Senin, 03 Juli 2017

jurnal psikologi



1.       Setiap orang memiliki kebutuhan fisiologis, psikologis dan sosiologis, kebutuhan tersebut juga disebut sebagai kebutuhan dasar karena semua usia manusia membutuhkannya. Jelaskan ciri-ciri bahwa suatu kebutuhan khas remaja itu tidak terpenuhi!
Jawab :
·         Ciri – ciri suatu kebutuhan khas remaja tidak terpenuhi :
¨       Dapat melakukan tingkah laku mempertahankan diri seperti tingkah laku agresif, egosentris, dan menarik diri. (Elida Prayitno, 2006)
¨       Remaja cenderung mencari penyelesaiannya sendiri dengan cara membanci orang tua, suka mencari perhatian orang lain, lebih betah berkumpul dengan teman sebayanya, mencari orang lain sebagai pengganti orang tuanya, yang dapat memenuhi kebutuhannya itu seperti gurunya, pemuka masyarakat, mencintai orang yang lebih dewasa dsb. (Muri Yusuf, 1999).
¨       Timbulnya rasa tidak puas, menjadi frustasi dan merasa rendah diri serta  terhambatnya pertumbuhan serta perkembangan sikap positif terhadap lingkungan dan dirinya.
¨       Menjadi sering merasa tertekan dan bermuram durja atau justru dia menjadi orang yang berperilaku agresif. Pertengkaran dan perkelahian seringkali terjadi akibat dari ketidakstabilan emosinya.

2.       Kemukakan arti dan ciri-ciri pertumbuhan fisik remaja!
Jawab :
Arti dan ciri pertumbuhan fisik remaja :
§  Pertumbuhan fisik remaja merupakan perubahan/pergantian baik secara fisik maupun psikis dimana pada saat itulah terjadi ketidakseimbangan. Perubahan meliputi 4 perubahan fisik yaitu manyangkut ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, perubahan ciri-ciri seks sekunder dan perubahan cirri-ciri seks primer. Ciri-ciri nya adalah seperti ukuran badan menjadi lebar dan tinggi,mulai berfungsinya alat-alat reproduksi (ditandai dengan haid pada wanita dan mimpi basah pada laki-laki) dan tanda-tanda kelamin kedua yang tumbuh.

3.       Jelaskan dengan contoh mengapa pertumbuhan fisik setiap individu berbeda!
Jawab:
Mengapa pertumbuhan fisik setiap individu berbeda ?
Perbedaan yang terjadi pada pertumbuhan fisik disebabkan oleh faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan fisik remaja, yaitu :
·         Faktor system endokrin dalam tubuh Apabila seseorang memiliki system endokrin yang normal pada tubuh, maka pertumbuhannya juga akan normal. Tetapi apabila system endokrinnya tidak normal maka akan menyebabkan kegoncangan dalam homeostesis badannya.
·         Faktor nutrisi Kekurangan nutrisi akan menyebabkan pertumbuhan tidak normal, akan menyebabkan peningkatan ketegangan emosional.
·         Faktor keturunan Seseorang yang mempunyai keluarga Arab tidak akan sama dengan seseorang yang berketurunan China.
·         Faktor emosi Seseorang yang sering mengalami emosi, maka pertumbuhan awal remajanya akan terhambat karena berkurangnya pembentukan hormone pertumbuhan di kelenjer piturity.
·         Faktor jenis kelamin. Anak lelaki cendrung lebih tinggi di bandingkan dengan anak perempuan.
·         Faktor social ekonomi Anak yang berasal dari keluarga yang berstatus social ekonomi rendah cendrung lebih kecil di bandingkan dengan anak yang berasal dari keluarga yang berstatus social ekonomi tinggi.
·         Kesehatan Anak yang jarang sakit biasanya akan memiliki tubuh yang lebih berat dari anak yang sering sakit
·         Kecerdasan Anak yang memiliki kecerdasan lebih tinggi lebih cendrung memiliki berat badan yang tinggi

4.       Jelaskan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan inteligensi remaja!
Jawab:
Faktor  apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan inteligensi remaja!
·         Faktor genetika
Inteligensi mengandung potensi bawaan, tetapi untuk dapat berfungsi dengan optimal maka perlu mendapatkan pendidikan dan latihan dari lingkungan.
·         Faktor gizi
Kebutuhan akan makanan bernilai gizi tinggi terutama yang besar pengaruhnya pada fase prenatal ( anak dalam kandungan ) hingga usia balita sedangkan usia di atas 5 tahun pengaruhnya tidak signifikan lagi.
·         Faktor kematangan
Semakin bertambah usia seseorang maka inteligensinya makin berfungsi dengan sempurna.
·         Faktor pembentukan
Pendidikan dan latihan yang bersifat kognitif dapat memberikan sumbangan terhadap fungsi inteligensi seseorang, contoh memberikan fasilitas sarana yang memadai.
·         Faktor kebebasan psikologi
Anak yang memiliki kebebasan berpendapat tanpa disertai rasa takut dapat merangsang berkembangnya kreativitas dan pola piker, begitupun sebaliknya.

5.       Terdapat dua faktor yang mempengaruhi belajar belajar yaitu faktor Internal dan Faktor Eksternal, salah satu faktor internalnya adalah intelegensi dan bakat. Beri contoh.
Jawab :
·         Seseorang yang mempunyai intelejensi tinggi biasanya lebih mudah dalam menerima pelajaran dan hasilnya cenderung baik.
·         Seseorang yang belajar piano akan lebih mudan dan cepat pendai dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki bakat bermain piano.
6.       Kita sedang membayangkan diri kita memakai parasut dan sedang menikmati detik demi detik melayang turun di angkasa. Pemandangan apa yang anda lihat dari sana?
A. Hamparan padang rumput berhias bunga-bunga cantik
b. Dari kiri ke kanan cuma terlihat tumpukan berbatu
c. Ada binatang liar super ganas yang sudah siap menyambut kita
d. Sebuah sungai yang mengalir
Jawab :
·         Hamparan padang rumput berhias bunga bunga cantik.
menunjukan tingginya rasa OPTIMIS
·         Dari kiri kekanan cuma terlihat tumpukan berbatu.
Menggambarkan sikap yang selalu waspada
·         Wow! Ada binatang liar super ganas yang sudah siap menyambut kita.
Tidak pernah melewatkan kesempatanuntuk tertawa bahkan saat di timpa masalah
·         Sebuah sunyai yang mengalir.
Terlalu sibuk berpikir dan lebih memanfaatkan energi yang ada untuk bersiap menyambut apapun yang terjadi

7.         Apakah hubungan motivasi dengan kebutuhan manusia
Jawab :
·         Setiap anak didik membutuhkan ilmu pengetahuan, kerena rasa membutuhkan itulah anak didik belajar. Oleh karena itu guru harus dapat memanfaatkan kebutuhan anak didik sehingga dapat memancing semangat belajar anak didik agar menjadi anak yang gemar belajar.

8.       Di depan anda terdapat 4 potong kue. Kue mana yang kamu pilih dan sama siapa Anda makan?
A. Short Cake
B. Cheese Cake
C. Fruit Tart
D. Chocolate Cake
Jawab:
·         Short cake
orang yang bisa kamu ajak ngobrol tentang apa saja
·         Cheese cake
orang yang kamu anggap menarik.
·         Fruit cake
orang yang harus kamu waspadai..
·         Chocolate cake
orang yang memberimu perasaan manis dan pahit bagaikan cokelat. Ini menunjukkan orang yang kamu sukai sekarang.

9.       Sebutkan faktor – faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif.
Jawab :
 1. Lingkungan fisik
2. Kematangan dalam berfikir
3. Pengaruh sosial
4. Proses pengaturan diri.

10.   Faktor apakah yang mempengaruhi intelejensi seseorang?
Jawab :
 1. Faktor Pembawaan,
2. Kematagan,
 3. Pembentukan,
4. Minat dan Pembawaan yang Khas,
 5. Kebebasan

11.   Orang yang bagaimanakah oranag yang disebut:
 a. introvert
 b. Ekstrovert
Jawab:
·         Orang introvert adalah orang yang lebih banyak merenungi diri dan lebih suka menyendiri daripada bersama-sama dengan orang lain.
·         Orang ekstrovert adalah orang yang bersifat sosial dan yang pikirannya lebih banyak tertuju pada hal-hal di luar dirinya.

12.   Setujukah Anda kalau dikatakan bahwa “ orang dilahirkan dalam keadaan sudah bersifat sosial, tidak sosial, atau antisosial”? Jelaskan alasannya!
 Jawab:
·         Tidak setuju, sebab orang bersifat sosial, tidak sosial, atau antisosial bukan pembawaan sejak lahir, melainkan karena hasil belajar.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda