Rabu, 05 Juli 2017

PENILAIAN



PENILAIAN
1.      Defenisi
Penilaian merupakan langkah penting dalam manajemen program bimbingan. Tanpa penilaian tidak mungkin kita dapat mengetahui dan mengidentifikasi keberhasilan pelaksanaan program bimbingan yang telah direncanakan.

2.      Indokator
1.      Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
2.      Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
3.      Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
4.      Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan.
5.      Gotong royong
adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.
6.      Santun atau sopan
adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.
7.       Percaya diri
adalah kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak

3.      Jenis-jenis penilaian sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai.
1.      Penilaian unjuk kerja
Merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu.
2.      Penilaian sikap
Merupakan penilaian yang dilakukan dengan melihat ekspresi dari nilai-nilai yang dimiliki oleh seseorang.
3.      Penilaian tertulis
Penilaian ini dilakukan dengan tes tertulis yaitu dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Misal dengan soal yang memilaih jawaban (pilihan ganda, benar salah, menjodohkan).dan dengan mensuplai jawaban (isian, soal uraian).
4.      Penilaian proyek
Merupakan penilaian terhadap sutu tugas yang harus diselesaikan dalam periode tertentu.
5.      Penilaian produk Penilaian terhadap keterampilan dalam membuat suatu produk tersebut.
6.      Penilaian portofolio
Merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.
7.      Penilaian diri
Penilaian dimana subjek yang ingin dinilai diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu.

4.      Instrumen
A.    Wawancara

1.      Bagaimanakah persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menilai
hasil belajar ?
2.      Bagaimanakah guru menetapkan indikator keberhasilan siswa ?
3.      Pertimbangan apa yang digunakan guru dalam menentukan alat
Penilaian ?
4.      Bagaimana proses penilaian yang dilakukan oleh guru ?
5.      Bagaimanakah pelaporan hasil belajar yang dilakukan oleh guru ?

B.     Angket
Berilah tanda (√) yang menurut kamu benar.
Pertanyaan
Sering
Jarang
Tidak pernah
Bagaimana persiapan yang dilakukan guru dalam menilai hasil belajar ?



Bagaimana guru menetapkan indicator keberhasilan siswa ?



Pertimbangan apa yangdigunakan guru dalam menentukan alat penilaian ?



Bagaimana proses penilaian yang dilakukan oleh guru ?



Bagaimana pelaporan hasil belajar yang dilakukan oleh guru ?









0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda