SILABUS
SILABUS
PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas/Semesrter : I / 1 (Satu)
Tema : Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (5 JP)
Kompetensi Inti :
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
PPKn
4.2. Melaksanakan tata
tertib di rumah dan di sekolah.
|
· Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
|
·
Berbaris
di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
·
Mengkondisikan kelas pada
situasi belajar
·
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
·
Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
· Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama
panggilan secara benar dengan permainan lempar bola.
· Menyebutkan nama lengkap dengan benar.
· Menghias kartu nama dengan rapi.
· Instrumen Penilaian:
a.
Penilaian unjuk
kerja
b.
Penilaian sikap
|
5 JP
|
·
Bola
plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
·
Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
·
Pensil
warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
·
Tali/peniti/alat
lain untuk memasangkan kartu nama
·
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.
|
Bahasa
Indonesia
4.4. Menyampaikan teks
cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan
nama lengkap
·
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan
nama panggilan
·
Menyebutkan
nama temannya
|
|||
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
4.1. Menggambar ekspresi
denganmengolah garis,
warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
·
Memberi
hiasan pada kartu nama
|
|||
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
4.3 Mempraktikkan pola
gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional
|
· Melakukan gerakan melempar
·
Melakukan gerakan
menangkap
|
Kelas/Semesrter : I / 1 (Satu)
Tema : Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (5 JP)
Kompetensi Inti :
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
|
· Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
|
·
Guru memberi salam dan
mengajak berdoa (religius)
·
Mengecek kehadiran peserta
didik.
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·
Mengenal
konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
·
Mengenal
lambang bilangan dengan benar.
·
Mengidentifikasi
nama teman baru dengan tepat.
·
Menyebutkan
nama temannya dengan benar.
·
Instrumen
Penilaian:
a.
Observasi
(Pengamatan)
b.
Unjuk Kerja.
|
5 JP
|
·
Buku
siswa
·
Potongan
kertas bertuliskan angka 1- 5 sebanyak 3 set atau lebih.
· Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Jakarta.
|
Bahasa Indonesia
3.4. Mengenal teks cerita
diri/ personal
tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks
cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Menghitung
banyak benda 1-5
· Menunjukkan benda sesuai
dengan bilangan yang ditentukan
|
|||
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
|
·
Mengidentifikasi
nama teman
·
Menyebutkan identitas teman
|
Kelas/Semesrter : I / 1 (Satu)
Tema : Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (5 JP)
Kompetensi Inti :
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Bahasa
Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Menghitung
banyak benda 1- 5
·
Mengidentifikasi
banyak benda
·
Menentukan
benda yang lebih banyak
·
Menentukan
benda yang lebih sedikit
·
Mengidentifikasi
bangun segi empat
·
Menggambar
dari bentuk segi empat
|
·
Guru memberi salam dan
mengajak berdoa (religius)
·
Mengecek kehadiran peserta
didik.
·
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·
Menghitung
banyak benda 1-5 dengan benar.
·
Menentukan
banyak benda 1-5 secara tepat.
·
Menentukan
benda yang lebih banyak dengan tepat.
·
Menentukan
benda yang lebih sedikit.
·
Menunjukkan
benda yang banyaknya sesuai dengan jumlah gambar di buku siswa.
·
Mengidetifikasi
bentuk segi empat dengan tepat.
·
Membuat
gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
· Menceritakan gambar yang
dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.
· Instrumen Penilaian:
a.
Unjuk Kerja.
b.
Penilaian Sikap
|
5 JP
|
·
Pensil
· Kotak bekas pasta gigi,
sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat
·
Alat
mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias
· Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Jakarta.
|
Matematika
3.1. Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain.
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.11.Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan,
dan urutan kelompok
berdasarkan jumlah anggotanya
4.5.Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
|
·
Menceritakan
gambar yang telah dibuat
|
|||
Seni Budaya dan
Prakarya (SBDP)
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi denganmengolah garis,
warnadan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
·
Menggambar
bentuk baru dari bangun segi empat
·
Mengidentifikasi gambar
|
Kelas/Semesrter : I / 1 (Satu)
Tema : Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (5 JP)
Kompetensi Inti :
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Bahasa
Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
3.4. Mengenal teks cerita diri/
personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.1. Mengamati dan menirukan
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4. Menyampaikan teks
cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Menentukan
jumlah huruf vokal dalam kalimat
|
·
Guru memberi salam dan
mengajak berdoa (religius)
·
Mengecek kehadiran peserta
didik.
·
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·
Menyusun
huruf a-f dengan urutan yang benar.
·
Menyusun
nama mereka dari kartu-kartu huruf dengan tepat.
·
Menyanyikan
lagu “a-b-c” dengan benar.
·
Membentuk
garis lurus dengan benar.
·
Berjalan
membentuk garis zigzag dengan benar.
·
Berjalan
membentuk garis lengkung dengan benar.
·
Mempraktikkan
posisi duduk yang benar pada
saat
menulis dengan tepat.
·
Mempraktikkan cara memegang pensil yang benar
pada saat menulis dengan tepat.
·
Mempraktikkan
sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis.
·
Menebalkan
garis dengan benar.
· Instrumen Penilaian:
a.
Unjuk Kerja.
b.
Penilaian Sikap
|
5 JP
|
· Beberapa set kartu huruf
(a-z) berbentuk lingkaran
· Pensil
· Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Jakarta.
|
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain.
|
· Menyebutkan urutan huruf
melalui nyanyian “a-b-c”
· Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f
dengan urutan yang benar
· Menulis di udara, pasir,
dan punggung
· Mengenal huruf vokal
a-i-u-e-o
· Menebalkan garis sesuai petunjuk
|
|||
Seni Budaya dan
Prakarya (SBDP)
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
|
· Menyanyikan lagu “a-b-c”
dengan irama yang benar
|
|||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
yang dilandasi konsep gerak (seperti
konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam
berbagai bentuk permainan sederhana
dan/atau tradisional
|
· Melakukan gerak lokomotor
menggunakan kaki dalam berjalan lurus
· Melakukan gerak lokomotor
menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
·
Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung
|
Kelas/Semesrter : I / 1 (Satu)
Tema : Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (5 JP)
Kompetensi Inti :
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Bahasa
Indonesia
4.1 Mengamati dan menirukan
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
· Menebalkan angka 1-5
sesuai dengan benda
|
·
Guru memberi salam dan
mengajak berdoa (religius)
·
Mengecek kehadiran peserta
didik.
·
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
·
Mempraktikkan
gerakkan lari dengan benar.
· Mempraktikkan lari
berpasangan sambil berpegangan tangan dengan benar.
· Mengurutkan bilangan 1–5
dengan benar.
· Instrumen Penilaian:
a. Unjuk Kerja.
b. Penilaian Sikap
|
5 JP
|
·
Kalung
angka dari karton bertuliskan nomor 1- 5 beberapa set (sesuai jumlah kelompok
yang mungkin terbentuk).
·
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.
|
Matematika
3.11. Menentukan urutan
berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
|
·
Mengurutkan
bilangan 1- 5
|
|||
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
3.3. Memahami pengertian
pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulative
4.1.
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional
|
·
Melakukan
gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru
·
Melakukan
gerakan lokomotor berlari berpasangan
|
Kelas/Semesrter : I / 1 (Satu)
Tema : Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (5 JP)
Kompetensi Inti :
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Bahasa
Indonesia
3.4. Mengenal
teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks
cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
·
Menunjukkan
benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar segi empat
·
Menunjukkan
benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar lingkaran
·
Menggambar
berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat
|
·
Guru memberi salam dan
mengajak berdoa (religius)
·
Mengecek kehadiran peserta
didik.
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
· Mengidentifikasi
benda-benda berbentuk lingka ran dengan benar.
· Menyampaikan hasil
pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran dengan lancar.
· Membuat gambar dari
bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.
· Menceritakan hasil gambar
yang dibuat dengan lancar.
· Instrumen Penilaian:
a. Unjuk Kerja.
b. Penilaian Sikap
|
5 JP
|
·
Contoh-contoh
benda atau gambar berbentuk lingkaran.
· Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Jakarta.
|
Matematika
3.2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
|
·
Menceritakan
hasil gambar yang dibuatnya di depan kelas
·
Menyampaikan
hasil pengamatansesuai bentuk benda
|
|||
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
3.1. Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi
denganmengolah garis,
warnadan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
·
Menentukan
bentuk baru yang akan digambar
·
Menggambar
bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran
|
Menyetujui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP : ……………………..
|
|
……..,………………… 20…
Penyusun
( …………………...……… )
NIP:
…………………........
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda