Selasa, 04 Juli 2017

SILABUS



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK


Kelas/Semesrter           : I / 1 (Satu)
Tema                            : Diriku
Subtema                      : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (5 JP)

Kompetensi Inti           :
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber Belajar

PPKn
4.2.   Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.


·      Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah


·       Berbaris di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
·       Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
·       Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
·       Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
·       Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar dengan permainan lempar bola.
·       Menyebutkan nama lengkap dengan benar.
·       Menghias kartu nama dengan rapi.


·      Instrumen Penilaian:
a.     Penilaian unjuk kerja
b.     Penilaian sikap


5 JP

·         Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
·         Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
·         Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan




·         Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama
·         Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.


Bahasa Indonesia
4.4.   Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian



·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
·                  Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
·                  Menyebutkan nama temannya



Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
4.1.   Menggambar ekspresi denganmengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar


·         Memberi hiasan pada kartu nama


Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
4.3  Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional


·      Melakukan gerakan melempar
·            Melakukan gerakan menangkap


















Kelas/Semesrter           : I / 1 (Satu)
Tema                            : Diriku
Subtema                      : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (5 JP)

Kompetensi Inti           :
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber Belajar

PPKn
4.2.   Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.

·      Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah


·      Guru memberi salam dan mengajak berdoa (religius)
·      Mengecek kehadiran peserta didik.
Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·       Mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
·       Mengenal lambang bilangan dengan benar.
·       Mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.
·       Menyebutkan nama temannya dengan benar.

·      Instrumen Penilaian:
a.   Observasi (Pengamatan)
b.   Unjuk Kerja.

5 JP

·       Buku siswa
·       Potongan kertas bertuliskan angka 1- 5 sebanyak 3 set atau lebih.
·       Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.



Bahasa Indonesia
3.4.  Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman





4.4.  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


·      Menghitung banyak benda 1-5
·      Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan


Matematika
3.1.  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.


·      Mengidentifikasi nama teman
·      Menyebutkan identitas teman
















Kelas/Semesrter           : I / 1 (Satu)
Tema                            : Diriku
Subtema                      : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (5 JP)

Kompetensi Inti           :
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Bahasa Indonesia
4.4.    Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


·       Menghitung banyak benda 1- 5
·       Mengidentifikasi banyak benda
·       Menentukan benda yang lebih banyak
·       Menentukan benda yang lebih sedikit
·       Mengidentifikasi bangun segi empat
·       Menggambar dari bentuk segi empat


·      Guru memberi salam dan mengajak berdoa (religius)
·      Mengecek kehadiran peserta didik.
·      Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·       Menghitung banyak benda 1-5 dengan benar.
·       Menentukan banyak benda 1-5 secara tepat.
·       Menentukan benda yang lebih banyak dengan tepat.
·       Menentukan benda yang lebih sedikit.
·       Menunjukkan benda yang banyaknya sesuai dengan jumlah gambar di buku siswa.
·       Mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
·       Membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.




·       Menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.

·      Instrumen Penilaian:
a.     Unjuk Kerja.
b.    Penilaian Sikap

5 JP

·   Pensil
·   Kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat
·   Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias
·   Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.




Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.




3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.11.Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
4.5.Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun­bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada



·       Menceritakan gambar yang telah dibuat


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
3.1.  Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1.    Menggambar ekspresi denganmengolah garis, warnadan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar


·       Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat
·       Mengidentifikasi gambar




Kelas/Semesrter           : I / 1 (Satu)
Tema                            : Diriku
Subtema                      : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (5 JP)

Kompetensi Inti           :
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian



·      Menentukan jumlah huruf vokal dalam kalimat




·      Guru memberi salam dan mengajak berdoa (religius)
·      Mengecek kehadiran peserta didik.
·      Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·       Menyusun huruf a-f dengan urutan yang benar.
·       Menyusun nama mereka dari kartu-kartu huruf dengan tepat.
·       Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
·       Membentuk garis lurus dengan benar.
·       Berjalan membentuk garis zigzag dengan benar.
·       Berjalan membentuk garis lengkung dengan benar.
·       Mempraktikkan posisi duduk yang benar pada
saat menulis dengan tepat.
·        Mempraktikkan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis dengan tepat.
·       Mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis.
·       Menebalkan garis dengan benar.


·      Instrumen Penilaian:
a.     Unjuk Kerja.
b.    Penilaian Sikap


5 JP


·  Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran
·  Pensil
·  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.




Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.



·   Menyebutkan urutan huruf melalui nyanyian “a-b-c”
·   Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar
·   Menulis di udara, pasir, dan punggung
·   Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
·   Menebalkan garis sesuai petunjuk


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu


·   Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan irama yang benar





Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional


·   Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
·   Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
·   Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung



Kelas/Semesrter           : I / 1 (Satu)
Tema                            : Diriku
Subtema                      : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (5 JP)

Kompetensi Inti           :
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Bahasa Indonesia
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.







·      Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan benda

·      Guru memberi salam dan mengajak berdoa (religius)
·      Mengecek kehadiran peserta didik.
·      Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·       Mempraktikkan gerakkan lari dengan benar.
·       Mempraktikkan lari berpasangan sambil berpegangan tangan dengan benar.
·       Mengurutkan bilangan 1–5 dengan benar.

·      Instrumen Penilaian:
a. Unjuk Kerja.
b. Penilaian Sikap

5 JP

·       Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1- 5 beberapa set (sesuai jumlah kelompok yang mungkin terbentuk).
·       Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.




Matematika
3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya


·      Mengurutkan bilangan 1- 5

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulative
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional




·      Melakukan gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru
·      Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan




Kelas/Semesrter           : I / 1 (Satu)
Tema                            : Diriku
Subtema                      : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu              : 1 X Pertemuan (5 JP)

Kompetensi Inti           :
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian

Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian



·      Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar segi empat
·      Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar lingkaran
·      Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat












·      Guru memberi salam dan mengajak berdoa (religius)
·      Mengecek kehadiran peserta didik.
Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·      Mengidentifikasi benda-benda berbentuk lingka ran dengan benar.
·      Menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran dengan lancar.
·      Membuat gambar dari bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.
·      Menceritakan hasil gambar yang dibuat dengan lancar.





·      Instrumen Penilaian:
a. Unjuk Kerja.
b. Penilaian Sikap


5 JP


·       Contoh-contoh benda atau gambar berbentuk lingkaran.
·       Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.




Matematika
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun­bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada



·       Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya di depan kelas
·       Menyampaikan hasil pengamatansesuai bentuk benda


Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1.  Menggambar ekspresi denganmengolah garis, warnadan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar


·       Menentukan bentuk baru yang akan digambar
·       Menggambar bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran


Menyetujui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP : ……………………..




……..,………………… 20…        
Penyusun



( …………………...……… )
NIP: …………………........

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda