PENILAIAN
PENILAIAN
1. Defenisi
Penilaian merupakan
langkah penting dalam manajemen program bimbingan. Tanpa penilaian tidak
mungkin kita dapat mengetahui dan mengidentifikasi keberhasilan pelaksanaan
program bimbingan yang telah direncanakan.
2.
Indokator
1. Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam
perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
2. Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
3. Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri
sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan
Yang Maha Esa.
4. Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang
menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan.
5. Gotong royong
adalah bekerja bersama-sama dengan orang
lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong
menolong secara ikhlas.
6. Santun atau sopan
adalah sikap baik dalam pergaulan baik
dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif,
artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda
pada tempat dan waktu yang lain.
7. Percaya diri
adalah kondisi mental atau psikologis
seseorang yang memberi keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak
3. Jenis-jenis penilaian sesuai dengan kompetensi
yang akan dinilai.
1.
Penilaian
unjuk kerja
Merupakan
penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam
melakukan sesuatu.
2.
Penilaian
sikap
Merupakan
penilaian yang dilakukan dengan melihat ekspresi dari nilai-nilai yang dimiliki
oleh seseorang.
3.
Penilaian
tertulis
Penilaian
ini dilakukan dengan tes tertulis yaitu dimana soal dan jawaban yang diberikan
kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Misal dengan soal yang memilaih
jawaban (pilihan ganda, benar salah, menjodohkan).dan dengan mensuplai jawaban
(isian, soal uraian).
4.
Penilaian
proyek
Merupakan
penilaian terhadap sutu tugas yang harus diselesaikan dalam periode tertentu.
5.
Penilaian
produk Penilaian terhadap keterampilan dalam membuat suatu produk tersebut.
6.
Penilaian
portofolio
Merupakan
penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang
menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.
7.
Penilaian
diri
Penilaian
dimana subjek yang ingin dinilai diminta untuk menilai dirinya sendiri
berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang
dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu.
4.
Instrumen
A.
Wawancara
1.
Bagaimanakah
persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menilai
hasil
belajar ?
2.
Bagaimanakah
guru menetapkan indikator keberhasilan siswa ?
3.
Pertimbangan
apa yang digunakan guru dalam menentukan alat
Penilaian
?
4.
Bagaimana
proses penilaian yang dilakukan oleh guru ?
5. Bagaimanakah
pelaporan hasil belajar yang dilakukan oleh guru ?
B. Angket
Berilah tanda (√) yang menurut kamu benar.
Pertanyaan
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak pernah
|
Bagaimana persiapan yang dilakukan guru dalam
menilai hasil belajar ?
|
|
|
|
Bagaimana guru menetapkan indicator
keberhasilan siswa ?
|
|
|
|
Pertimbangan apa yangdigunakan guru dalam
menentukan alat penilaian ?
|
|
|
|
Bagaimana proses penilaian yang dilakukan oleh
guru ?
|
|
|
|
Bagaimana pelaporan hasil belajar yang
dilakukan oleh guru ?
|
|
|
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda