Rabu, 05 Juli 2017

PENILAIN PERMAINAN




Permainan Pergaulan
Tujuan             : Melalui permainan ini para peserta belajar bagaimana menghadapi orang-orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda
Langkah-langkah        :
  1. Jumlah pemain antara 5 - 50 orang.
  2. Waktu yang diperlukan 10 - 30 menit.
  3. PK meminta agar anggota kelompok agar mengambil kertas, bolpoin, benang, gunting, dan pita. Beberapa lembar kertas digunting dan kemudian di dalamnya ditulis beberapa macam sifat, seperti: "pemarah", "pemalu", "murah hati", dll. Kertas tersebut diberi benang agar dapat dikalungkan pada leher pemain.
  4. Pk meminta agar setiap peserta dikalungi kertas yang telah ditulisi dengan kata-kata yang telah dipersiapkan sehingga dapat dibaca oleh peserta yang lain, tetapi ia sendiri tidak boleh membacanya.
  5. Dan PK meminta anggota kelompok kemudian mendatangi dan memperlakukan peserta yang lain sesuai dengan sifat yang tertulis pada kertas yang tergantung di leher mereka. Pada waktu yang telah ditentukan, mereka membalikkan kalung kertas itu, dan kemudian membahasnya dan bersama-sama sesuai dengan pengalaman mereka, sehingga mereka akan mengetahui kelemahan dan kelebihan orang lain serta diri mereka sendiri dan apakah mereka mau belajar memperlakukan orang lain dengan baik atau tidak.






Lanjut Cerita
Tujuan             : Agar melatih konsentrasi anggota kelompok
Langkah-langkah        :
Cara mainnya mudah, setiap orang menyebutkan 1 kata dan dilanjutkan dengan 1 kata berikutnya dari pemain selanjutnya yang membentuk sebuah cerita. Contohnya, pemain A yang mengawali permainan menyebutkan kata "Robert," lalu dilanjutkan dengan pemain B berkata "bermain," pemain C berkata "gitar," dan seterusnya sampai cerita dirasa sudah mulai tidak nyambung untuk dilanjutkan. Karena ini game untuk lucu-lucuan (namanya juga ice breaker kan :P) jadi ga ada menang atau kalah di game ini. Tapi boleh juga sih kalo orang yang menyebutkan kata yang ga nyambung dalam cerita dianggap yang kalah. Silahkan disesuaikan sendiri dengan kondisi kelompok sel.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda