Selasa, 04 Juli 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan     :    …………………………..
Kelas / Semester          :    I (Satu)
Tema                            :    DIRIKU
Sub Tema                    :    Tubuhku
Alokasi Waktu            :    1 X pertemuan (5 JP)
Pembelajaran              :    2

A.           KOMPETENSI  INTI
1.             Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.             Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.             Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.             Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4.2.    Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
                   Indikator:
v   Mengikuti aturan dalam kegiatan disekolah
Seni Budaya dan Prakarya
3.1.    Mengenal cara dari hasil gambar ekspresi
4.1.    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.13.  Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel                  
Indikator:
v   Menebalkan garis pada gambar
v   Mewarnai gambar
v   Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh     
Bahasa Indonesia
3.1.    Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1.    Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian                      
                   Indikator
v   Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
v   Melengkapi gambar anggota tubuh
v   Menyebutkan nama- nama anggota tubuh


C.           TUJUAN PEMBELAJARAN
          Membaca Nama nama Anggota tubuh
v   Dengan memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
v   Dengan bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama anggota tubuh secara tepat.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
v   Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat.
                                                         
D.           MATERI PEMBELAJARAN
1.        Membaca Nama nama Anggota tubuh




A.           METODE PEMBELAJARAN
          Pendekatan     :    Tematik
          Model                  :         Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
          Metode           :    Belajar Aktif

B.            MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
§    Buku Siswa Tema 1 “ Diriku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 34 - 38
§    Buku Guru Tema 1 “ Diriku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 33 - 35
§    Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
§    Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
§    Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
§    Gambar bagian-bagian tubuh (disiapkan oleh guru)

C.           KEGIATAN PEMBELAJARAN
          a.       Pendahuluan
1.             Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
2.             Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
3.             Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

          b.      Kegiatan Inti
                   Membaca Nama nama Anggota tubuh      
1.             Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2.             Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3.             Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4.             Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan.
5.             Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara bergantian.
6.             Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
7.             Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8.             Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9.             Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada buku siswa hal.37.        
           
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
1.             Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya tidak beraturan.
2.             Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru.
3.             Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4.             Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5.             Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
6.             Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut
7.             Menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
8.             Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
9.             Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
10.         Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
11.         Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa.

c.       Kegiatan Penutup
                   1.      Sebagai penutup, guru menanyakan persamaan atau perbedaan permainan berjalan lurus, zigzag, dan lengkung dengan menulis garis lurus, zigzag, dan lengkung.
                   2.      Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan, karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk menulis.

D.           PENILAIAN
          Penilaian: Unjuk Kerja
Kegiatan Memasangkan Nama-nama Anggota Tubuh

No.
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
1.
Ketepatan memasangkan nama anggota tubuh dengan gambar

Semua tepat
Tepat 5—7
Tepat 3—4
Tepat 0—2
2.
Ketepatan waktu penyelesaian
Tugas
Selesai sebelum
waktu yang
ditentukan

Selesai tepat
waktu

Terlambat maksimal
5 menit

Terlambat lebih
dari 5 menit

 
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menyusun Potongan Gambar
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
1.
Ketepatan menyusun
potongan gambar
Memasang ke-6
potongan gambar
dengan tepat
Memasangkan 4-5
potongan gambar
dengan tepat

Memasangkan 2-3
potongan gambar
dengan tepat

Hanya memasangkan 1
potongan gambar.

2.

Ketepatan waktu
penyelesaian tugas

Selesai sebelum waktu yang ditentukan
Selesai tepat waktu
Terlambat maksimal
5 menit
Terlambat lebih dari 5 menit

3.

Kerja sama kelompok
Seluruh anggota
kelompok
berpartisipasi aktif

Setengah atau lebih
anggota kelompok
berpartisipasi aktif

Kurang dari setengah
anggota kelompok
berpartisipasi aktif

Seluruh anggota
kelompok terlihat
pasif

       


Mengetahui                                                                 ............., ................20..

Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas I




.................................                                                   ...................................
NIP.                                                                            NIP.

 


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda