Kamis, 06 Juli 2017

OBSERVASI



OBSERVASI  BUDAYA SEKOLAH

Nama Sekolah : ........................................................................................................
Alamat                        : ........................................................................................................
                          ........................................................................................................
                          ........................................................................................................
Petunjuk pengisian :

1.         Di bawah ini Anda akan menjumpai sejumlah pernyataan yang menggambarkan tentang Budaya Organisasi di sekolah yang anda observasia.Anda diminta memberikan pendapat tentang kebiasaan, suasana dan tata cara berperilaku atau bertindak yang sudah sejak lama dilakukan atau dikembangkan di sekolah Anda.

2.         Bubuhkan tanda check list (P ) pada kolom yang telah disediakan untuk pilihan jawaban yang menurut Anda paling tepat setelah anda konvirmasi dengan wawancara.


Keterangan :


SL
=  Selalu






SR
=  Sering






KK   =  Kadang-kadang






JR
= Jarang






TP =  Tidak Pernah






NO.
PERNYATAAN
JAWABAN
SL
SR
KK
JR
TP
1.         
Guru memberi salam saat memasuki kelas





2.         
Siswa memberi salam saat memasuki kelas





3.       
Sebelum  memulai   pembelajaran,   siswa berdo’abersama.





4.       
Dalam diskusi, siswa berkomunikasi  dengan santun





5.         
Secara berkala, di sekolah ini diselenggarakan acara pertemuan keluarga besar staf sekolah, dengan suasana yang akrab dan penuh canda





6.         
Secara berkala, di sekolah ini diselenggarakan acara sarasehan atau temu wicara yang melibatkan seluruh warga  sekolah  untuk  bertukar  fikiran  mengenai perkembangan dan kemajuan pendidikan di sekolah ini.





7.         
Para siswa selalu menyapa dan mengucapkan salam jika bertemu dengan guru.





8.         
Dalam   percakapan   sehari-hari   dengan   sesama siswa, para siswa menggunakan bahasa yang sopan dan dapat menunjukkan keterpelajarannya.





9.         
Jika ada tamu yang datang ke sekolah, khususnya orang  tua  siswa,  petugas piket  menyambut  ramah dengan  mengatakan  ada  yang  bisa  saya  bantu  atau ungkapan kalimat lain yang sejenis.





10.      
Siswa mengenakan pakaian seragam sekolah secara rapih dan tertib, lengkap dengan atributnya, seperti tanda lokasi sekolah, lambang OSIS, dan atau emblem sekolah.





11.      
Di   sekolah   ini   dipampang   tulisan-tulisan   atau monumen  yang  mencerminkan  komitmen  sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan.





12.      
Siswa di sekolah ini memiliki disiplin yang  tinggi,  baik   dalam  kehadiran,  pergaulan, maupun dalam belajar





13.      
Di sekolah ini tidak terdapat kasus-kasus kenakalan remaja,  seperti  perkelahian,  terlibat  narkoba  atau pergaulan bebas.





14.      
Prestasi  akademik  siswa  di sekolah ini sudah dapat dibanggakan





15.      
Di  sekolah  ini,  para  siswa  memiliki kebiasaan belajar yang baik





16.      
Disekolahini,kemampuangurudalam melaksanakan  pembelajaran  siswa  sudah  sangat baik.





17.      
Motivasi  kerja  guru  di  sekolah  ini  sudah  sangat memadai





18.      
Pada umumnya, guru di sekolah ini memiliki disiplin yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugasnya.





19.      
Guru-guru di sekolah ini sudah dapat menunjukkan keteladanan dan layak menjadi panutan.





20.      
Tata tertib/aturan yang diberlakukan di sekolah ini, baik untuk guru maupun untuk siswa dipandang telah cukup  efektif  untuk  mengendalikan  perilaku  guru maupun siswa





21.      
Tata  tertib  siswa  diberitahukan  sejak  awal  siswa memasuki  sekolah  ini,  dengan  disertai  pernyataan kesanggupan siswa untuk mematuhinya.





22.      
Di setiap kelas, terpampang tata tertib siswa dengan penataan yang mudah dilihat





23.      
Dalam berbagai kesempatan, guru maupun kepala sekolah mengingatkan tentang isi dan konsekwensi dari tata tertib siswa kepada para siswa





24.      
Setiap ada guru baru di sekolah ini selalu diberitahukan tentang tata-tertib/atau aturan main yang berlaku di sekolah ini





25.      
Seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, maupun para siswa telah menyadari tentang pentingnya upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini.





26.      
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini, para guru selalu berusaha meningkatkan kemampuan profesionalnya.





27.      
Dalam rangka pencapaian mutu pendidikan di sekolah ini, sekolah sangat memperhatikan kesejahteraan guru, baik yang bersifat materi maupun non materi.





28.      
Agar mutu pendidikan di sekolah ini dapat tercapai dengan baik, maka secara terus menerus sekolah melaksanakan berbagai perbaikan berdasarkan pada data hasil evaluasi atau penelitian.





29.      
Sekolah mengembangkan kerja sama dengan para pengusaha, tokoh masyarakat dan ahli untuk kepentingan peningkatan mutu pendidikan di sekolah ini.





30.      
Untuk menjamin mutu pendidikan di sekolah ini, sekolah memberikan sanksi yang tegas kepada guru maupun siswa yang sering melanggar ketentuan atau peraturan sekolah.





31.      
Upaya untuk memberikan kepuasan kepada para siswa, orang tua maupun masyarakat merupakan dasar dan keyakinan para guru dan personil sekolah dalam melaksanakan tugas.





32.      
Sekolah menanggapi secara positif terhadap setiap keluhan yang dilontarkan oleh siswa, orang tua maupun masyarakat.





33.      
Untuk dapat memberikan kepuasan kepada siswa, di sekolah ini berupaya untuk menyediakan sarana dan prasarana belajar yang dibutuhkan siswa.





34.      
Setiap ruangan di sekolah ini ditata dengan rapih dan bersih sehingga menimbulkan rasa betah.





35.      
Kondisi setiap bangunan terawat dengan baik sehingga merasa aman dan nyaman untuk menggunakannya





36.      
Di halaman sekolah disediakan taman dan ditanami pohon yang rindang sehingga tampak asri dan indah.





37.      
Setiap ruangan memiliki penerangan dan ventilasi yang memadai sehingga tidak terasa pengap.





38.      
Sekolah ini dikelilingi pagar atau benteng sekolah sehingga mendukung terhadap keamanan dan ketertiban sekolah.





39.      
Kapasitas ruangan guru dan kelas disesuaikan dengan jumlah penghuninya sehingga tidak terasa sumpek.





40.      
Ada acara peringatan keagamaan secara terjadwal





41.      
Apakah ada seminar berkala







LEMBAR KERJA PENGAMATAN TERHADAP PESERTA DIDIK
Petunjuk:
1. Bacalah pertanyaan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. Isilah kolom yang kosong sesuai dengan hasil  pengamatan yang kamu lakukan

Nama Sekolah                 :
Kurikulum                       :
Mata Pelajaran                 :                                                    
Kelas Semester                :                                                    
Tahun Pelajaran               :

No
Pernyataan
SL
SR
JR
TP
1.       
Peserta mengalami keluhan terhadap masalah kesehatan




2.       
Peserta didik dapat menentukan minat, bakat, intelegensinya




3.       
Peserta didik dapat mengendalikan emosi (mudah tersinggung, simpati, tolong menolong,menghargai org lain)




4.       
Peserta didik sudah mampu berfikir abstrak ( Melihat, merasa, meraba)




5.       
Peserta didik dapat bersosialisasi dengan teman temannya dengan baik, seperti mengenal teman, menghafal nama teman, dapat mengatasi perselisihan dengan teman, mempunyai perasaan yang berbeda dengan lawan jenis.




6.       
Peserta didik termasuk orang yang suka dengan orang yang berkata kasar atau yang  sikap kurang sopan




7.       
Peserta didik dapat mengenal agamanya dengan baik  (seperti melaksanakan kewajiban agamanya, merasa imannya sering naik dan turun).




8.       
Peserta didik merasa kebutuhan dasar seperti sandang pangan dan papan sudah terpenuhi,  mendapat kasih saying yang cukup dari orang tau, teman teman mempunyai rasa empati atau kepedulian terhadapnya




9.       
Peserta didik sudah mantap dengan jurusan yang di pilih, merasa yakin akan lulus dengan nilai yang maksimum, sudah dapat menerima kondisi kemapuannya dari hasil yang di dapatkan, Sudah memiliki hubungan yang serius dengan lawan jenis, berkeinginan dan berusaha menjadi orang yang peduli dan saling tolong-menolong kepada sesama.




10.   
Peserta didik sudah yakin lingkungan yang sekarang sudah cukup nyaman, merasa mempunyai kesulitan dalam beradaptasi di lingkungannya.dan mempunyai masalah di lingkungannya.





LEMBAR KERJA PENGAMATAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN
Petunjuk:
1. Bacalah pertanyaan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. Isilah kolom yang kosong sesuai dengan hasil  pengamatan yang kamu lakukan

Nama Sekolah                 :
Kurikulum                       :
Mata Pelajaran                 :                                                    
Kelas Semester                :                                                    
Tahun Pelajaran               :

No
Pernyataan
SL
SR
JR
TP
1
Apakah guru menggunakan fasilitas dan sumber belajar ketika megajar ?




2
Apakah guru melaksanakan tugas rutin di kelas?




3
Apakah guru melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran?, sesuai dengan situasi siswa dan lingkungan siswa?




4
Apakah guru menggunakan alat bantu ( media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan?. sesuai dengan situasi siswa dan lingkungan siswa?.




5
Apakah guru melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis?




6
Apakah guru melakukan perbaikan pembelajaran secara individu, kelompok atau klasikal ?.




7
Apakah guru menggunakan waktu mengajar secara efisien ?.




8
Apakah guru memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan denga isi pembelajaran?




9
Apakah guru menanggapi setiap pertanyaan yang di ajukan oleh siswa?.




10
Apakah guru menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat dan gerak badan ketika berhadapan dengan siswa yang ada di kelas?.




11
Apakah guru memicu dan memelihara ketertiban siswa?.




12
Apakah guru memantapkan penguasaan materi pembelajaran di dalam pengelolaan interaksi kelas?.




13
Apakah guru menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian dan sabar kepada siswa?




14
Apakah guru bersemanagat dalam mengajar?




15
Apakah guru mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi?




16
Apakah guru membatu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan ?.




17
Apakah guru membantu siswa dalam menumbuhkan kepercayaan diri?




18
Apakah guru mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu? Mis:
(B.Indonesia) Penguasaan materi Bahasa Indonesia, mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan bernalar?, memberikan latihan berbahasa, peka terhadap penguasaan istilah teknis, memupuk kegemaran membaca.
(Matematika) Menanamkan konsep matematika sesuai dengan karakteristik materi, menguasai symbol symbol matematika, mengaplikasikan soal matematika dalam kehidupan sehari hari, menguasai materi matematika.
(IPA) Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui alat pengalaman langsung terhadap objek yang di pelajari, meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan, menggunakan istilah yang tepat pada setiap pembelajaran,terampil dalam melakukan percobaan, menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari,menampilkan penguasaan IPA.
(IPS) memahami konsep IPS, memahami konsep waktu, pemahaman konsep ruang.
(PPKN) menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran PKN, melibatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PKN, penggunaan istilah istilah dalam PKN, Penguasaan materi PKN, menerapkan konsep pendidikan PKN dalam kehidupan sehari-hari.




19
Apakah guru melaksanakan  penilaian selama proses pembelajaran berlangsung?




20
Apakah guru melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran ?




21
Apakah guru efektif dalam melaksanakan proses pembelajaran?




22
Apakah guru menggunakan Bahasa Indonesia secara lisan dengan baik dan benar?




23
 Apakah guru peka terhadap masalah masalah yang di hadapi siswa di dalam kelas? Seperti dalam penguasaan materi, Interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa?




24
Apakah guru peka terhadap bahasa Indonesia yang baik dan benar?




25
Bagaimana penampilan guru dalam pembelajaran di dalam kelas?









LEMBAR KERJA
PENGAMATAN TERHADAP GURU DALAM PBM
Petunjuk:
            1. Bacalahpertanyaan yang ada di dalamkolomdenganteliti
            2. Isilahkolom sesuaidenganhasilpengamatan yang kamulakukan

Nama   Guru                            :……………………
Matapelajaran                          : ……………………
Kelas/Semester                        : ……………………
Nama Sekolah                         : ……………………
Tanggal Pengamatan               : …………………….

No
Pernyataan
Hasil Pengamatan
Kompetensi Pedagogik
SL
SR
JR
TP
1
Guru memperhatikan karakter/pribadi siswa dalam menentukan tempat duduk




2
Guru memperhatikan kecerdasan siswa dalam membagi kelompok diskusi




3
Guru memperhatikan siswa yang belum memahami materi yang disampaikan




4
Guru menyapa siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan materi




5
Dalam PBM, guru secara acak bertanya kepada siswa untuk mengulangi materi




6
Dalam PBM, guru menyuruh siswa secara acak untuk menjelaskan materi yang didiskusikan




7
Guru memberikan penguatan pada setiap materi yang penting




8
Guru memberi penghargaan bagi siswa yang menyerap materi yang disampaikan




Kompetensi Kepribadian
SL
SR
JR
TP
1
Guru berpakaian rapi dalam mengajar




2
Guru berpenampilan sebagai pendidik (guru)




3
Guru berbicara santun dengan siswa




4
Guru disiplin dalam melaksanakan tugas mengajar




5
Guru menjadi inpirator bagi siswa dalam belajar




Kompetensi Sosial
SL
SR
JR
TP
1
Guru menggunakan kata yang tidak menyinggung orang lain dalam berbicara




2
Guru dapat berkomunikasi baik dengan semuan orang berbagai jenjang umur




3
Guru dapat berkomunikasi baik dengan semua orang tanpa melihat rasa atau suku dan agama




4
Guru berkomunikasi dengan orang secara baik,  tanpa mempertahikan status/pekerjaan orang tersebut




5
Guru berkomunikasi dengan lancar, tanpa melihat tempat/lokasinya.




Kompetensi Profesional
SL
SR
JR
TP
1
Guru mengaitkan materi dengan aplikasi di lapangan




2
Guru menyajikan materi dengan mudah dipahami siswa




3
Guru memancing siswa untuk bertanya/mengemukakan pendapat




4
Guru menanggapi pertanyaan siswa dengan ringkas dan tuntas




5
Guru membuat kesimpulan materi dengan singkat





Deskripsi hasil pengamatan












Di:                                                                                           Medan,                                  2017
                                                                                                Observer,







(                                       )                                           (                                                  )




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda