Rabu, 05 Juli 2017

Critical jurnal riview Managemen pendidikan



REVIEW JURNAL

JUDUL
PROGRAM PENINGKATAN MUTU GURU BERBASIS KEBUTUHAN
JURNAL
MANAJEMEN PENDIDIKAN
DOWNLOAD
Eujournal.com
VOLUME DAN HALAMAN
Volume 23, Nomor 5 , halaman 395-402
TAHUN
Maret 2012
PENULIS
Dwi Esti Andriani
REVIEW
Yulius Purba
TANGGAL
01 April 2017


TUJUAN PENELITI
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program peningkatan kualitas guru berdasarkan kebutuhanguru.
SUBJEK PENELITI
Sampel penelitian dipilih secara acak pada 607 guru SMP se-Kabupaten Banyumas.
ASSESMENT DATA
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian dengan pendekatan positivisme, yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal yang diolah dengan metode statistik dalam rangka pengujian hitpotesis (Azwar,1998).
METODE PENELITIAN
Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif.
LANGKAH PENELITIAN
Langkah penelitian ini adalah peneliti melakukan Pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup dan terbuka.
HASIL PENELITIAN
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui profil guru SMP se-Kabupaten Banyumas sebagai berikut. Dilihat dari masa kerja dan karir guru, semua guru mulai dari yang masa kerjanya belum lama, yaitu 1-7 tahun hingga yang masa kerjanya telah lama, yaitu e” 31 tahun masih mengalami kesulitan untuk naik golongan e” IV/b. Mengacu pada peraturan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru, kenaikan golongan dari IV/a ke IV/b mensyaratkan karya tulis ilmiah guru. Dengan kata lain, data tersebut mengindikasikan bahwa masih banyak guru yang mengalami kesulitan membuat karya tulis ilmiah. Oleh karena itu, para guru membutuhkan program/kegiatan diklat, shourcourse, dan sejenisnya untuk meningkatkan kompetensi membuat karya ilmiah. Terlebih, capaian kompetensi penulisan karya ilmiah guru masih berada dalam kategori kurang kompeten.
Dilihat dari kualifikasi akademik, sebagian besar responden, yaitu 566 orang (93,2%) telah memenuhi kualifikasi akademik yang disyaratkan, yaitu berpendidikan minimal D4/S1, 13 orang diantaranya (2,1%) telah melampaui standar yang ditetapkan, yaitu berpendidikan S2 518 orang (85,3%) berpendidikan sesuai persyaratan dan relevan dengan bidang ajarnya. Dikaitkan dengan masa kerja, diketahui bahwa guru yang masa kerjanya sebentar (1-7 tahun) telah berpendidikan S1. Hal ini mengindikasikan bahwa penerimaan guru saat ini telah memperhatikan standar kualifikasi guru. Hal ini mungkin agak sulit dilakukan di masa lalu disaat jumlah lulusan guru belum banyak, dan masih sedikit orang yang berminat menjadi guru di daerah. Oleh karenanya, ditemukan guru-guru lama yang berusia tua belum memenuhi standar kualifikasi akademik.


KEKUATAN
Kekuatannya jurnal ini adalah peneliti melakukan subjek sebanyak 607 guru SMP se-Kabupaten Banyumas.
KELEMAHAN
Kelemahan jurnal ini adalah jurnal ini susah di mengerti oleh pembaca.
KESIMPULAN
Program peningkatan mutu guru dibutuhkan oleh para guru SMP se-Kabupaten Banyumas. Program ini hendaknya berbasis pada kebutuhan guru agar efektif. Program Peningkatan Mutu Guru SMP se-Kabupaten Banyumas yang dibutuhkanguru mencakup 1) program peningkatan kualifikasi akademik dan 2) program peningkatan kompetensi guru. Komponen-komponen yang perlu diperhatikan mencakup: bentuk program, relevansi program, dan sumber daya pendukung bagi peserta
untuk mengikuti program.










JUDUL
Education Management and Instructor At Sma State Remboken Kabupaten Minahasa
JURNAL
Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME)
DOWNLOAD
Eujurnal.com
VOLUME DAN HALAMAN
Volume 23, No. 5, pages 411-417
TAHUN
Maret 2012
PENULIS
Dr. Meike D. Mamentu, M.Si.
REVIEW
Yulius Purba
TANGGAL
01 April 2017


TUJUAN PENELITI
This study aims: to determine the factors affecting student satisfaction towards the AP department laboratory services, the level of student satisfaction towards the AP department laboratory services, and the most dominant factor in influencing student satisfaction towards the AP department laboratory services.
SUBJEK PENELITI
While the entire student population AP Programs, for sampling is done by using random sampling.
ASSESMENT DATA
Data collection can use the source primary and secondary sources.
METODE PENELITIAN
The approach used in this research is quantitative, with the type of exploratory research.
LANGKAH PENELITIAN
data collection techniques can be done with interviews, questionnaires, observation, and the combined three.
HASIL PENELITIAN
The results of this study include: the factors of service quality AP laboratory personnel FIP UM is good, the students looked at the quality of products/physical laboratory UM AP FIP are good enough and need to increase, students looked at the performance of laboratory personnel FIP AP UM is good, and the factor most dominant in influencing student satisfaction on the quality of laboratory services Programs UM is a factor AP FIP Quality Services Laboratory Staff.


KEKUATAN
This journal is a journal excess was excellent or very good dibaa Student
KELEMAHAN
The weakness of this journal is a journal does not state how many were in thorough
KESIMPULAN
Student satisfaction factors in theory there is 5 sub-variables, among other things: Reliability (Reliability); The responsiveness (responsivenes); conviction (Assurance); Empathy (Empathy); and Tangible (Tangible). Having analyzed the outcome factor into 8 factors and was named factors: (1) Quality of Services Laboratory personnel AP FIP UM, (2) Quality of Products / Physical l; aboratorium AP FIP UM, (3) Performance Officer AP FIP UM lab, (4) Hardware Laboratory, (5) Estitika room, (6) Security Services, (7) Procedures / Management Services, and
(8) Timeliness of service.






















JUDUL
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA
TERHADAP KUALITAS LAYANAN LABORATORIUM
JURNAL
MANAJEMEN PENDIDIKAN
DOWNLOAD
www.iosrjournals.org
VOLUME DAN HALAMAN
Volume 3, Nomor 5 , halaman 58-66
TAHUN
Desember 2013
PENULIS
Dr. Meike D. Mamentu, M.Si.
REVIEW
Yulius Purba
TANGGAL
01 April 2017


TUJUAN PENELITI
Penelitian ini bertujuan untuk Tujuan manajemen kurikulum bagi para guru dan kepala sekolah, agar dapat menyusun perangakat pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai standar kompetnsi kelulusana para peserta didik.
SUBJEK PENELITI
Sampel penelitian adalah guru dan kepala sekolah di SMA Negeri Remboken
ASSESMENT DATA
Penelitian ini termasuk penelitian dimonitor dan dievaluasi
METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan adalah mengadakan pendidikan dan pelatihan penyusunan kurikulum bagi kepala sekolah dan para guru yang dibimbing oleh para pelatih yang profesional.
LANGKAH PENELITIAN
Dalam kegiatan ini digunakan metode pelaksanaan kegiatan berupa: Ceramah, Tanya Jawab dan pelatihan penyusunan kurikulum baku bagi kepala sekolah dan guru-guru untuk melaksanakan pembelajaran disekolah.
HASIL PENELITIAN
Hasil Kegiatan Perampungan kurikulum dalam rumusan seperangkat program pengajaran yang menajadi pedoman ruru melalui program pelatihan. Langkah awal yang akan dilakukan dalam proses pelaksanaan kegiatan adalah sosialisas pelaksanaan kegiatan. Kegiatan sosialisasi merupakan salah satu tahapan penting dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan program dan kegiatan pengabdian. Kegiatan sosialisasi lebih ditekankan kepada pemberian pemahaman dan pengertian kepada para guru dan kepala sekolah berkaitan dengan penyusunan dan pelasanaan kurikulum yang efektif dan efisien. Kegiatan tersebut menyangkut transformasi gambaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya memecahkan masalah yang dihadapi oleh kepala sekolah dan guru disekolah. Dalam kegiatan sosialisasi ini akan dijelaskan pula tentang teknologi yang akan digunakan untuk menunjang proses pembelajaran disekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang bermutu.
Metode sosialisasi disini tidak hanya memberikan informasi secara tunggal tetapi dilakukan melalui berbagai pendekatan terutama melalui pendekatan etika dan budaya dalam melaksanakan tugas pengajaran disekolah. Hal yang sering terabaikan dalam setiap implementasi program adalah bagaimana memberi pemahaman tentang rasa memiliki kegiatan tersebut.


KEKUATAN
Kekuatannya jurnal ini adalah jurnal ini memiliki target kegiatan, jadi bagi pembaca lebih mudah memahami isi jurnal tersebut. Dan jurnal ini memiliki kalender dalam bentuk table.
KELEMAHAN
Kelemahan jurnal ini adalah jurnal ini tidak mencantumkan berapa jumlah guru yang diteliti
KESIMPULAN
1. Pelaksnaan pendidikan dan pelatihan di SMA Negeri Remboken meliputi kegiatan penyuluhan dan pelatihan manajemen kurikulum yang efektif dan efisien bagi kepala sekolah dan guru-guru mata pelajaran yang menghasilkan seperangkat pembelajaran berupa program pengajaran yang baku sebagai realisasi kurikulum, berstandar ketuntasan minimal, berstandasr kompetensi kelulusan, dan berbasis kompetensi berkualifikasi standar nasional, yang ditetapkan untuk dilaksanakan.
2. Perangkat pembelajaran berupa kurikulum baku merupakan tugas guru yang disahkan kepala sekolah untuk dilaksanakan dalam pendidikan dan pengajaran disekolah.
3. Pelaksanaan pendidikan dan pembelajran dilaksanakan guru berpedoman pada kurikulum yang ditetapkan. Dimonitor dan dievaluasi pelaksanaanya oleh kepala sekolah untuk setiap tingkatan capaian masing-masing mata pelajaran dengan standar ketuntasan minimal peserta didik serta untuk perbaikan pengembangan proses pembelajaran berkelanjutan.





0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda