jurnal psikologi
1.
Setiap
orang memiliki kebutuhan fisiologis, psikologis dan sosiologis, kebutuhan
tersebut juga disebut sebagai kebutuhan dasar karena semua usia manusia
membutuhkannya. Jelaskan ciri-ciri bahwa suatu kebutuhan khas remaja itu tidak
terpenuhi!
Jawab :
·
Ciri
– ciri suatu kebutuhan khas remaja tidak terpenuhi :
¨
Dapat
melakukan tingkah laku mempertahankan diri seperti tingkah laku agresif,
egosentris, dan menarik diri. (Elida Prayitno, 2006)
¨
Remaja
cenderung mencari penyelesaiannya sendiri dengan cara membanci orang tua, suka
mencari perhatian orang lain, lebih betah berkumpul dengan teman sebayanya,
mencari orang lain sebagai pengganti orang tuanya, yang dapat memenuhi
kebutuhannya itu seperti gurunya, pemuka masyarakat, mencintai orang yang lebih
dewasa dsb. (Muri Yusuf, 1999).
¨
Timbulnya
rasa tidak puas, menjadi frustasi dan merasa rendah diri serta
terhambatnya pertumbuhan serta perkembangan sikap positif terhadap
lingkungan dan dirinya.
¨
Menjadi
sering merasa tertekan dan bermuram durja atau justru dia menjadi orang yang
berperilaku agresif. Pertengkaran dan perkelahian seringkali terjadi akibat
dari ketidakstabilan emosinya.
2.
Kemukakan
arti dan ciri-ciri pertumbuhan fisik remaja!
Jawab
:
Arti
dan ciri pertumbuhan fisik remaja :
§ Pertumbuhan fisik
remaja merupakan perubahan/pergantian baik secara fisik maupun psikis dimana
pada saat itulah terjadi ketidakseimbangan. Perubahan meliputi 4 perubahan
fisik yaitu manyangkut ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, perubahan
ciri-ciri seks sekunder dan perubahan cirri-ciri seks primer. Ciri-ciri nya
adalah seperti ukuran badan menjadi lebar dan tinggi,mulai berfungsinya
alat-alat reproduksi (ditandai dengan haid pada wanita dan mimpi basah pada
laki-laki) dan tanda-tanda kelamin kedua yang tumbuh.
3.
Jelaskan
dengan contoh mengapa pertumbuhan fisik setiap individu berbeda!
Jawab:
Mengapa pertumbuhan fisik setiap individu berbeda ?
Perbedaan yang terjadi pada pertumbuhan fisik
disebabkan oleh faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan fisik remaja, yaitu
:
·
Faktor
system endokrin dalam tubuh Apabila seseorang memiliki system endokrin yang
normal pada tubuh, maka pertumbuhannya juga akan normal. Tetapi apabila system
endokrinnya tidak normal maka akan menyebabkan kegoncangan dalam homeostesis
badannya.
·
Faktor
nutrisi Kekurangan nutrisi akan menyebabkan pertumbuhan tidak normal, akan
menyebabkan peningkatan ketegangan emosional.
·
Faktor
keturunan Seseorang yang mempunyai keluarga Arab tidak akan sama dengan
seseorang yang berketurunan China.
·
Faktor
emosi Seseorang yang sering mengalami emosi, maka pertumbuhan awal remajanya
akan terhambat karena berkurangnya pembentukan hormone pertumbuhan di kelenjer
piturity.
·
Faktor
jenis kelamin. Anak lelaki cendrung lebih tinggi di bandingkan dengan anak
perempuan.
·
Faktor
social ekonomi Anak yang berasal dari keluarga yang berstatus social ekonomi
rendah cendrung lebih kecil di bandingkan dengan anak yang berasal dari
keluarga yang berstatus social ekonomi tinggi.
·
Kesehatan
Anak yang jarang sakit biasanya akan memiliki tubuh yang lebih berat dari anak
yang sering sakit
·
Kecerdasan
Anak yang memiliki kecerdasan lebih tinggi lebih cendrung memiliki berat badan
yang tinggi
4.
Jelaskan
faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan inteligensi remaja!
Jawab:
Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi
perkembangan inteligensi remaja!
·
Faktor
genetika
Inteligensi mengandung potensi bawaan, tetapi untuk
dapat berfungsi dengan optimal maka perlu mendapatkan pendidikan dan latihan
dari lingkungan.
·
Faktor
gizi
Kebutuhan akan makanan bernilai gizi tinggi terutama
yang besar pengaruhnya pada fase prenatal ( anak dalam kandungan ) hingga usia
balita sedangkan usia di atas 5 tahun pengaruhnya tidak signifikan lagi.
·
Faktor
kematangan
Semakin bertambah usia seseorang maka inteligensinya
makin berfungsi dengan sempurna.
·
Faktor
pembentukan
Pendidikan dan latihan yang bersifat kognitif dapat
memberikan sumbangan terhadap fungsi inteligensi seseorang, contoh memberikan
fasilitas sarana yang memadai.
·
Faktor
kebebasan psikologi
Anak yang memiliki kebebasan berpendapat tanpa
disertai rasa takut dapat merangsang berkembangnya kreativitas dan pola piker,
begitupun sebaliknya.
5.
Terdapat
dua faktor yang mempengaruhi belajar belajar yaitu faktor Internal dan Faktor
Eksternal, salah satu faktor internalnya adalah intelegensi dan bakat. Beri
contoh.
Jawab :
·
Seseorang
yang mempunyai intelejensi tinggi biasanya lebih mudah dalam menerima pelajaran
dan hasilnya cenderung baik.
·
Seseorang
yang belajar piano akan lebih mudan dan cepat pendai dibandingkan dengan orang
yang tidak memiliki bakat bermain piano.
6.
Kita sedang membayangkan diri kita
memakai parasut dan sedang menikmati detik demi detik melayang turun di
angkasa. Pemandangan apa yang anda lihat dari sana?
A. Hamparan padang rumput berhias bunga-bunga cantik
b. Dari kiri ke kanan cuma terlihat tumpukan berbatu
c. Ada binatang liar super ganas yang sudah siap menyambut kita
d. Sebuah sungai yang mengalir
A. Hamparan padang rumput berhias bunga-bunga cantik
b. Dari kiri ke kanan cuma terlihat tumpukan berbatu
c. Ada binatang liar super ganas yang sudah siap menyambut kita
d. Sebuah sungai yang mengalir
·
Hamparan padang rumput berhias bunga bunga cantik.
menunjukan tingginya rasa OPTIMIS
menunjukan tingginya rasa OPTIMIS
·
Dari kiri kekanan cuma terlihat tumpukan berbatu.
Menggambarkan sikap yang selalu waspada
Menggambarkan sikap yang selalu waspada
·
Wow! Ada binatang liar super ganas yang sudah siap menyambut kita.
Tidak pernah melewatkan kesempatanuntuk tertawa bahkan saat di timpa masalah
Tidak pernah melewatkan kesempatanuntuk tertawa bahkan saat di timpa masalah
·
Sebuah sunyai yang mengalir.
Terlalu sibuk berpikir dan lebih memanfaatkan energi yang ada untuk bersiap menyambut apapun yang terjadi
Terlalu sibuk berpikir dan lebih memanfaatkan energi yang ada untuk bersiap menyambut apapun yang terjadi
7.
Apakah hubungan motivasi dengan
kebutuhan manusia
Jawab
:
·
Setiap anak didik membutuhkan ilmu
pengetahuan, kerena rasa membutuhkan itulah anak didik belajar. Oleh karena itu
guru harus dapat memanfaatkan kebutuhan anak didik sehingga dapat memancing
semangat belajar anak didik agar menjadi anak yang gemar belajar.
8.
Di depan anda terdapat 4 potong kue. Kue mana yang
kamu pilih dan sama siapa Anda makan?
A. Short Cake
B. Cheese Cake
C. Fruit Tart
D. Chocolate Cake
A. Short Cake
B. Cheese Cake
C. Fruit Tart
D. Chocolate Cake
Jawab:
·
Short cake
orang yang bisa kamu ajak ngobrol tentang apa saja
orang yang bisa kamu ajak ngobrol tentang apa saja
·
Cheese cake
orang yang kamu anggap menarik.
orang yang kamu anggap menarik.
·
Fruit cake
orang yang harus kamu waspadai..
orang yang harus kamu waspadai..
·
Chocolate cake
orang yang memberimu perasaan manis dan pahit bagaikan cokelat. Ini menunjukkan orang yang kamu sukai sekarang.
orang yang memberimu perasaan manis dan pahit bagaikan cokelat. Ini menunjukkan orang yang kamu sukai sekarang.
9. Sebutkan
faktor – faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif.
Jawab :
1.
Lingkungan fisik
2. Kematangan dalam berfikir
3. Pengaruh sosial
4. Proses pengaturan diri.
10.
Faktor apakah yang mempengaruhi intelejensi
seseorang?
Jawab :
1.
Faktor Pembawaan,
2. Kematagan,
3.
Pembentukan,
4. Minat dan Pembawaan yang Khas,
5.
Kebebasan
11.
Orang yang bagaimanakah oranag yang disebut:
a. introvert
b. Ekstrovert
Jawab:
·
Orang introvert adalah orang yang lebih banyak
merenungi diri dan lebih suka menyendiri daripada bersama-sama dengan orang
lain.
·
Orang ekstrovert adalah orang yang bersifat
sosial dan yang pikirannya lebih banyak tertuju pada hal-hal di luar dirinya.
12.
Setujukah Anda kalau dikatakan bahwa “ orang
dilahirkan dalam keadaan sudah bersifat sosial, tidak sosial, atau antisosial”?
Jelaskan alasannya!
Jawab:
·
Tidak setuju, sebab orang bersifat sosial,
tidak sosial, atau antisosial bukan pembawaan sejak lahir, melainkan karena
hasil belajar.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda