpenampilan sebagai pendidik
(guru)
|
|
|
|
|
3
|
Guru berbicara santun dengan siswa
|
|
|
|
|
4
|
Guru disiplin dalam melaksanakan tugas
mengajar
|
|
|
|
|
5
|
Guru menjadi inpirator bagi siswa
dalam belajar
|
|
|
|
|
Kompetensi
Sosial
|
SL
|
SR
|
JR
|
TP
|
|
1
|
Guru menggunakan kata yang tidak
menyinggung orang lain dalam berbicara
|
|
|
|
|
2
|
Guru dapat berkomunikasi baik dengan
semuan orang berbagai jenjang umur
|
|
|
|
|
3
|
Guru dapat berkomunikasi baik dengan
semua orang tanpa melihat rasa atau suku dan agama
|
|
|
|
|
4
|
Guru berkomunikasi dengan orang secara
baik, tanpa mempertahikan status/pekerjaan
orang tersebut
|
|
|
|
|
5
|
Guru berkomunikasi dengan lancar,
tanpa melihat tempat/lokasinya.
|
|
|
|
|
Kompetensi
Profesional
|
SL
|
SR
|
JR
|
TP
|
|
1
|
Guru mengaitkan materi dengan aplikasi
di lapangan
|
|
|
|
|
2
|
Guru menyajikan materi dengan mudah
dipahami siswa
|
|
|
|
|
3
|
Guru memancing siswa untuk
bertanya/mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Guru menanggapi pertanyaan siswa
dengan ringkas dan tuntas
|
|
|
|
|
5
|
Guru membuat kesimpulan materi dengan
singkat
|
|
|
|
|
Deskripsi hasil pengamatan
|
Di: Medan, 2017
Observer,
( ) (
)
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda